Konsumsi Keju Dapat Bantu Cegah Gigi Berlubang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 04 Juni 2020 - 12:00 WIB

Konsumsi Keju Dapat Bantu Cegah Gigi Berlubang
Konsumsi Keju Dapat Bantu Cegah Gigi Berlubang

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Keju adalah salah satu makanan sehat yang lezat, dan tersedia dalam banyak pilihan di berbagai belahan dunia. Banyak sekali hidangan lezat yang menggunakan keju sebagai salah satu bahannya dan kemungkinan besar kamu telah mencoba hidangan yang menggunakan keju.

Tahukah Anda  kalau tanggal 4 Juni adalah Hari Keju (Cheese Day)? Ya, Hari Keju adalah sebuah hari yang diperingati di Amerika Serikat. Sampai saat ini asal usul Hari Keju masih belum ditemui, namun bisa dikatakan kalau Hari Keju adalah hari yang istimewa untuk salah satu makanan tertua di dunia.

Menurut sejarah, diperkirakan bahwa keju pertama kali dibuat sekitar tahun 8000 SM (Sebelum Masehi) setelah adanya domestikasi hewan. Arkeolog telah menemukan bahwa keju tersedia di beberapa tempat dan periode sejarah yang berbeda: Polandia di tahun 5500 SM; Mesir di tahun 2000 SM; dan Cina lebih dari 3000 tahun lalu.

Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa keju awalnya terbuat dengan tidak sengaja saat para gembala sapi menyimpan susu di dalam perut hewan. Enzim di perut hewan membuat susu menjadi kental dan terpisah menjadi dadih dan whey. Hingga saat ini, pembuatan keju telah berkembang dengan sangat pesat, dan sekarang terdapat sekitar 1.400 macam keju di dunia. Berapa macam keju yang sudah kamu coba?

Tahukah Anda bahwa saat ini, terdapat dua macam keju yang dapat kita temukan yaitu keju segar dan keju olahan? Diantara kedua pilihan keju ini, yang paling baik untuk kita pilih adalah keju segar yang sepenuhnya terbuat dari susu sapi segar dan tidak menggunakan pewarna, bahan pengawet atau pun bahan kimia. Keju olahan sering kali hanya menggunakan beberapa persen keju dan ditambah dengan pewarna, perasa dan bahan pengawet yang membuatnya tahan lebih lama. Telitilah kandungan dari keju untuk memastikan apa yang Anda konsumsi benar-benar terbuat dari bahan-bahan segar.

Keju segar, yang terbuat dari 100% susu sapi segar, tidak hanya lezat, tapi juga mengandung manfaat-manfaat susu untuk kesehatan tubuh:

Dapat mencegah osteoporosis: Sebagai makanan yang terbuat dari susu, keju mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang sangat umum dan dapat dicegah dengan meningkatkan konsumsi kalsium dan protein, yang dapat ditemukan di dalam keju.

Baik untuk kesehatan gigi: Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi keju dapat membantu mencegah gigi berlubang. Terdapat kandungan di dalam keju yang melindungi gigi dari asam yang dapat membuat lubang pada gigi. Mengonsumsi keju dapat membantu memperkuat gigi dan mencegah masalah-masalah pada gigi.

 Mengandung vitamin B12 yang tinggi: Vitamin B-12 adalah vitamin terbesar dan paling rumit yang membantu produksi sel darah merah, protein dan DNA serta baik untuk kesehatan mental dan kesehatan syaraf. Vitamin B12 hanya dapat ditemukan pada produk hewani atau suplemen. Mengonsumsi keju dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 karena keju mengandung 10-39& kebutuhan vitamin B12 harian.

Dapat membantu menurunkan tekanan darah: Studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi dalam kalsium, seperti keju dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah hipertensi. Perlu diingat bahwa selain mengonsumsi kalsium, konsumsi sodium juga harus dibatasi.

