Tak Tega Melihat Para Tenaga Kesehatan Pakai APD Jas Hujan, Pengusaha Ini Galang Donasi Rp1 Miliar

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 08 April 2020 - 17:23 WIB

Minim APD, Tenaga Kesehatan pakai jas hujan tangani pasien corona
Minim APD, Tenaga Kesehatan pakai jas hujan tangani pasien corona

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Banyaknya tenaga kesehatan (nakes) yang tumbang akibat minimnya Alat Pelindung Diri (APD) saat menangani pandemi Covid-19 membuat sejumlah pemilik brand lokal bergerak menggalang dana “Dari Kita untuk Nakes”, dengan pemanfaatan media sosial. 

Donasi yang telah terkumpul sebanyak lebih dari Rp 1 miliar dari 24 Maret 2020 ini disalurkan dalam bentuk paket APD (Alat Pelindung Diri) ke berbagai puskesmas dan rumah sakit di Indonesia.

Gerakan “Dari Kita untuk Nakes” awalnya diinisiasi oleh Christian Kustedi, seorang pengusaha lokal Jakarta. 

Ia mendapat kiriman foto dan video kondisi minim APD dari sejumlah kolega dokter. Para Nakes mengenakan pelindung seadanya, dengan memakai jas hujan menutupi seluruh tubuhnya. 

Christian mengunggah kiriman tersebut ke akun Instagram pribadinya dan beberapa pengusaha lainnya ingin turut berdonasi. 

Serta berkontribusi lebih untuk para nakes,akhirnya, terbentuklah “Dari Kita untuk Nakes” dengan beberapa pengusaha lokal terlibat di dalamnya.

“Kami tersentuh tak tega melihat para pejuang nakes memakai APD seadanya, kami ingin membantu mereka berhadapan langsung dengan virus Corona, dengan penggunaan APD sesuai standar kesehatan. Kami menerima donasi dalam bentuk dana dan produk APD. Bila dalam bentuk dana, maka akan dibelanjakan untuk keperluan APD nakes. Seluruh APD langsung disalurkan ke nakes / puskesmas / rumah sakit yang membutuhkan dan telah terverifikasi oleh kami. Proses verifikasi dan transparansi laporan donasi diperlukan agar tidak disalahgunakan oleh oknum tak bertanggungjawab,” ujar Christian kepada Industry.co.id Rabu sore (8/4).

Menurutnya, hingga hari ini, “Dari Kita untuk Nakes” telah mengumpulkan donasi dana lebih dari 1 miliar rupiah dan donasi produk berupa 100 buah hazmat suit, 344 buah masker N95, 24 boks masker bedah, 4.400 buah sarung tangan latex, 100 buah nurse cap, 152 liter hand sanitizer, 12 botol cairan spray disinfektan, 6 liter antiseptic gel, 3 liter sabun antiseptik, 660 pasang sarung tangan multifungsi. 

Paket APD ini, sebutnya lagi telah didistribusikan ke lebih 100 puskesmas dan rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami juga mengajak brand lokal lainnya untuk turut berpartisipasi membantu nakes. Dengan donasi minimum Rp 5 juta, logo pemilik brand akan dicantumkan di paket donasi APD yang dikirimkan,” pungkas Christian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…