Survei MarkPlus: Pembeli Properti Prioritaskan Hunian Dengan Protokol Kesehatan

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 29 Mei 2020 - 17:37 WIB

Ilustrasi Properti
Ilustrasi Properti

INDUSTRY.co.id, Jakarta-MarkPlus, Inc. dan Jakarta Chief Marketing Officer (CMO) kembali menghadirkan Industry Roundtable edisi ke-sebelas yang membahas sektor properti pada Jumat (29/5) 2020 yang sukses dihadiri lebih dari 700 partisipan yang bergabung melalui aplikasi Zoom.

MarkPlus Industry Roundtable sektor properti diawali dengan sebuah survei cepat mengenai daya beli masyarakat terhadap hunian di tengah pandemi Covid-19. Survei yang diikuti oleh 100 responden di seluruh Indonesia dalam satu minggu terakhir dengan persentase 89% berasal dari Jabodetabek yang sudah memiliki hunian sendiri ini menunjukan bahwa daya beli masyarakat terhadap hunian menurun.

Senior Associate MarkPlus, Inc. Irfan Setiawan memaparkan, di masa pandemi ini mayoritas masyarakat menahan diri untuk membeli hunian baru dan masih berfokus pada menjaga stabilitas keuangan. Penundaan pembelian ini diprediksi akan terjadi hingga 2021 meskipun ada sebagian masyarakat yang justru memanfaatkan momentum ini untuk berinvestasi dengan membeli properti baru.

“Sepuluh persen dari responden menyatakan telah membeli hunian pada masa pandemi. Mereka memutuskan membeli untuk investasi jangka panjang pasca pandemi covid yang mayoritas melakukan transaksi online,” papar Irfan dalam MarkPlus Industry Roundtable Property Perspective.

Di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dominasi interaksi melalui platform digital menjadi pilihan masyarakat dibandingkan interaksi secara offline meskipun mayoritas masih bersifat komunikasi satu arah. Namun, 35% partisipan merasakan bahwa teknologi digital memberikan pengalaman baru bagi mereka dalam mencari informasi terkait hunian.

Masyarakat juga berharap faktor terkait kesehatan menjadi pertimbangan untuk ditambahkan sebagai benefit yang akan diterima ketika membeli hunian. Bahkan beberapa mempertimbangkan properti di masa depan yang sebelumnya tidak berada dalam zona merah Covid-19.

“Health protocol, fasilitas sanitasi lingkungan perumahan, dan juga lokasi yang dekat dengan fasilitas kesehatan itu juga sering muncul dari jawaban responden,” jelas Irfan.

Kedepannya interaksi online akan menjadi sangat diminati oleh masyarakat seperti menetapkan janji temu, virtual house tour dan konsultasi, karena selama kondisi new normal ini masyarakat sudah mulai terbiasa melakukan komunikasi secara online. Selain itu, pengusaha properti perlu untuk mengedukasi dan memfasilitasi interaksi digital terutama fasilitas konsultasi dan teknologi virtual reality.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…