Waduh, Akibat Corona Kapasitas Produksi Industri Keramik Drop Sepanjang Sejarah

Oleh : Ridwan | Jumat, 01 Mei 2020 - 15:40 WIB

Pekerja di pabrik keramik (Ist)
Pekerja di pabrik keramik (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Merebaknya virus corona baru atau Covid-19 terus menggerus produktivitas industri manufaktur di Indonesia, tak terkecuali industri keramik.

Berdasarkan data yang dihimpun Asosiasi Aneka Industi Keramik Indonesia (Asaki) utilisasi kapasitas produksi industri keramik nasional turun sangat tajam di bawah 40%.

"Utilisasi kapasitas produksi keramik nasional turun tajam dibawah 40% akibat Covid-19. Angka ini adalah yang terendah sepanjang sejarah," jelas Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Tak hanya kapasitas produksi yang menurun tajam di masa Pandemi Covid-19. Edy mengungkapkan bahwa lebih dari 10.000 karyawan dengan sangat terpaksa harus dirumahkan sejak awal April 2020.

"Diperkirakan bisa lebih dari 15.000 karyawan yang akan dirumahkan sampai dengan bulam Mei," katanya.

Ia berharap pemerintah dapat menyelesaikan permasalahan ini segera mungkin, agar industri keramik dalam negeri tidak semakin di ujung tanduk.

"Kita sangat berharap pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi dan berakhir, agar semua pengusaha bisa bersemangat kembali meningkatkan kapasitas produksinya," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani dalam Forum G20 (ist)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 00:05 WIB

Di Paris Forum dan G20 Arab Saudi, Menkeu Sri Mulyani Jelaskan Cara Stabilkan Ekonomi dari Hantaman COVID-19

Sri Mulyani menceritakan langkah luar biasa yang telah diambil Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dalam menghadapi krisis ini dengan memperbolehkan pemerintah untuk memiliki defisit…

Enny Sri Hartati, Pengamat Ekonomi di diskusi Forum Monitor (Doc: Monitor)

Jumat, 10 Juli 2020 - 23:33 WIB

UMKM Enggak Pernah Naik Kelas, Terlalu!

Pandemi virus covid-19 yang berlangsung hampir tiga bulan nyaris membuat perekonomian nasional lumpuh. Bahkan, pelaku sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didominasi masyarakat…

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.