Wacana Menteri Nadiem Makarim, Permanenkan Pendidikan Jarak Jauh, Ini Tanggaapan DPR

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 07 Juli 2020 - 11:54 WIB

Illiza Sa’aduddin Djamal
Illiza Sa’aduddin Djamal

INDUSTRY.co.id,Jakarta-Wacana mempermanenkan pendidikan jarak jauh yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim perlu dicermati dengan baik. Di masa pademik Covid 19 pendidikan jarak jauh itu memang sebuah keharusan untuk merespon wabah yang sedang terjadi.

“Untuk mempermanenkannya di masa pasca Covid 19 perlu mendapatkan banyak pertimbangan, karena pendidikan tidak hanya transfer pengetahuan, namun juga mendidik perilaku siswa dan membentuk karakter yang di banyak aspek masih membutuhkan sentuhan guru dan suasana sekolah,”ujar Illiza Sa’aduddin Djamal,  Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PPP.

Menurutnya, jika sewaktu-waktu sekolah menerapkan pendidikan jarak jauh pada mata pelajaran tertentu, hal itu masih memungkinkan bahkan mungkin perlu. Karena pembelajaran jarak jauh bisa menjadi alternatif yang bisa dimanfaatkan sekolah dan siswa dalam rangka memanfaatkan teknologi yang makin berkembang. Namun sekali lagi tidak bisa diterapkan sepanjang waktu dan khusus sekolah atau daerah yang memang sudah siap secara teknologi. Jangan sampai pembelajaran jarak jauh ini justru menimbulkan masalah baru dalam dunia pendidikan.

Politisi dari Nanggroe Aceh Darussalam ini, mengatakan, jika pembelajaran jarak jauh akan diterapkan walaupun secara terbatas di masa normal, maka perlu dimplementasi di perguruan tingga dahulu, karena secara SDM peserta didik lebih siap. Sementara untuk SD hingga SMU perlu pertimbangan lebih banyak lagi sebelum mengimplementasikannya.

“Ya pada dasarnya, Komisi X mendukung semua terobosan pendidikan yang dilakukan Kemendikbud, apalagi jika terobosan itu dilakukan dalam rangka memanfaatkan teknologi yang berkembang dengan pesat. Namun semua terobosan itu harus dipertimbangkan dengan matang dan memperhatikan kesiapan peserta didik serta tujuan pendidikan itu sendiri,” ujar Anggota Badan Legislasi DPR RI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gathering Business Collaboration with Jababeka Residence

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:32 WIB

Gandeng Jababeka, BTN Makin Agresif Kuasai Pasar Kawasan Industri

Lewat acara Gathering Business Collaboration with Jababeka Residence, BTN bersama Human Resources (HR) Forum Jababeka berupaya untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan rumah untuk karyawan dan juga…

Telkom Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:15 WIB

Berhasil Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Telkom Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akhirnya memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016.

AMMDes Ambulance Feeder

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:15 WIB

AMMDes Besutan Kemenperin Sukses Beri Manfaat Sektor Pertanian Hingga Kesehatan

Keberadaan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah.

DJ Stroo & Roy Jeconiah Rilis Ulang Aku Garuda Terkait 75 Tahun Indonesia Merdeka

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:00 WIB

Dua Genre Musik Berbeda, DJ Stroo & Roy Jeconiah Rilis Ulang Aku Garuda Terkait 75 Tahun Indonesia Merdeka

Tanpa menghilangkan karakter atau aransmen utama lagu ini. Lagu ini juga akan di-remastering, dengan level yang akan dibuat lebih naik. Sebuah persembahan dari DJ Stroo dan Roy Jeconiah, untuk…

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Wow Luar Biasa! Luhut Klaim IMF, World Bank Hingga Fitch Puji Kebijakan Pemerintah RI Hindari Jurang Resesi

Luhut mengungkapkan bahwa hal itu bukan klaim sepihak semata. Sebab berbagai lembaga internasional telah mengakui berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah Indonesia sangat baik. Seperti IMF,…