HIPMI & PT PPI Jalin Sinergi Dorong Ekspor Produk UMKM

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 11 Juli 2020 - 08:15 WIB

HIPMI & PT PPI
HIPMI & PT PPI

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) bersama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) siap mengekspor produk usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dibuat langsung oleh produsen di setiap daerah.

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut terus meningkatkan kemitraan dengan pelaku usaha seperti petani dan nelayan untuk mendukung percepatan ekspor.

“Kami memang berkomitmen untuk membantu program ekspor produk UMKM dari setiap daerah. HIPMI perlu ada kajian untuk memastikan keaslian produk UMKM yang akan dibantu ekspornya,” ujar Ketua Bidang Perhubungan dan BUMN BPP HIPMI, Arya Kuntadi dalam Audiensi BPP HIPMI dengan PT PPI (Persero) melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (10/7/2020).

"Misalnya, kelompok tani di Garut minta benih atau bibit dari luar negeri untuk ditanam di Indonesia agar memiliki cita rasa yang enak seperti di Indonesia. Dengan demikian, hasil dari benih atau bibit tersebut akan diekspor ke negara yang bersangkutan," lanjut Arya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT PPI (Persero) Fasika Khaerul Zaman mengatakan, program kemitraan dengan UMKM, petani, dan nelayan adalah strategi PPI dalam menyerap produk UMKM, terutama untuk pasar ekspor. Lebih lanjut, Fasika menjelaskan, kemitraan dengan UMKM, petani, dan nelayan merupakan pola sumber suplai dalam percepatan ekspor PPI.

"Salah satu kemitraan itu ditunjukkan dengan berhasilnya ekspor kopi dan bawang merah produk UMKM mitra PPI beberapa kali ke Mesir, Taiwan, dan China. Tak hanya itu, masih banyak komoditi yang kami fokus ekspor juga ke UMKM seperti pertanian meliputi sayur dan buah hingga peti mati," ucap Fasika.

“Selain itu, PPI juga membidik peluang ekspor pupuk yang mempunyai jaringan distribusi. Komoditi kopi dari berbagai petani kopi di seluruh Indonesia sudah beberapa kali diekspor dan mendatang segera akan di re-ekspor,” lanjut Fasika.

"Kemudian untuk produk hortikulutura, PPI saat ini dalam persiapan pola tanam sebagai offtaker hasil petani Garut, untuk rencana ekspor ke Singapura dan negara Asia lainnya. Tuna dan hasil ikan lautnya pun merupakan hasil nelayan yang telah diekspor PPI pada awal tahun ini," pungkasnya.

Hadir dalam audiensi tersebut, yaitu Bendahara Umum BPP HIPMI Hilda Kusumadewi, Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian, ESDM BPP HIPMI Rama Datau, Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi, dan Kesehatan Sari Pramono, serta Koordinator HIPMI PPI (Persero) Dwight Gugu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…