Halo PGN...Industri Keramik 'Angkat Tangan' Jika Masih Ditagih Pakai Harga Gas Lama

Oleh : Candra Mata | Senin, 22 Juni 2020 - 09:35 WIB

Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)
Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto mengatakan kebijakan pelonggaran PSBB menuju new normal terutama di kota-kota besar di pulau Jawa seperti Jakarta dan Surabaya bisa mempercepat pemulihan industri keramik. 

Pihaknya (pelaku industri-red) menyambut baik kebijakan tersebut dengan melakukan percepatan rencana produksi yang bakal dimulai sebelum akhir Juni ini. 

Selain itu, kebijakan penetapan harga gas industri yang baru sebesar USD 6/MMBTU yang telah di sahkan Pemerintah April lalu, disebut Edy merupakan sebuah solusi penyelamatan bagi industri keramik untuk segera bangkit dari keterpurukan. 

"Asaki mencatat hingga Mei 2020, tingkat utilisasi nasional industri keramik melorot tajam hanya tinggal 30% dari angka 65% di awal tahun 2020," ujar Edy kepada INDUSTRY.co.id Senin (22/6).

Namun demikian, pelaku industri keramik menyayangkan implementasi dari kebijakan penurunan harga gas USD 6/MMBTU belum dijalankan oleh Perusahaan Gas Negara (PGN).  

Dimana tagihan pembayaran gas hingga bulan Juni yang diterima pelaku industri keramik nasional masih menggunakan harga gas yang lama. 

"Namun sayangnya harga gas baru belum terwujud sehingga secara cashflow tidak terbantu dan semakin memberatkan langkah recovery industri," jelas Edy. 

Asal tau saja, 30-35% biaya produksi keramik adalah biaya untuk energi atau gas. 

"Batas kemampuan cashflow kami industri keramik hanya sampai bulan ini saja dan kondisi tersebut memaksa Asaki untuk menolak pembayaran tagihan pemakaian gas dari PGN di bulan Juni nanti jika masih tetap menggunakan harga lama sebesar USD 9/MMBTU di wilayah Barat dan USD 7/MMBTU di wilayah timur," pungkas Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat…

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:00 WIB

DPR: Pembentukan Holding Jadi Upaya Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menilai upaya pembentukan holding gula Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan upaya yang strategis untuk memenuhi kebutuhan gula nasional.

Ilustrasi Digital UMKM (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:30 WIB

Berkat Marketplace, Pelaku UMKM Bisa Bertahan Selama Pandemi

Survei terbaru mengungkapkan sebanyak 4,7 juta UMKM telah merambah ke ekosistem digital dalam kurun waktu 11 bulan terakhir selama pandemi. Totalnya kini sekitar 64 juta UMKM secara keseluruhan…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:00 WIB

TNI AL Modernisasi Alutsista Pesawat Udara Tanpa Awak

TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam bidang penerbangan mempertajam kekuatan Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA), selain kekuatan pesawat udara fixed wing dan rotary wing. Hal tersebut disampaikan Kepala…