Hore...IHSG Diperkirakan di Zona Hijau

Oleh : Wiyanto | Selasa, 14 Juli 2020 - 06:06 WIB

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)
Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Secara teknikal sendiri IHSG membentuk pola wedge pattern dengan 2 kemungkinan. Saat ini bergerak mencoba pada track positif yakni bullish trend line jangka menengah sebagai konfirmasi momentum penguatan yang cukup kuat.

"Sehingga kami perkirakan IHSG akan kembali menguat dengan support resistance 5042-5240," kata analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaraya; ADRO, ERAA, PWON, RALS, TLKM, WIKA, ANTM.

IHSG (+0.66%) naik 33.19 poin kelevel 5064.45 dengan saham-saham pertambangan (+3.21%) dan pertanian (+2.36%) memimpin penguatan indeks sektoral. Adanya wacana pemotongan produksi batubara guna mengimbangi pelemahan permintaan batubara menjadi salah satu katalis saham-saham pertambangan naik optimis. Pada saham pertanian terutama produsen naik setelah asosiasi minyak sawit Indonesia GAPKI mengatakan bahwa konsumsi minyak sawit mentah domestik naik menjadi 3.6% sebesar 7.34 juta ton pada januari hingga mei karena penggunaan wajib biodiesel B30 yang mulai di implementasikan. Investor asing melakukan aksi jual bersih sebesar 44.10 miliar rupiah dengan saham TLKM dan INTP yang terbanyak dijual investor asing.

Bursa Eropa mengikuti bursa Asia dengan menguat dimana indeks Eurostoxx (+0.59%), FTSE (+0.76%) dan DAX (+0.72%) naik mendekati sepersen diawal sesei perdagagan. Menjelang musim pendapatan perusahaan terlihat investor lebih optimis mencari data petunjuk pemulian ekonomi ditengah pandemi. Minyak tergelincir menjelang pertemuan OPEC + minggu ini di mana kelompok dapat mengumumkan rencana untuk mulai mengurangi pengurangan produksi bersejarah. Minyak mentah West Texas Intermediate turun 1,5% menjadi $ 39,95 per barel. Minyak mentah Brent turun 1,2% menjadi $ 42,70 per barel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Wow Luar Biasa! Luhut Klaim IMF, World Bank Hingga Fitch Puji Kebijakan Pemerintah RI Hindari Jurang Resesi

Luhut mengungkapkan bahwa hal itu bukan klaim sepihak semata. Sebab berbagai lembaga internasional telah mengakui berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah Indonesia sangat baik. Seperti IMF,…

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Terusik Banjirnya Produk China, Afsel Tiadakan Safeguard untuk Industri Indonesia

Indonesia memperoleh pengecualian dari pengenaan bea masuk tindakan pengamanan (safeguard) oleh Afrika Selatan (Afsel) atas produk threaded fasteners of iron or steel: bolt ends & screw studs,…

Ericsson

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:15 WIB

Wihh...Ericson Raih Kontrak 5G ke-100

Ericsson (NASDAQ: ERIC) telah mencapai tonggak sejarah 5G yang signifikan dengan keberhasilan perusahaan meraih perjanjian atau kontrak komersial jaringan 5G ke-100 dengan penyedia layanan komunikasi.

Industri Otomotif

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:01 WIB

Penjualan & Ekspor Meningkat, Menperin Agus Sebut Industri Otomotif Mulai Berkembang Positif Semester II/2020

Kinerja industri otomotif nasional diprediksi bakal mengalami perkembangan positif pada semester kedua tahun 2020.

ESQA Cosmetics

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:00 WIB

Industri Kosmetik Ikut Berperan Tingkatkan Perekonomian Nasional

Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, tidak heran industri kosmetik lokal semakin berkembang dan brand baru masih terus bermunculan. Salah satunya adalah ESQA Cosmetics, brand lokal…