Diaspora Indonesia Ikut Bergotong Royong & Berdonasi Melawan Dampak Cofid 19

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 19 Mei 2020 - 12:29 WIB

Diaspora Indonesia Ikut Bergotong Royong & Berdonasi Melawan Dampak Cofid 19
Diaspora Indonesia Ikut Bergotong Royong & Berdonasi Melawan Dampak Cofid 19

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Jokowi  mengingatkan pentingnya gotong royong, partisipasi, saling membantu di antara masyarakat untuk memerangi virus corona. Himbauan itu dengan serta merta disambut masyarakat luas. Bukan hanya  mereka yang tinggal di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. 

Seperti yang dilakukan kakak beradik, Sylvia Ratna Yudowati Jenkins yang berada di Inggris) dan Dety Rinavani Ziminski (Singapura). Keduanya  mengirimkan donasi kepada Oom mereka,  pengamat musik, Bens Leo, di Jakarta untuk dijadikan paket sembako.

“Ini donasi kami yang ketiga, bantuan kami tidak banyak. Tapi minimal bisa meringankan beban saudara saudara  kita di Jabodetabek dengan berbagi kebutuhan pokok, terlebih di tengah persiapan menyambut hari raya Lebaran,”  ujar Slyvia via WA Chat.

Lebih lanjut Slylvia mengatakan, “Donasi tersebut bukti cinta kami yang jauh dari Indonesia  kepada saudara saudara  kami di tanah air, saya berjanji akan terus turut berjuang bagi Indonesia,” ungkap Sylvia yang menyebut  donasi ini juga dibantu oleh temannya  dari Berlin, Dubai dan Jakarta, antara lain Masni Eritrina dari Mutigo Indonesia.

Sylvia juga merekomendasikan temannya  yang lain, Djelantik Atiek,  R. Hartami & Darmono pendiri PT Griya Boga Mandiri,  yang bergerak di bisnis kopi sejak 2018,  untuk bergabung menyertakan produknya  dalam paket kemasan sembako yang dibagikan. Mereka dibantu oleh pengusaha café, Kunanti Kopi (Bintaro ) dan Kopi Oemah Padi (BSD).

Bens Leo yang ditugasi para ponakan untuk mengatur pembelian paket sembako sekaligus pendistribusiannya, kemudian tergerak  melobi beberapa pihak lain.

Pertama,  Marsekal ( Pur ) Chappy Hakim (KSAU 2002 -2005), penulis buku terproduktif  tentang kedirgantaraan,  yang kini sedang menyiapkan buku baru  tentang Band The Playset, band milik Marsekal  di mana ia mengambil peran sebagai saxophonis dan gitaris, usai purna tugas sebagai KSAU). Kedua  notaris muda  Meggy Tribuana, S.H., M.Kn, dan ketiga Neisya dari Gerakan Memakai Masker (Gemas).

Bens Leo   mengatakan anjuran pemerintah untuk  tetap menggunakan masker di luar rumah ternyata masih belum sepenuhinya dipatuhi masyarakat. “Kita harus terus menerus mengigatkan  masyarakat. Karena ini salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, selain tetap rutin mencuci tangan dan  upayakan tetap menjaga jarak,” kata Bens Leo, Senin, (18/5/2020).

Sementara itu Nesya dari Gemas, mengatakan petugas pengangkut sampah,  para _driver_ ojol,   tukang sayur, Petugas TPU,  supir angkot, tukang becak, merupakan orang-orang yang rentan terjangkit Covid-19, karena setiap hari  mereka berinteraksi dalam jarak dekat dengan banyak orang.

“Penggunaan Masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali bisa didapat  gratis dengan mengirimkan pesan lewat whatsapp di nomor 0813-1920-0030 dan ikuti instruksi yang diberikan  termasuk Follow IG @gemas.official.

“Dengan bergotong royong membantu kesulitan masyarakat seperti yang dianjurkan Pak Jowowi,  dengan bersatu dan berdisiplin menggunakan masker, Indonesia pasti bisa melalui cobaan besar ini,”  kata Bens yang bersama rekan rekan dari xposeindonesia.com menyerahkan santunan   tahap ke 3 ini secara langsung  kepada  masyarakat, termasuk  kepada  jurnalis.

“Sudah  puluhan paket  donasi yang masuk  ke dapur jurnalis seni budaya Indonesia, tempat Bens dan kawan kawan mengabdi,” tutup Bens Leo . (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…