Presiden Jokowi 'Semprot' Sri Mulyani dan Sofyan Djalil Gara-gara Tol Cisumdawu

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 Juli 2020 - 19:02 WIB

Presiden Jokowi (ist)
Presiden Jokowi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan teguran kepada para Menteri. 

Kali ini teguran dilontarkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat terbatas terkait percepatan pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Presiden mengatakan, hingga sekarang, proses pembebasan lahan masih terhambat. Pengembalian dana talangan tanah oleh LMAN kepada badan usaha jalan tol juga lambat karena persoalan administrasi.

"Peraturan teknis pelaksana baik di kementerian ATR maupun di Kementerian Keuangan juga belum lengkap. Saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya. Kita butuh percepatan karena ini akan menyangkut juga Bandara Kertajati," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Presiden melihat, selama ini, banyak sekali aturan teknis dan prosedur administrasi yang menjadi kendala sehingga akhirnya menghambat percepatan pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Ini terus berulang-ulang kita alami dan tidak ada penyelesaian secara permanen. Penyelesaiannya secara kasus per kasus. Kita tidak pernah membuat regulasi yang sederhana, yang ringkas, yang cepat. Sebetulnya solusinya itu," tandas Jokowi.

Jokowi mengatakan, pembangunan jalan tol Cisumdawu ini sangat penting untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional dan juga daerah sekitar.

"Ini jalan tol penting sekali tapi terhambat," jelasnya.

Karena itu, ia meminta agar Kementerian ATR/BPN segera menyelesaikan berbagai permasalahan hambatan pembangunan tersebut. 

"Ini saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya," tutup Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BPPI Kemenperin, Doddy Rahadi

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:45 WIB

Inovasi Industri dari Balai Riset Kemenperin Dukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan ekosistem inovasi di sektor industri sebagai upaya percepatan implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Wow Luar Biasa! Luhut Klaim IMF, World Bank Hingga Fitch Puji Kebijakan Pemerintah RI Hindari Jurang Resesi

Luhut mengungkapkan bahwa hal itu bukan klaim sepihak semata. Sebab berbagai lembaga internasional telah mengakui berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah Indonesia sangat baik. Seperti IMF,…

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Terusik Banjirnya Produk China, Afsel Tiadakan Safeguard untuk Industri Indonesia

Indonesia memperoleh pengecualian dari pengenaan bea masuk tindakan pengamanan (safeguard) oleh Afrika Selatan (Afsel) atas produk threaded fasteners of iron or steel: bolt ends & screw studs,…

Ericsson

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:15 WIB

Wihh...Ericson Raih Kontrak 5G ke-100

Ericsson (NASDAQ: ERIC) telah mencapai tonggak sejarah 5G yang signifikan dengan keberhasilan perusahaan meraih perjanjian atau kontrak komersial jaringan 5G ke-100 dengan penyedia layanan komunikasi.

Industri Otomotif

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:01 WIB

Penjualan & Ekspor Meningkat, Menperin Agus Sebut Industri Otomotif Mulai Berkembang Positif Semester II/2020

Kinerja industri otomotif nasional diprediksi bakal mengalami perkembangan positif pada semester kedua tahun 2020.