Tidak Kuat Lagi, Restoran Pizza Hut NPC Resmi Ajukan Pailit

Oleh : Candra Mata | Kamis, 02 Juli 2020 - 17:35 WIB

Pizza Hut NPC (ist)
Pizza Hut NPC (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, NPC International Inc pemegang waralaba restoran Pizza Hut terbesar di Amerika Serikat mengajukan pailit. Bisnis Pizza Hut bangkrut karena penutupan restoran akibat covid-19 yang menambah tekanan kompetitif dalam industri restoran.

NPC mengajukan Chapter (bab) 11 di Pengadilan Distrik Texas pada Rabu (1/6/2020) setempat. 

Bab 11 biasanya diambil perusahaan untuk melakukan restrukturisasi utang demi menghindari kebangkrutan. Sekadar diketahui, NPC didirikan pada 1962 dan mengoperasikan 1.227 Pizza Hut dan 393 toko Wendy’s di seluruh AS.

“Sementara pengajuan Bab 11 NPC diharapkan, kami melihatnya sebagai kesempatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik untuk restoran Pizza Hut NPC," kata juru bicara Pizza Hut, seperti dikutip Bloomberg, pada Kamis (2/7/2020).

Sejatinya, NPC dan Pizza Hut telah berjuang dengan meningkatkan biaya tenaga kerja dan makanan sambil mencoba memperluas bisnis. Namun perusahaan Overland Park, yang berbasis di Kansas juga menghadapi persaingan ketat dari para pesaing seperti Domino's Pizza Inc. dan Papa John's International Inc.

NPC memiliki utang USD903 juta dan telah melakukan pra-negosiasi perjanjian restrukturisasi dengan sekitar 90% dari pemberi pinjaman lien pertama (kreditur pertama) dan 17% dari pemberi pinjaman kedua.

"Kami bekerja dengan NPC dan pemberi pinjamannya untuk memastikan bahwa restoran Pizza Hut NPC muncul dari proses ini dengan dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil," imbuhnya.

Akan tetapi, pengajuan Bab 11 tidak berarti Pizza Hut dan Wendy’s gulung tikar. NPC dapat terus beroperasi saat sedang menyusun rencana untuk membayar tagihan dan membalikkan bisnis. Kebangkrutan juga tidak memengaruhi ribuan gerai Pizza Hut dan Wendy’s lainnya yang dimiliki oleh pemegang waralaba lain.

Berdasarkan kesepakatan dengan para kreditornya, NPC akan mulai mencoba menjual restoran Wendy’s dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu, perusahaan memiliki waktu hingga 24 Juli untuk membuat kesepakatan dengan kreditor tertentu dan Pizza Hut sendiri tentang cara merestrukturisasi bisnis pizza NPC. Jika mereka tidak dapat mencapai kesepakatan, NPC akan mencoba menjual sejumlah restoran Pizza Hut menurut garis besar restrukturisasi yang diajukan ke pengadilan. (sumber Bloomberg, IDXchannel)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:46 WIB

Triwulan III 2020, Regulator Jasa Keuangan Tetap Waspada Nasib Perekonomian

Memasuki triwulan III 2020, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan di antara anggota KSSK dengan meningkatkan kewaspadaan mengantipasi dampak penyebaran Covid-19 yang masih tinggi terhadap…

Hadi Pranoto Temukan Obat Herbal Covid-19 (ist)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:00 WIB

Heboh Pengakuan Hadi Pranoto, Kemenkes Luruskan Informasi: Obat Covid-19 Harus Lewati Uji Ilmiah Sebelum Diproduksi dan Dipasarkan

Akhir akhir ini banyak pihak mengklaim telah menemukan obat COVID-19. Salah satunya informasi yang disampaikan oleh Hadi Pranoto yang mengaku sudah menemukan obat yang spesifik bisa menanggulangi…

Migas Ilustrasi

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:53 WIB

Seberapa Menarik Wilayah Kerja Migas Ditawarkan Cost Recovery atau Gross Split ?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menjaga agar aktivitas dan investasi hulu migas tetap berjalan optimal di tengah tantangan pandemi global dan penurunan harga minyak bumi…

MenkopUKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Beringharjo Yogyakarta

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Omzetnya Turun 80%, MenkopUKM Teten Bakal Ringankan Cashflow para Pedagang Pasar Beringharjo

Sejumlah pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta mencurahkan isi hatinya di hadapan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:30 WIB

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, IHSG Justru Berakhir Menguat 1,03 Persen

BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen dibading periode yangs ama pada tahun sebelumnya, justru perdagangan Indeks Harga Saham…