Aksi Donasi Sejumlah Selebritis kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 Mei 2020 - 12:00 WIB

Connie Nurlita (Foto Ist)
Connie Nurlita (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Aksi Sosial baik berupa donasi sembako, masker, APD hingga donasi uang mulai dilakukan kalangan selebritis Indnesia. Selebritis yang selama ini dilihat hidup penuh gemerlap lampu kini  secara perorangan dan kelompok melakukanbakti sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19

Belum lama ini aktris Connie Nurlita di sela-sela kesibukan sebagai aktivis gereja,  juga terpanggil untuk donasi sejumlah nasi bungkus kepada pengemudi ojek online Jakarta. “Saatnya kita berbagi dengan sesame manusia. Inikan juga sesuai dengan ajaran agama yang kita ikuti, agar selalu mengasihi sesama manusia. Tak perlu latar belakang agama maupun status sosial. Yang penting mereka membutuhkan bantuan. Kali ini dari kalangan pengemudi ojek onlie.”

Pengemudi ojek onlie yang menerima donasi dari Connie mengucapkan terima kasih dan pengemudi ojol tak lupa foto bersama aktris pujaannya.

Sementara itu Penyanyi senior Nia Daniati, Minggu (10/5/2020) ikut berpeluh membagikan bantuan kepada warga terdampak Cofid 19 dalam rangka ikut mendukung gerakan 'Peduli Jurnalis'

Seperti sebelumnya, tak hanya jurnalis terdampak wabah Corona (Covid-19) saja yang jadi sasaran, masyarakat umum yang terimbas pun terus disasar untuk dibantu.

Sabtu (9/5), 300 nasi kotak disebar di empat titik seputaran Jakarta Selatan dan Timur. Di Jakarta Selatan, wilayah Ragunan, Pejaten, Pasar Minggu dan Warung Buncit disasar gerakan ini. Sedangkan di Jakarta Timur, perbatasan Ciracas dan Cibubur jadi target.

Dan minggu kemarin, pembagian nasi kotak oleh gerakan 'Peduli Jurnalis' yang berkolaborasi dengan Satas Transportindo International, Rani Anggraini Safitri dan Ratna Djoko Suyanto ini dihadiri pula oleh penyanyi senior, Nia Daniati.

Pelantun 'Gelas-Gelas Kaca' ini ikut membagikan nasi kotak ke sejumlah warga yang lewat di depan Posko 'Peduli Jurnalis'.

Nia tampak semangat dan cekatan membagikan satu persatu makanan kepada warga terdampak pandemi Covid-19, mulai supir angkot, pengemudi ojol, pedagang asongan dan pemulung.

"Saya sangat senang bersama teman-teman jurnalis saling bahu-membahu dan tolong-menolong buat mereka yang membutuhkan saat ini,” ucap Nia di sela-sela pembagian nasi kotak.

Penggalangan dana juga dilakukan oleh YouTuber Atta Halilintar. Dirinya mengajak masyarakat untuk berdonasi di KitaBisa.com.

Nantinya, uang yang terkumpul dari penggalangan dana tersebut akan digunakan untuk membantu tenaga medis yang menangani kasus corona. Tak hanya itu, dana terkumpul juga akan dibelikan sembako serta kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat kecil.

"Petugas kesehatan yang merawat pasien dalam pengawasan dan positif corona, Masyarakat kecil yang enggak bisa kerja di rumah, kayak pedagang keliling misalnya," jelas Atta pada unggahan di instagramnya.

Tidak hanya menggalang dana saja, melalui unggahan terbaru, Atta juga akan mendedikasikan penghasilan dari YouTube. Sumbangan Atta dari penghasilannya tersebut akan digunakan untuk membantu para pejuang nafkah yang melawan virus corona ini.

Sementara itu Raffi Ahmad dan istrinya Nagita Slavina juga melakukan penggalangan dana melalui KitaBisa.com. Raffi yang semula peduli dengan tenaga medis, pengemudi ojek online, pedagang dan pegawai rumah sakit yang tengah bekerja saat merebaknya virus corona ini.

Hal tersebeut menjadi perhatian Raffi untuk memberikan bantuan karena kalau mereka tidak bekerja, mereka tidak bisa membiayai hidupnya.

"Kita bisa ikut ngelawan virus ini dengan cara donasi buat beliin pakaian pelindung yang aman buat petugas kesehatan dan ngasih kebutuhan pokok buat masyarakat kecil kayak abang ojol. Jadi petugas kesehatannya gak tertular, abang ojolnya bisa istirahat di rumah. Yuk, donasi buat lawan corona" Jelasnya di unggahan instagramnya.

Sampai hari Jumat (20/3), penggalangan dana yang dimulai oleh Raffi tersebut sudah mencapai Rp 200 juta lebih.

Konser Amal Satu Indonesia, Minggu malam kemarin berhasil menghimpun donasi dari pemirsa sebesar  Rp 2.804.786.624 dalam durasi 4 jam acara berlangsung. Sekedar informasi, sejak Maret 2020, Emtek melalui SCTV dan Indosiar sebenarnya telah berhasil mengumpulkan donasi masyarakat mencapai Rp 12.515.173.734 melalui kegiatan Emtek Peduli Corona. Dan, itu juga didapatkan dari pengguna Bukalapak dan pembaca Liputan6.com di kegiatan dengan bendera yang sama.

Yang mengharukan juga adalah bahwa perolehan dari pihak sponsor Konser Amal Satu Indonesia sebesar Rp 6.350.000.000, semuanya dipersembahkan EMTEK Group untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19. “Seluruh hasil donasi dari pemirsa, pihak sponsor, dan seluruh keuntungan yang terkumpul dari konser amal ini diserahkan kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih untuk penanggulangan pandemi COVID-19”, terang Sutanto Hartono, Managing Director EMTEK Group, Minggu malam di atas panggun.

Diharapkan sejumlah selebritis lain terus berdonasi untuk masyarakat membutuhkan terdampak Covid-19.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.