Mantap, Baitul Wakaf Distribusikan Paket Hasil Pertanian ke Wong Cilik

Oleh : Wiyanto | Jumat, 01 Mei 2020 - 13:55 WIB

Baitul Wakaf komitmen bantu masyarakat kecil
Baitul Wakaf komitmen bantu masyarakat kecil

INDUSTRY.co.id - Jakarta---Pandemi COVID 19 telah membawa dampak terhadap ekonomi, kalangan menengah ke bawah yang paling merasakan dampaknya, mulai dari pedagang kecil, UKM hingga ojek online. Meski berada di pedesaan, para petani merasakan dampaknya, menurunnya permintaan hingga hasil panen yang tidak terserap.

Baitul Wakaf sebagai nazhir wakaf produktif dari Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang dibentuk ormas Hidayatullah memiliki kepedulian terhadap nasib para petani di tengah pandemi.

“Pandemi ini telah berdampak secara sistematis secara ekonomi. Penerapan Social Distancing dan PSBB juga membuat sejumlah hotel, pusat perbelanjaan dan pasar ditutup. Kondisi ini membuat permintaan turun drastis,” ujar Zainal Abidin, selaku Direktur Program Wakaf dalam keterangan tertulis, Jumat (1/5/2020).

Menurut Zainal, kondisi petani di pedesaan saat ini makin terhimpit, disaat panen berharap mendapatkan hasil penjualan guna untuk memenuhi kebutuhan keluarga terutama saat bulan Ramadhan dan bisa kembali menanam, namun saat ini tidak bisa berharap banyak.

Kondisi inilah, jelas Zainal, membuat Baitul Wakaf bekerjasama dengan Komunitas Pemberdayaan Desa Emas membuat program Paket Hasil Tani.

“Hasil panen dalam bentuk sayuran para petani dan peternak terdampak covid di pedesaan dibeli dari donasi masyarakat kepada petani dengan harga layak, dikemas dalam bentuk paket dan disalurkan kepada yang terdampak lainnya sebagai kepedulian terhadap pemenuhan imunitas,” ujar Zainal.

Menurut Zainal, Paket Hasil Tani sebagai ikhtiar membuat petani tetap kembali ke ladang dan menjalankan Ramadhan Produktif meski di tengah pandemi COVID 19 yang melanda negeri. Karena sayuran dan buah akan tetap dibutuhkan sebagai komoditi pokok.

Pada bulan Ramadhan ini Baitul Wakaf menargetkan bisa membeli 1000 paket dari petani dan peternak yang terdampak di daerah Cipanas dan Sukabumi dan disalurkan kepada yang membutuhkan. Paket Hasil Tani terdiri dari 10 item sayuran dengan tambahan telur ayam dan telur puyuh.

“Semoga para petani maupun korban yang menjadi penerima manfaat Paket Hasil Tani pada Ramadhan tahun ini bisa tenang dalam beribadah sebagaimana kita yang stay at home juga bisa tenang beribadah di rumah. Saatnya jalankan Ramadhan Produktif dengan membantu sesama,” ujar Zainal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar ketika menyaksikan secara virtual simbolis penandatanganan Akad Massal 1.500 Nasabah BSI KPR Sejahtera dengan total nominal Rp195 miliar

Selasa, 13 April 2021 - 13:43 WIB

BSI Gelar Akad Massal 1500 Nasabah KPR Sejahtera

Bank Syariah Indonesia melaksanakan akad massal 1500 nasabah Program BSI KPR Sejahtera di 17 Provinsi serentak secara online. Program BSI KPR Sejahtera merupakan bentuk partisipasi dalam mendukung…

Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselir Jerman Angela Merkel saat membukan Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:21 WIB

Menperin: Bapak Presiden Optimis Industri 4.0 Jadikan Indonesia Top 10 Ekonomi Global di 2030

Pemerintah optimistis penerapan industri 4.0 dapat mewujudkan visi besar untuk menjadikan Indonesia bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Aspirasi…

Presiden Jokowi di Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:17 WIB

Jokowi Bicara Pentingnya SDM Industri 4.0 di Hannover Messe 2021

Saat pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, Presiden Joko Wododo (Jokowi) menegaskan tiga hal utama dalam mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0.  Pertama, penguatan SDM…

Hotel Boutique Sala Bangkok

Selasa, 13 April 2021 - 12:00 WIB

Tim Eksekutif Dukung Pembukaan Hotel Sala Boutique Bangkok

Boutique Sala Bangkok, hotel dan resor bergaya dan bersahabat dari SALA Hospitality Group, telah memperkenalkan jajaran profesional perhotelan yang sangat terampil untuk memimpin sala bang pa-in,…

Pertamedika IHC Bersama Google Cloud

Selasa, 13 April 2021 - 11:42 WIB

Wow! Pertamedika IHC Bersama Google Cloud Luncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi di 73 Rumah Sakit BUMN

Sistem OSS yang dihosting di Google Cloud merupakan pilar utama dari transformasi digital Pertamedika IHC dan menjadikan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia ini sebagai ujung tombak inovasi…