Sambut New Normal, Inaya Putri Bali Lakukan Penerapan Protokol Kesehatan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:50 WIB

Inaya Putri Bali Lakukan Penerapan Protokol Kesehatan
Inaya Putri Bali Lakukan Penerapan Protokol Kesehatan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Inaya Putra Bali mulai melakukan penerapan protokol kesehatan guna menghadapi era new normal. Pada kesempatan tersebut. Pemkab Badung diwakili Sekda dan Kadispar meninjau kesiapan sektor pariwisata menghadapi new normal di Inaya Putra Bali yang berlokasi di kawasan The Nusa Dua seusai dari Pantai Water Blow.

Protokol yang disiapkan mulai dari di depan pintu masuk, security selain mengecek bagasi mobil mereka juga melakukan pengecekan suhu tubuh calon tamu hotel menggunakan thermo gun kemudian diwajibkan mencuci tangan dengan hand sanitaizer yang disediakan. Saat bertugas, security juga mengenakan alat pelindung diri seperti faceshield, gloves dan masker.

“Secara keseluruhan kami siap untuk menerima wisatawan dengan new normal menerapkan program pemerintah pariwisata dengan CHS (Cleanliness, Health, and Safety) di hotel. Kalau ada tamu yang suhunya diatas 37 derajat akan mendapat perhatian khusus, dibawah itu tamu langsung dapar menuju loby untuk cek in dan mengikuti prosedur yang kami tetapkan,” jelas General Manager Inaya Putri Bali I Made Merta kepada INDUSTRY.co.id melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/6/2020).

Sementara itu Marketing Communication Manager Inaya Putri Bali Patrisia Wikan menyampaikan pihaknya telah mengimplementasikan standar protokol kesehatan yang sehat.

"Mulai dari masuk hotel kita akan cek suhu tubuhnya baik staf dan tamu hotel semua dicek. Untuk tamu hotel yang sudah dicek suhu tubuhnya barang bawaan seperti koper akan dilakukan penyemprotan disinfektan dan diarahkan cuci tangan menggunakan hand sanitaizer sebelum cek in," jelas Wikan.

Standar Operasional Prosedur yang kami buat memang bisa langsung diaplikasikan oleh hotel-hotel terkait mulai hotel bintang 3 hingga bintang 5, team memang membuat SOP tersebut sangat lengkap.

SOP tersebut mengatur banyak sekali protokol-protokol yang harus dilakukan mulai dari penjemputan tamu, pembersihan kamar, meeting rooms, persiapan makanan, hingga spa therapis semua sudah dijelaskan, terang Sugiri Rachmansyah Nugraha, Business Development Manager Hotel Indonesia Group.

Dan pada saat cek in juga telah diatur pengaturan jarak sesuai dengan anjuran untuk sosial distancing kemudian di tempat-tempat umum seperti di loby, restoran pengaturan tempat duduk juga telah kita terapkan. Kemudian floor marking sudah ada untuk mengatur tamu bagaimana menerapkan phsycal distancing.

Saat ini aminities kamar selain perlengkapan mandi, coffee and tea serta air mineral kini ditambah dengan masker bedah dua buah dan hand sanitaizer ditiap kamar kepada setiap tamu hotel.

Pembersihan kamar dilakukan lebih menyeluruh dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara reguler terutama fasilitas yang sering digunakan tamu. Selain itu salah satu inisiatif yang dilakukan hotel yakni menu digital di restoran.

“Jadi untuk mengurangi resiko dan juga untuk menambah kenyamanan tamu saat ingin memesan makanan selain staf kita dilengkapi pelindung diri. Kita juga menyiapkan menu digital. Jadi tamu bisa scan QR Code atau akses website untuk memilih menu makanan di Handphone mereka tanpa menyentuh buku menu,” imbuh Wikan.

Sementara untuk breakfast atau sarapan pagi sudah tidak buffe hanya ala carte yang akan diantar ke kamar masing-masing namun ini tergantung dengan tingkat hunian kamar. Jadi sekiranya tingkat hunian kamar tidak terlalu tinggi dan bisa di cover oleh staf kita, tamu bisa menikmati sarapan di dalam kamar kalau tamu menginginkan hal tersebut.

Jika tamu tetap ingin breakfast di restoran, maka restoran hanya menyediakan menu ala carte. “Untuk sementara waktu kita meniadakan buffe untuk breakfast tapi kami sediakan menu ala carte,” tambah Wikan.

Kapasitas restoran dan meeting room juga dikurangi dari kapasitas normal disesuaikan dengan protokol jaga jarak. Saat ini hunian kamar di Inaya Putri Bali berkisar 3 sampai 4 persen dari jumlah kamar 455 yang ada.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…