Ekspansi Smelter Pomala, Antam Butuh Dana Rp3,5 Triliun

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 April 2017 - 13:55 WIB

Gedung Antam
Gedung Antam

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Untuk ekspansi smelter di Pomala, Sulawesi Tenggara, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) membutuhkan dana sekitar Rp3,5 triliun.

Direktur Utama Antam, Tedy Badrujaman mengatakan kapasitas smelter nikel yang sedang dibangun mencapai 13.500 ton per tahun dan uang hasil ekspor bisa dipakai untuk menambah kapasitas hingga dua kali lipat.

"Potensi penjualan bijih nikel ke luar negeri, bisa mencapai 15 juta ton per tahun dan kami butuh dana sekitar Rp3,5 triliun," kata Tedy di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Tedy menilai, ada 5 juta ton bijih nikel milik Antam yang teronggok karena tidak bisa dijual. Bijih nikel ini berkadar rendah, atau hanya 1,3% hingga 1,5%.

"Kebijakan pembatasan ekspor, tidak mendukung prinsip pertambangan yang baik. Antam menjamin pembukaan ekspor tidak akan menghalangi komitmen suplai mineral untuk pasar domestik," ujar Tedy.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 6/2017 menetapkan ekspor mineral hanya untuk pengusaha yang berkomitmen membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) di dalam negeri.

Kementerian ESDM akan mencabut surat rekomendasi ekspor jika realisasi pembangunan smelter tidak mencapai 90% dari target yang diusulkan perusahaan.(Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:16 WIB

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Untuk pertama kalinya B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia. Penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat…

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…