Gus Dur Mengangkat Harkat dan Martabat Masyarakat Papua

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 Juni 2020 - 16:00 WIB

Herry Ario Naap Bupati Biak Numfor
Herry Ario Naap Bupati Biak Numfor

INDUSTRY.co.id - Biak Numfor-Sosok Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur masih melekat dalam ingatan banyak orang. Mengingat peran penting dan warisan sikap pluralisme dan toleransi. 

Ketokohan Gus Dur tentu menjadi harapan banyak orang. Pandangan dan sikap humanisnya kini makin relevan ketika intoleransi, meningkatnya diskriminasi dan tindakan rasisme. 

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap mengatakan, bahwa Gus Dur telah mendapat simpati dan menyatu dengan masyarakat Papua. Karena telah menjunjung tinggi pluralisme dan toleransi. 

"Pak Gus Dur memberikan sebuah ruang atas aspirasi dari masyarakat Papua, ketika masyarakat melihat kami di Indonesia merasa tidak dihargai," ujar Herry Ario Naap saat diskusi online bertajuk 'Papua Dalam Keberagamaan Indonesia,' Rabu (17/6).

Terlebih, Gus Dur telah mengangkat harga diri orang Papua, dengan mengakui dan mengembalikan nama Papua sebagai identitas suku bangsa yang patut dihormati.

"Pak Gus Dur mengangkat harkat dan martabat masyarakat Papua. Ketika aspirasi masyarakat Papua untuk nama Irian Jaya berubah ke Papua merespons ini dengan luar biasa," kata Herry. 

Kala itu, nama Papua selalu dilihat sebagai separatis, tapi ketika Gus Dur hadir mampu mengubah stigma itu dan mengakomodir aspirasi masyarakat Papua memberi kebebasan berekspresi.

"Kehadiran beliau (Gus Dur) ke tanah Papua itu memberikan sebuah rasa ungkapan syukur. Welcome sekali masyarakat Papua," ungkap Herry.

Tercermin sikapnya mentoleransi adanya keragaman pemikiran, peradaban, agama, dan budaya. Bukan hanya itu, bahkan mengakui keberadaan masyarakat minoritas. 

"Memang harus diakui bahwa pak Gus Dur memiliki rasa yang luar biasa kepada masyarakat Papua. Masyarakat Papua mencintai dan bangga kepada Gus Dur," tandasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…