Tidak Kuat Lagi, Restoran Pizza Hut NPC Resmi Ajukan Pailit

Oleh : Candra Mata | Kamis, 02 Juli 2020 - 17:35 WIB

Pizza Hut NPC (ist)
Pizza Hut NPC (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, NPC International Inc pemegang waralaba restoran Pizza Hut terbesar di Amerika Serikat mengajukan pailit. Bisnis Pizza Hut bangkrut karena penutupan restoran akibat covid-19 yang menambah tekanan kompetitif dalam industri restoran.

NPC mengajukan Chapter (bab) 11 di Pengadilan Distrik Texas pada Rabu (1/6/2020) setempat. 

Bab 11 biasanya diambil perusahaan untuk melakukan restrukturisasi utang demi menghindari kebangkrutan. Sekadar diketahui, NPC didirikan pada 1962 dan mengoperasikan 1.227 Pizza Hut dan 393 toko Wendy’s di seluruh AS.

“Sementara pengajuan Bab 11 NPC diharapkan, kami melihatnya sebagai kesempatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik untuk restoran Pizza Hut NPC," kata juru bicara Pizza Hut, seperti dikutip Bloomberg, pada Kamis (2/7/2020).

Sejatinya, NPC dan Pizza Hut telah berjuang dengan meningkatkan biaya tenaga kerja dan makanan sambil mencoba memperluas bisnis. Namun perusahaan Overland Park, yang berbasis di Kansas juga menghadapi persaingan ketat dari para pesaing seperti Domino's Pizza Inc. dan Papa John's International Inc.

NPC memiliki utang USD903 juta dan telah melakukan pra-negosiasi perjanjian restrukturisasi dengan sekitar 90% dari pemberi pinjaman lien pertama (kreditur pertama) dan 17% dari pemberi pinjaman kedua.

"Kami bekerja dengan NPC dan pemberi pinjamannya untuk memastikan bahwa restoran Pizza Hut NPC muncul dari proses ini dengan dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil," imbuhnya.

Akan tetapi, pengajuan Bab 11 tidak berarti Pizza Hut dan Wendy’s gulung tikar. NPC dapat terus beroperasi saat sedang menyusun rencana untuk membayar tagihan dan membalikkan bisnis. Kebangkrutan juga tidak memengaruhi ribuan gerai Pizza Hut dan Wendy’s lainnya yang dimiliki oleh pemegang waralaba lain.

Berdasarkan kesepakatan dengan para kreditornya, NPC akan mulai mencoba menjual restoran Wendy’s dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu, perusahaan memiliki waktu hingga 24 Juli untuk membuat kesepakatan dengan kreditor tertentu dan Pizza Hut sendiri tentang cara merestrukturisasi bisnis pizza NPC. Jika mereka tidak dapat mencapai kesepakatan, NPC akan mencoba menjual sejumlah restoran Pizza Hut menurut garis besar restrukturisasi yang diajukan ke pengadilan. (sumber Bloomberg, IDXchannel)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi listrik

Senin, 21 September 2020 - 10:06 WIB

PLN Catat 367 Ribu Pelanggan Tambah Daya Listrik Saat Program Diskon

Melalui Program Gebyar Kemerdekaan, PLN memberikan potongan harga atau diskon tambah daya “Super Wow” khusus untuk pelanggan golongan tarif Rumah Tangga tegangan rendah mulai dari daya 450…

Menteri Agama Fachrul Razi

Senin, 21 September 2020 - 09:45 WIB

Breaking News: Menteri Agama Facrul Razi Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19. Namun demikian saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik.

Pelaksanaan sambung baru listrik pelabuhan tanjung intan

Senin, 21 September 2020 - 09:42 WIB

PLN Gandeng Pelindo III Lakukan Sambung Baru Listrik Pelabuhan Tanjung Intan

Peresmian penyambungan dilakukan pada Jumat, (11/9/2020) dengan dihadiri oleh General Manager PT PELINDO III, Manager PLN ULP Cilacap Kota, dan Direktur PT Lamong Energi Indonesia selaku operator…

Pastor Roberto Malgesini, seorang imam berusia 51 tahun ditemukan tewas akibat luka tikam pada Selasa, 15 September 2020 di dekat parokinya di Gereja St. Rocco di Kota Como, Italia/ foto sumber: sesawi.net

Senin, 21 September 2020 - 09:19 WIB

Pastor Ganteng di Italia Ini Tewas Ditikam oleh Imigran yang Biasa Dibantunya

akarta– Pastor Roberto Malgesini, seorang imam berusia 51 tahun ditemukan tewas akibat luka tikam pada Selasa, 15 September 2020 di dekat parokinya di Gereja St. Rocco di Kota Como, Italia.…

Gedung Kementerian ESDM

Senin, 21 September 2020 - 09:19 WIB

Gedung Kementerian ESDM Raih Penghargaan Gedung Hemat Energi se-ASEAN

Pengumuman dan penganugerahan pemenang akan dilakukan pada The 38th ASEAN Ministers on Energy Meeting di Da Nang, Vietnam, November 2020 mendatang.