Penyintas Covid-19, Tung Desem Waringin Bagikan 4 Resep Lepas dari Jeratan Virus Corona

Oleh : Ridwan | Selasa, 02 Juni 2020 - 09:15 WIB

Tung Desamwaringin Pakar Marketing (ist)
Tung Desamwaringin Pakar Marketing (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tung Desem Waringin, motivator dan pakar marketing, ini pernah menjadi penyintas COVID-19. Beberapa upaya ia lakukan hingga akhirnya negatif virus Korona setelah beberapa kali pengujian swab.

Tung Desem membagikan 4 resep untuk mengatasi saat didera virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Keempat resep ini dapat dilakukan mereka yang terpapar virus Korona dengan mudah. Keempat resep itu yakni melakukan teknik pernapasan binhof, mengkonsumsi virgin coconut oil, air putih dan bergembira.

Di saat masa kritis, ia bahkan telah berkirim pesan terakhir kepada sang istri. Namun perubahan dilakukan Tung Desem untuk kembali pulih. Ia yakin bahwa Tuhan membuatnya sehat.

Pertama, ia telah melakukan 900 tarikan napas dengan teknik binhof. Ini merupakan teknik dengan menghirup udara dengan hidung atau mulut kemudian mengembuskan dengan mulut.

"Tiga puluh kali, setelah 30 kali, kemudian perut dalam kosong, tahan napas sekuatnya. Pada waktu kita sedot, itu hiperventilasi membuat kita jauh lebih full oksigen, tapi, kalau O2 saja, tapi tenyata O2 tidak bisa menyerap di sel-sel tubuh kita. Jadi, kita butuh CO2 juga," ucap Tung Desem melalui ruang digital, (1/6/2020).

Teknik pernapasan binhof yang dilakukan dengan benar membuatnya lebih tenang, lebih damai dan lebih merasa baik.

"Oksigennya tinggi, CO2-nya jadi rendah. Itu yang menarik, begitu ya. Sampai dokternya, pada waktu mengecek analisis gas darah, ternyata pada waktu dianalisis tes darah, diambil di sini, kok oksigen saya tinggai, CO2 saya rendah. Darah saya juga alkali," tambahnya.

Berikutnya, konsumsi virgin coconut oil. Menurutnya, cairan ekstrak minyak kelapa mematikan virus, bakteri dan membuang racun tubuh.

"Kalau kita belum pernah minum virgin coconut oil, VGO-nya yang apa, sih? Pokoknya yang murni 100%, merek apapun boleh, dan dalam negeri juga bagus luar biasa, terus kemudian, cool press, kalau bisa, jadi bukan yang dipanasin. Syaratnya cuman dua VCO-nya, murni 100% dan cool press, gitu ya, dan pada waktu saya minum dua sendok," ucap Tung Desem.

Ketiga, resep sederhana yaitu minum air putih yang cukup. Meminum air putih membuatnya segar. Menurut Tung Desem, kita dapat mengkonsumsi air sekitar 30 cc per kilogram berat badan kita.

"Jadi kita minum air yang cukup itu sungguh-sungguh menyehatkan," pesannya.

Keempat yaitu gembira. Ia sempat berpikir negatif terhadap COVID-19 yang diderita. Ketika ia bertemu dengan seorang teman, sebuah pesan yang seketika membuatnya positif, yakni bergembira.

Untuk yang satu ini, ia belajar dari Anthony Robbins, seorang pelatih sukses nomor satu di dunia. Ia menirukan temuan Anthony bahwa our emotion is created by our motion.

"Our emotion is created by our motion. Kalau Anda ingin semangat, ubah gerak. Yang kedua, adalah ubah fokus. Nih, kalau Anda fokus kepada hal-hal yang menakutkan, Anda jadi takut," tutupnya.

Tung Desem juga menyampaikan selamat hari lahir Pancasila, 1 Juni. Di hari Pancasila tersebut, ia berharap kita semua, baik yang terkena COVID-19 atau pun dampak resesi untuk tetap bersemangat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…

Ilustrasi obat-obatan (Tribun)

Rabu, 23 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Manfaatkan Balai Besar Kimia Tingkatkan Riset Bahan Baku Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan baku industri farmasi di dalam negeri.

Tanaman talas hasil pertanian lokomotif Pandeglang

Rabu, 23 September 2020 - 17:18 WIB

Talas Beneng, Produk Ekspor Unggulan Kabupaten Pandeglang

Di masa pandemi ini permintaan luar negeri untuk Talas Beneng ternyata tidak menyurut. Selain Belanda, ada lima negara baru yang menampung hasil panen Talas Beneng asal Pandeglang. Pemerintah…

Pertamina (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 17:05 WIB

Pertamina Akan Bangun SPBUN di Pelabuhan Krui Lampung

Sesuai hasil pemantauan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina (Persero) Sales Area Lampung-Bengkulu, keberadaan SPBUN nantinya sangat diperlukan untuk keperluan…

Kilang Plaju

Rabu, 23 September 2020 - 16:55 WIB

Kilang Plaju Milik Pertamina Ini Hasilkan Polypropylene untuk Bahan Baku Plastik Kemasan

Kilang Polypropylene Plaju adalah satu-satunya kilang penghasil biji plastik yang dimiliki Pertamina saat ini. Dibangun pada tahun 1993, RU III menghasilkan biji plastik dengan kualitas yang…