HIPMI Beri Kunci Sukses di Usia Muda

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:10 WIB

Ngobrol Santai Secara Online Forum HIPMI & Tokoh
Ngobrol Santai Secara Online Forum HIPMI & Tokoh

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Banyak anak muda yang kerap sekali sulit menjajal menjadi pengusaha karena beberapa faktor. Mulai dari tidak memiliki pengalaman, galau, hingga sulit mengambil keputusan. Dalam acara ngobrol santai secara online melalui virtual zoom "Forum HIPMI & Tokoh", turut hadir Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang mengisi acara.

Selain itu hadir pula dalam forum ini yaitu para anak muda yang menjadi pemimpin lainnya seperti Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, dan Bupati Kabupaten Paser Penajam Utara Abdul Gafur Mas'ud.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming yang mengisi acara, memaparkan tentang pengalamannya dalam mencapai mimpinya dan kunci sukses sebagai pengusaha.

“pada saat saya mencalonkan sebagai Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan ketika diusia muda, saya dianggap sebagai anak bau kencur dan anak baru mau tahu tentang politik yang ingin langsung menjadi seorang bupati. Saat mencalonkan diri, pesaing-pesaing saya adalah senior-senior,” ujar Maming. Jumat (29/5/2020).

"Tapi semakin saya ditekan karena jiwa anak mudanya, semakin kita mau membuktikan pertaruhan pilkada. Alhamdulillah saya buktikan menjadi pemenang dan periode kedua saya maju lagi dan terpilih kembali jadi bupati. Pembuktian anak muda itu yang penting 'Jemput Mimpimu di Masa Muda'," tambah Maming.

Dari tantangan tersebut, CEO dari Holding Company bernama PT Maming 69 dan PT Batulicin 69 itu mengatakan bahwa anak muda bisa lebih hebat dengan pembuktian dirinya yang bisa menjadi bupati selama dua periode dan bahkan bisa menjadi Ketua Umum Apkasi. Pembuktian-pembuktian tersebut sudah disampaikan kepada anak muda.

"Saya ini lahir bukan dari piring emas, bapak saya hanya kepala desa dan saya sekarang bisa menjadi kepala daerah, bisa menjadi pengusaha nasional dan bisa menjadi Ketua Umum HIPMI berarti menurut saya anak-anak yang lain sama seperti saya. Kalau saya juga mempunyai kesempatan seperti itu, menurut saya kawan-kawanpun semuanya mempunyai kesempatan, tinggal kapan kita menjemput mimpi di masa muda, itulah yang harus menjadi semangat kita. Kalau sudah tua, kita susah untuk membuat program," ucapnya.

Menurutnya, di waktu masa muda merupakan sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang. Kesempatan anak muda harus diambil, karena anak muda sekarang di Indonesia masih sangat minim pengusahanya hanya 3 persen bahkan di negara-negara tetangga sudah mencapai angka 5 hingga 7 persen.

"Tingkat entrepreneur kita tidak naik karena tidak ada ruang dari pemerintah untuk anak muda. Bagi saya kalau kita tidak membuat regulasi untuk anak muda, era bencana bonus demografi yang kita hadapi. Pemerintah mempersiapkan anak muda menjadi bagian dari BUMN, paling tidak ada 10 persen anak muda duduk di jabatan penting seperti komisaris karena supaya ada masa transisi dari anak muda dan seniornya memberikan atau menurunkan ilmunya. Ilmu yang sudah dipersiapkan tersebut untuk menduduki jabatan penting di waktu muda, sehingga anak muda sudah siap ke depannya, tidak kaleng-kaleng," ungkap Mantan Bupati Tanah Bumbu itu.

Maming yang pernah menjadi bupati termuda di usia 28 tahun itu menambahkan, ada 4 unsur yang harus diambil oleh pemuda dalam berbangsa dan bernegara yaitu harus sukses bisnis, politik, pendidikan, serta sukses di dunia dan akhirat.

"Sukses dalam berpolitik kalau kita menjadi kepala daerah atau bupati, itu batasan sukses di kabupaten, kalau di provinsi menjadi gubernur. Kita layak menjadi kepala daerah yang bermanfaat bagi masyarakat. Sedangkan sukses di bisnis di waktu muda, bagi saya modal yang tidak ada yang bisa dibeli dengan umur. Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita berjuang, saya hanya anak kepala desa bisa jadi pengusaha nasional. Kita harus berkaca dari yang sukses melihat perjuangannya," tuturnya.

Di waktu yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengakui, dirinya menginspirasi sosok Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming yang sangat rendah hati. Dia bersyukur, sebelum menjadi bupati atau anggota dewan, kata Emil, Indonesia saat ini memberikan kesempatan kepada anak muda. Emil dan Mardani H Maming bersama-sama membuktikan bahwa anak muda bisa menjadi kepala daerah.

"Yang pertama kali nekat jadi bupati ya, Mardani. Saya terheran-heran. Maka, jangan melihat Mardani sekarang ini, tapi lihatlah semangat dan perjuangannya yang luar biasa dan itu menjadi inspirasi saya," ujar Emil.

Saat Emil menjadi Bupati Trenggalek Jawa Timur, dia mengaku, perjalanan politiknya banyak dukungan dan juga banyak terpengaruh dari seorang Mardani. Perjalanan ini yang menjadi kesempatan bagi anak muda untuk menjadi kepada daerah di usia muda.

"Saat ini anak muda bukan menuntut peran tapi mengisi peran apa yang dimiliki. Perdana menteri di beberapa negara Eropa di bawah usia 40 tahun yang terbilang masih muda bisa sukses. Anak muda harus nekat karena disitu tantangannya, sehingga kita bisa kerja lintas generasi jika anak muda berkolaborasi dengan usia yang tua. Bisa kok yang muda memimpin yang tua yang penting ada rasa tanggung jawab," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…