Ditengah Ketidakpastian, PT Timah Optimistis Industri Akan Tumbuh di 2020

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Juli 2020 - 07:41 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  PT TImah Tbk (TINS) optimis industri timah akan tumbuh sepanjang tahun 2020. Hal ini didukung dengan prediksi konsumsi logam timah dunia sepanjang tahun ini yang mencapai 349.000 metrik ton.

Di tengah ketidakpastian dan tantangan yang ada, PT Timah memiliki peluang untuk tumbuh sebab perseroan merupakan produsen timah terbesar pertama di dunia, memiliki IUP luas dan bersertifikat CnC, produk berkualitas tinggi dengan merek yang terkenal di pasar, memiliki aset non operasional yang strategis.

Selain itu, perseroan memiliki pengetahuan luas terkait kegiatan eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, peleburan, pemurnian, dan pemasaran, juga memiliki sarana pendukung operasi yang lengkap.

"Perseroan meyakini ada banyak peluang yang masih dapat dioptimalkan untuk terus meningkatkan kinerja Perseroan. Dengan kata lain, PT Timah memiliki prospek usaha yang sangat baik,” tutur Direktur Utama Riza Pahlevi melalui keteranganya yang dikutip, Kamis (2/7/2020).

Riza mengatakan, setelah 31 Desember 2019, terjadi penurunan harga timah yang signifikan beserta penurunan ekonomi sebagai dampak dari wabah penyakit COVID-19.

Penurunan harga timah tersebut akan berdampak signifikan terhadap nilai persediaan timah beserta profitabilitas perseroan karena harga spot di akhir tahun telah digunakan sebagai penentuan nilai realisasi neto dari sebagian besar persediaan timah bagian lancar.

Hal tersebut akan berdampak terhadap pemulihan aset non keuangan. Oleh sebab itu, saat ini perseroan sedang menganalisa dampak penurunan harga timah dan penurunan ekonomi terhadap bisnis Perseroan.

“Memang, dampak dari wabah penyakit COVID-19 berpotensi menurunkan permintaan dan harga timah karena ekspektasi pertumbuhan ekonomi dunia yang rendah. Namun, kami tetap memiliki peluang untuk tumbuh,” paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:42 WIB

Dukung Ekonomi Daerah, Pelindo IV Biak Layani Pelayaran Perdana Tanto Intim Line

Hal itu dibuktikan dengan pelayanan pelayaran perdana kapal kargo, KM Tanto Lestari oleh Pelindo IV di Dermaga Umum Pelabuhan Laut Biak pada Minggu 9 Agustus 2020 lalu.

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:20 WIB

Jaga Tren Positif Industri Mamin, Ini Taktik Jitu Kemenperin

Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor manufaktur yang masih mampu tumbuh positif pada triwulan II tahun 2020 setelah tertekan berat akibat dampak pandemi Covid-19.…

PT Sentul City Tbk (BKSL) (thepresidentpostindonesia)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:05 WIB

Alamak! PT Sentul City Tbk Digugat Pailit oleh Keluarga Bintoro, Ada Apa?

PT Sentul City Tbk (BKSL) digugat pailit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh keluarga Bintoro.

Pekerja Industri Manufaktur Tekstil

Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:35 WIB

Jangan Panik! Subsidi Gaji Pekerja Rp600 Ribu Bakal Berlaku untuk Semua Sektor Industri dan Profesi

Menteri Ketenagakerjaan (menaker) Ida Fauziah memastikan para penerima subsidi gaji Rp600 Ribu untuk para pegawai tidak akan dibatasi sektor usaha dan jenis pekerjaannya.

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:15 WIB

Mendag Agus Lepas Ekspor Perdana PT Sido Muncul ke Arab Saudi

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto sambut gembira ekspor perdana emiten PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) untuk produk rempah-rempah.