ZINC Donasi APD dan Sembako Selama Pandemi Covid-19

Oleh : Herry Barus | Jumat, 12 Juni 2020 - 09:00 WIB

ZINC Donasi APD dan Sembako Selama Pandemi Covid-19
ZINC Donasi APD dan Sembako Selama Pandemi Covid-19

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Kapuas Prima Coal Tbk (“ZINC”), Emiten yang bergerak di bidang pertambangan logam dasar (base metal) di Indonesia, menyambut baik skenario new normal atau tatanan hidup baru yang diusung pemerintah.

Memasuki bulan Juni, Pemerintah Indonesia dan negara-negara di dunia bersiap untuk memasuki new normal yang ditandai dengan pemberlakuan pelonggaran lockdown. Bersamaan dengan keputusan itu, ZINC juga telah menyiapkan langkah-langkah untuk menyesuaikan operasional dengan skenario new normal tersebut.

Direktur ZINC Hendra Susanto William menyampaikan, “Pelonggaran lockdown menuju skenario new normal yang diberlakukan hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia akan berdampak positif pada harga logam dasar termasuk komoditas seng (Zn) dan timbal (Pb). Harga komoditas seng (Zn) dan timbal (Pb) serta logam dasar lainnya mengalami penurunan dikarenakan pandemi penyakit virus corona (Covid-19), pemberlakuan lockdown sebagai Langkah pencegahan berpengaruh terhadap permintaan dan kebutuhan logam dasar. Pelonggaran diharapkan akan mengembalikan permintaan dan kebutuhan logam dasar sehingga harga logam dasar termasuk komoditas seng (Zn) dan timbal (Pb) ikut terangkat.”

Hendra melanjutkan bahwa dengan adanya pemberlakukan pelonggaran lockdown juga diharapkan akan mempermudah lalu lintas orang dan barang, sekaligus menggerakkan kembali ekosistem bisnis kami.

“Sebelumnya saat pemberlakuan lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia, lalu lintas orang dan barang sedikit terhambat. Seperti kedatangan tenaga ahli asing yang bertanggung jawab dalam proyek smelter milik ZINC dan distribusi hasil tambang kami. Diharapkan pelonggaran ini akan mempermudah lalu lintas orang dan barang, dengan begitu proyek ZINC yang tertunda selama pandemi dapat dikejar.”

Terkait langkah-langkah penyesuaian operasional dengan skenario New Normal Hendra menambahkan “Menghadapi new normal, ZINC akan terus menerapkan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah dilakukan beberapa bulan terakhir di lokasi pertambangan dan perkantoran. Saat memasuki daerah tambang dan semua area kerja, pegawai diwajibkan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mengikuti jam kerja yang diatur oleh manajemen,"

Sebagai catatan, pada tahun 2019 ZINC mencatatkan penjualan sebesar Rp885,1 miliar atau meningkat 17,3% dari Rp754,5 miliar pada tahun sebelumnya, sementara laba bersih ZINC meningkat 62,3% menjadi Rp178,8 miliar.

Selain itu, ZINC juga turut serta menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap penanggulangan pandemi Covid-19. Sejak mewabah di Indonesia, ZINC telah menyumbangkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat dan perlengkapan medis seperti masker dan hand sanitizer ke lebih dari 10 Rumah Sakit yang tersebar di Jabodetabek dan Kalimantan. Selain menyumbangkan APD dan perlengkapan medis, ZINC juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di sekitar Jakarta dan Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

 “Sumbangan yang disalurkan sebagian besar berasal dari donasi yang dikumpulkan oleh manajemen ZINC dan bila dirupiahkan, nominal sumbangan tersebut mencapai lebih dari Rp566 juta, bantuan ini merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab perusahaan untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam memerangi Covid-19. Hingga saat ini, ZINC telah menyumbangkan lebih dari 10.250 buah masker, 980 buah baju hazmat, dan 155 jerigen hand sanitizer. Ke depan, kami berharap situasi dapat cepat kembali normal dan ZINC dapat terus berkontribusi terhadap masyarakat,” tutup Hendra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…