Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Juni 2020 - 12:05 WIB

Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi
Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Sejak COVID-19 merebak di Indonesia, Blibli telah menjalankan berbagai inisiatif untuk menopang beragam industri di tanah air agar pelaku usaha dapat mempertahankan laju bisnis mereka. Memasuki era new normal atau kondisi normal yang baru, Blibli kembali menghadirkan inisiatif terbaru, kali ini melalui kategori Tour & Travel, yang memungkinkan pelaku industri pariwisata serta pelanggan memenuhi kebutuhan wisata meskipun di tengah pandemi.

Inisiatif tersebut adalah Virtual Tour, yaitu jalan-jalan virtual ke berbagai destinasi favorit di Indonesia maupun mancanegara. Inisiatif ini sudah tersedia di platform Blibli melalui kategori Tour & Travel sejak 1 Juni 2020.

Virtual Tour merupakan bentuk dukungan Blibli pada transformasi digital di industri pariwisata dalam menghadapi era new normal. Dengan mengadopsi teknologi, para pelaku industri pariwisata dapat menciptakan dan menggunakan peluang baru untuk melayani pelanggan yang ingin menjalankan berbagai aktivitas walau di tengah protokol kesehatan dan sanitasi yang baru.

Theresia Magdalena, VP of Blibli Tour & Travel Category mengungkapkan, “Sebagai platform e-commerce, Blibli berkomitmen untuk terus meluncurkan inovasi berbasis teknologi guna meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan dan seller. Melalui Virtual Tour, Blibli memungkinkan pelaku industri pariwisata, khususnya para travel agent dan tour guide, untuk menjalankan roda bisnis mereka meskipun di tengah pandemi. Selain itu, kami ingin mengobati kerinduan berwisata para pelanggan yang kini dapat dilakukan secara remotely melalui wisata virtual.”

Melalui Virtual Tour, para tour guide akan berkeliling di sekitar obyek wisata dan perjalanan mereka disiarkan secara live streaming melalui video conference. Sambil berwisata virtual, para tour guide akan memberikan penjelasan mengenai sejarah dan keunikan destinasi wisata tersebut. Tujuannya untuk tetap mengangkat industri pariwisata dan destinasi-destinasi lokal serta internasional di era new normal ini.

“Meskipun dilakukan secara virtual, Blibli tetap ingin agar para pelanggan dapat mengintip lebih dekat bangunan bersejarah, memahami kebudayaan lokal, serta merasakan keindahan destinasi-destinasi wisata tersebut,” tambah Theresia. Sebagai tahap awal, Blibli mengangkat destinasi Jam Gadang di Bukittinggi, Padang. Selanjutnya, Blibli akan menghadirkan perjalanan virtual ke Lawang Sewu, Semarang. Tidak terbatas pada obyek wisata domestik, Blibli juga akan menghadirkan pengalaman perjalanan virtual ke destinasi internasional yang populer, termasuk Korea, China, dan Eropa.

Program Virtual Tour ini didukung oleh berbagai travel agent ternama, termasuk ONTA (Online Travel Assistance) - KongkoWisata, PT Kereta Api Pariwisata – KA Wisata, dan GOCHINA. Para pelanggan dapat menikmati perjalanan virtual selama 60 menit via video conference, dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 25.000 - Rp 30.000 untuk perjalanan virtual domestik dan Rp 50.000 - Rp 150.000 untuk destinasi internasional.

Program inisiatif ini sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap kepuasan pelanggan #KarenaKamuNo1. Lebih jauh, inisiatif ini juga merupakan bentuk persiapan yang dihadirkan Blibli Travel dalam menghadapi era new normal untuk terus mengakomodasi kebutuhan perjalanan para pelanggan dan seller.

Blibli mengajak seluruh masyarakat untuk tetap semangat dan antusias dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, tanpa melupakan untuk terus menjaga jarak aman, sanitasi, dan kesehatan diri dimanapun berada.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Virtual Tour, kunjungi laman berikut ini: BlibliVirtualTour dan BlibliVirtualTourLawangSewu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…