Mantap, Baitul Wakaf Distribusikan Paket Hasil Pertanian ke Wong Cilik

Oleh : Wiyanto | Jumat, 01 Mei 2020 - 13:55 WIB

Baitul Wakaf komitmen bantu masyarakat kecil
Baitul Wakaf komitmen bantu masyarakat kecil

INDUSTRY.co.id - Jakarta---Pandemi COVID 19 telah membawa dampak terhadap ekonomi, kalangan menengah ke bawah yang paling merasakan dampaknya, mulai dari pedagang kecil, UKM hingga ojek online. Meski berada di pedesaan, para petani merasakan dampaknya, menurunnya permintaan hingga hasil panen yang tidak terserap.

Baitul Wakaf sebagai nazhir wakaf produktif dari Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang dibentuk ormas Hidayatullah memiliki kepedulian terhadap nasib para petani di tengah pandemi.

“Pandemi ini telah berdampak secara sistematis secara ekonomi. Penerapan Social Distancing dan PSBB juga membuat sejumlah hotel, pusat perbelanjaan dan pasar ditutup. Kondisi ini membuat permintaan turun drastis,” ujar Zainal Abidin, selaku Direktur Program Wakaf dalam keterangan tertulis, Jumat (1/5/2020).

Menurut Zainal, kondisi petani di pedesaan saat ini makin terhimpit, disaat panen berharap mendapatkan hasil penjualan guna untuk memenuhi kebutuhan keluarga terutama saat bulan Ramadhan dan bisa kembali menanam, namun saat ini tidak bisa berharap banyak.

Kondisi inilah, jelas Zainal, membuat Baitul Wakaf bekerjasama dengan Komunitas Pemberdayaan Desa Emas membuat program Paket Hasil Tani.

“Hasil panen dalam bentuk sayuran para petani dan peternak terdampak covid di pedesaan dibeli dari donasi masyarakat kepada petani dengan harga layak, dikemas dalam bentuk paket dan disalurkan kepada yang terdampak lainnya sebagai kepedulian terhadap pemenuhan imunitas,” ujar Zainal.

Menurut Zainal, Paket Hasil Tani sebagai ikhtiar membuat petani tetap kembali ke ladang dan menjalankan Ramadhan Produktif meski di tengah pandemi COVID 19 yang melanda negeri. Karena sayuran dan buah akan tetap dibutuhkan sebagai komoditi pokok.

Pada bulan Ramadhan ini Baitul Wakaf menargetkan bisa membeli 1000 paket dari petani dan peternak yang terdampak di daerah Cipanas dan Sukabumi dan disalurkan kepada yang membutuhkan. Paket Hasil Tani terdiri dari 10 item sayuran dengan tambahan telur ayam dan telur puyuh.

“Semoga para petani maupun korban yang menjadi penerima manfaat Paket Hasil Tani pada Ramadhan tahun ini bisa tenang dalam beribadah sebagaimana kita yang stay at home juga bisa tenang beribadah di rumah. Saatnya jalankan Ramadhan Produktif dengan membantu sesama,” ujar Zainal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLTS Ilustrasi (ist)

Jumat, 25 September 2020 - 13:20 WIB

Pemerintah Buka Peluang Libatkan Milenial untuk Kembangkan EBT

Partisipasi ini diharapkan dapat membantu misi pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca, bauran EBT hingga peningkatan rasio elektrifikasi.

Kerja Sama PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) - (Photo by BUMN)

Jumat, 25 September 2020 - 13:15 WIB

Siapkan SDM Profesional dan Kompeten, KAI Berkolaborasi dengan BPSDMP

Sugihardjo mengatakan kerja sama ini dilakukan sebagai salah satu bentuk link and match dalam penyelenggaraan diklat di BPSDMP.

Ilustrasi hukum (ist)

Jumat, 25 September 2020 - 13:10 WIB

Bertahun-Tahun Terkatung, Pemilik Apartemen Essence Darmawangsa Tolak Proposal Perdamaian

Pemilik apartemen Essence Darmawangsa mengajukan penolakan terhadap proposal perdamaian yang telah diberikan oleh pihak PT. Prakarsa Semesta Alam (PSA).

Minum Susu (Foto Dok Merdeka)

Jumat, 25 September 2020 - 13:00 WIB

Rasa Lebih Creamy dan Kandungan Zat Padat Rasakan di Greenfields Fresh Jersey Milk

Greenfields Fresh Jersey Milk terbuat dari 100% susu segar yang dihasilkan oleh Sapi Jersey yang diperah dan diproduksi di peternakan dan pabrik terintegrasi Greenfields yang terletak di Jawa…

Listrik Ilustrasi

Jumat, 25 September 2020 - 12:55 WIB

PLN Resmikan 5 Gardu Induk Berkapasitas 300 MVA di Provinsi Lampung

PT. PLN (Persero) meresmikan lima Gardu Induk dengan total kapasitas 300 MVA yang tersebar di Provinsi Lampung yaitu GI Jati Agung, GI Ketapang, GI Langkapura, GI Dipasena, dan GI Mesuji. Beroperasinya…