Kabar Gembira, 10 Provinsi Ini Cetak Rekor Nihil Kasus Covid-19

Oleh : Nata Kesuma | Minggu, 31 Mei 2020 - 14:50 WIB

Ilustrasi Pasien Corona (ist)
Ilustrasi Pasien Corona (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto kembali mengumumkan data teranyar kasus Covid-19. Hingga saat ini terdapat 10 provinisi yang tidak ada penambahan kasus.

''Kalau kita lihat lebih detail ada 10 provinsi yang hari ini tidak ditemukan kasus, namun ada juga 5 provinsi yang masih tinggi kasusnya,'' katanya dilansir dari laman Kemkes Minggu (31/5).

10 provinsi tersebut antara lain Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara,Sulawesi Tenggaran, Sulawesi Tengah, Riau, Maluku, Sulawesi Barat.

Sementara 5 provinsi yang penambahan kasusnya masih tinggi adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat.

''Kasus di DKI Jakarta tidak seluruhnya dari wilayah administrasi Jakarta, tapi juga ada dari pegawai migran yang positif Covid-19. Kemudian penambahan kasus di Jawa Barat meskipun angka tinggi tapi jika dibandingkan dengan hari kemarin cenderung turun,'' ujarnya.

Secara nasional, sebanyak 11.361 spesimen telah diperiksa per hari ini sehingga total 311.006 spesimen telah diperiksa. Hasilnya untuk konfirmasi positif Covid-19 bertambah 557 total 25.773, pasien sembuh bertambah 523 total 7.015, dan pasien meninggal bertambah 53 total 1.573. sementara itu jumlah ODP hingga hari ini tercatat 47.714, PDP 12.832.

Adanya penambahan kasus positif, kata dr. Achmad, menandakan masih terjadi penularan virus Covid-19 dan masih ada sebagian orang rentan tertular.

''Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan olah raga bisa melindungi kita. Dibutuhkan perubahan perilaku kita, saat ini tidak bisa lagi menganggap cuci tangan itu tidak penting, jaga jarak tidak penting. Kita harus berubah membiasakan semua itu,'' katanya.

Di era New Normal diharapkan masyarakat sudah terbiasa dengan upaya pencegahan penularan Covid-19 dalam beraktivitas. Termasuk dalam hal ini dalam pelayanan Kesehatan dengan memanfaatkan telekomunikasi.

''Kita sudah mulai banyak yang terbiasa untuk menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan konsultasi medis tanpa datang ke rumah sakit melalui telemedicine,'' ucap dr. Achmad.

Menurutnya, telemedicine ini akan menjadi budaya baru bagi masyarakat dalam melakukan konsultasi Kesehatan.

''Inilah yang akan kita manfaatkan mulai saat ini dan seterusnya,'' pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukungan Menuju Indonesia Cashless Society di Era New Normal

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:15 WIB

Shopee: Pembayaran Digital Meningkat di Era New Normal

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, melihat adanya peningkatan masyarakat Indonesia memilih opsi pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara online.

Coronavirus (ist)

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:10 WIB

Jubir COVID-19 Yurianto: Droplet Bertahan Lama Dalam Ruangan, Cegah dengan Masker bukan Face Shield

Marak pemberitaan mengenai penularan COVID-19 melalui udara beredar ditengah masyarakat membuat juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto angkat bicara.  Menurutnya bahwa merujuk rilis…

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:00 WIB

Home Industri Modifikasi Otomotif Berkembang Signifikan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong berkembangnya home industri motor dan mobil custom (modifikasi otomotif) sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif. Terlebih orang nomor satu di…

Ilustrasi kredit perbankan

Selasa, 14 Juli 2020 - 09:55 WIB

Kabar Gembira! OJK Bakal Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Berdasarkan hasil diskusi dengan kalangan perbankan, diputuskan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperpanjang restrukturisasi kredit.

Belanja di Blibli Bayar Pakai OVO

Selasa, 14 Juli 2020 - 09:30 WIB

Blibli Gandeng OVO Perluas Layanan Transaksi

Blibli berkolaborasi dengan platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terdepan di Indonesia, OVO, untuk meningkatkan kemudahan bagi pelanggan melakukan transaksi belanja di…