 Dapat memperkuat sistem imun: Keju yang diperkaya dengan probiotik dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah penyakit seperti immunosenescence, yang menyerang daya tahan tubuh. Terutama di masa-masa seperti saat ini, penting bagi kita untuk bisa tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi keju.

Setelah mengetahui sejarah, manfaat, dan tipe-tipe keju, sekarang waktunya untuk memikirkan bagaimana kamu akan memperingati Hari Keju pada tanggal 4 Juni ini. Hal paling simpel adalah dengan menikmati kelezatan keju

Nikmati keju favoritmu dengan dimakan langsung atau pun sebagai salah satu bahan untuk resep hidangan. Selain menikmati keju favorit, kamu juga bisa mencoba tipe keju yang sebelumnya belum pernah kamu coba. Rasakan perbedaan rasa dari setiap macam keju dan tetap dapatkan manfaat nutrisi yang dikandungnya.

“Greenfields, ahli produk susu dan produk olahan susu juga menyediakan masyarakat Indonesia dengan berbagai produk keju segar yang lezat dan bergizi. Saat ini, tersedia 4 varian keju dari Greenfields: Mozzarella, Ricotta, Camembert, dan Bocconcini. Setiap produk keju dari Greenfields memiliki rasa yang berbeda dan juga kegunaan yang berbeda, namun semuanya mengandung manfaat yang baik untuk tubuh karena terbuat dari susu sapi segar,” Tenne Gunawan staf Austasia Dairy Group, Kamis (6/4/2020)

 

Produk keju Greenfields terbuat dari susu sapi segar yang diperah langsung dari peternakan Greenfields. Susu segar kemudian dikirim ke pabrik Greenfields dan dipasteurisasi untuk membunuh bakteri patogen. Susu yang sudah di pasteurisasi lalu diproses menggunakan teknologi yang canggih, menghasilkan keju yang lezat dan berkualitas.

Keju segar Greenfields tidak menggunakan pewarna maupun perasa tambahan dan bebas dari pengawet, membuat masa penyimpanannya tidak lama dan harus disimpan di dalam kulkas dengan temperature 1-4 derajat Celsius. Jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa saat membeli keju Greenfields.

Di Hari Keju ini, mari kita bersama-sama mengonsumi keju favorit yang lezat dan penuh manfaat. Sebagai konsumen yang bijak, kita harus cermat dalam memilih produk-produk terbaik, termasuk keju. Usahakan untuk mengonsumsi produk keju segar yang terbuat dari 100% susu sapi segar karena keju ini lah yang bermanfaat untuk tubuh kita. Ingat, you are what you eat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kunjungan Mappilu PWI Dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PWI Pusat

Rabu, 23 September 2020 - 20:30 WIB

Aziz Syamsuddin: Pensiunan ASN dan TNI-POLRI Perlu Jeda 5 Tahun Terjun ke Politik

Sekertaris Mappilu PWI mengatakan wacana yang dilontarkan Aziz terkait perlunya jeda lima tahun bagi pensiunan ASN dan TNI-Polri untuk terjun ke politik praktis menjadi wacana yang patut didiskusikan…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…

Ilustrasi obat-obatan (Tribun)

Rabu, 23 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Manfaatkan Balai Besar Kimia Tingkatkan Riset Bahan Baku Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan baku industri farmasi di dalam negeri.

Tanaman talas hasil pertanian lokomotif Pandeglang

Rabu, 23 September 2020 - 17:18 WIB

Talas Beneng, Produk Ekspor Unggulan Kabupaten Pandeglang

Di masa pandemi ini permintaan luar negeri untuk Talas Beneng ternyata tidak menyurut. Selain Belanda, ada lima negara baru yang menampung hasil panen Talas Beneng asal Pandeglang. Pemerintah…

Pertamina (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 17:05 WIB

Pertamina Akan Bangun SPBUN di Pelabuhan Krui Lampung

Sesuai hasil pemantauan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina (Persero) Sales Area Lampung-Bengkulu, keberadaan SPBUN nantinya sangat diperlukan untuk keperluan…