Tips Sandiaga Uno Bagi Pelaku Usaha Scale Up

Oleh : Herry Barus | Kamis, 02 Juli 2020 - 09:00 WIB

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Padang- Indonesia memiliki banyak UMKM. Di era ini sudah saatnya untuk UMKM mengembangkan bisnisnya atau scale-up agar terus maju dan tidak diam di tempat.

Scale-up bisnis ada beberapa kategori yaitu ultramikro, mikro, kecil, menengah. Scale-up bisnis juga ada skalanya dan sudah diatur oleh UU pengelolaan UMKM.

Founder OK OCE Sandiaga Uno mengatakan, "Sewaktu scale-up kesiapan kita sebagai pengusaha, kita mau keluar dari comfort zone atau tidak karena scale-up adalah satu kesempatan. Selain mendapatkan peluang juga ada tantangan. Scale-up itu akan sangat repot, butuh komitmen, namun nanti rewardnya besar," tutur Sandi pada Webinar bertemakan Sukses Berwirausaha Bersama Inkubator Bisnis di Era New Normal bersama Politeknik ATI Padang, Sumatera Barat, Rabu (1/7/20).

“Dulu usaha saya dari tiga karyawan jadi 45 kemudian 100, sekarang 30 ribu. Setiap kali kami scale-up, selalu ada pertanyaan dalam diri kita: Are We Ready?," ungkapnya.

Sementara itu, Indonesia memiliki jumlah anak muda yang besar, dan populasi online negara ini berada di urutan keenam di dunia.

Lebih dari 60% masyarakat Indonesia tersambung ke internet. Maka, tidak heran bahwa pasar e-commerce Indonesia terbesar se-ASEAN dengan nilai sekitar US$ 21 Miliar.

“Optimalkan digitalisasi, hal ini dikarenakan adanya WFH, PSBB, Phsycal Distancing yang memindahkan seluruh aktivitas dari brick dan mortal ke dunia digital, "tutur Sandi.

Era New Normal ini adalah saat yang tepat untuk kita meningkatkan potensi diri. Hal ini dapat kita lakukan dengan belajar, mengikuti webinar, dan menciptakan ide-ide baru yang kelak akan berguna dimasa akan datang.

“Jangan hanya menonton drakor. Coba kita ubah pemikiran kita dengan menciptakan dramin (drama minang), dradang (drama padang), dralok (drama solok). Kita sesuaikan dengan kearifan lokal. Di balik satu drakor yang kita tonton, kita harus punya ide untuk mendorong bagaimana drama-drama lokal juga berkembang," ujar Sandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kopi Toraja (Foto Dije)

Senin, 17 Mei 2021 - 20:15 WIB

Tidak Boleh Menyimpan Kopi di Dalam Lemari Es, Mengapa?

Kopi yang enak tergantung pada kualitas rasanya. Nah, salah satu cara agar kopi tetap berkualitas, yakni dengan menyimpan kopi dengan cara yang tepat dan benar. Kopi harus disimpan di tempat…

Logo Telkom

Senin, 17 Mei 2021 - 20:01 WIB

Kualitas Layanan Suara dan Data TelkomGroup di Jayapura Meningkat dengan Ketersediaan Bandwidth 4,7 Gbps

Layanan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) baik suara maupun data termasuk IndiHome dan Telkomsel di Jayapura kian meningkat secara kualitas pasca putusnya sistem komunikasi kabel laut…

Pembangunan Jembatan Sementara Benanain

Senin, 17 Mei 2021 - 19:10 WIB

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Jembatan Sementara Benanain Rampung Awal Juni 2021

Saat ini penanganan dilakukan berupa pembangunan jembatan sementara yang dapat dilalui kendaraan roda empat.

Pembalap Andi Gilang di Seri Kelima Moto3 Prancis 2021

Senin, 17 Mei 2021 - 18:00 WIB

Ketua IMI Apresiasi Prestasi Pembalap Andi Gilang di Seri Kelima Moto3 Prancis 2021

Pada balapan seri kelima Moto3 Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021), ia berhasil mendapatkan satu poin karena finish di posisi kelima belas, setelah sebelumnya start dari posisi…

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…