Tri Darma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh : Dr.Mochamad Wahyudi MM | Rabu, 08 April 2020 - 07:00 WIB

Mochamad Wahyudi
Mochamad Wahyudi

INDUSTRY.co.id -Wabah penyebaran virus COVID-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia harus menerapkan Physical Distancing dalam semua kegiatan, termasuk kegiatan di sektor pendidikan. Berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia mulai menerapkan Physical Distancing dengan melaksanakan kegiatan Work from Home (WfH).

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sebagai universitas yang telah menerapkan pembelajaran secara blended learning berbasis e-Learning sebelum pendemi terjadi, tentunya tidak kaget dan telah siap jika semua mata kuliah dilakukan secara e-learning.

Hal ini juga berlaku bagi para dosen di lingkungan kampus UBSI. Mereka tetap melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal dan tugas masing-masing, namun dilakukan secara daring dari rumah (WfH).

Begitupun dalam melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. Tridarma Perguruan Tinggi yang terdiri dari tiga poin penting yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh civitas akademika seperti mahasiswa dan dosen.

Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi prihal Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020, dihimbau kepada semua peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan aspek keselamatan peneliti, orang lain, serta lingkungan selama pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015.

Oleh karena itu, dengan adanya pandemi COVID-19 ini para dosen di lingkungan UBSI, tetap dapat melaksanakan kegiatan Tridarma tersebut walaupun dilaksanakan secara daring.

Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang telah dilakukan diantaranya yaitu tetap melakukan pendidikan dan pengajaran secara daring dengan memanfaatkan (Learning Management System (LMS), penggunaan Google Classroom, aplikasi Zoom Meeting ataupun dengan membentuk Whats App/Telegram Group antara dosen dan mahasiswa agar tetap dapat berkomunikasi dan berdiskusi. Kemudian untuk kegiatan seminar dapat dilakukan secara daring melalui Channel Youtube dan mengikuti berbagai macam kegiatan workshop yang diselenggarakan melalui video conference dengan aplikasi Zoom.

Selain itu, kegiatan lainnya yaitu “BSI Peduli” yang merupakan bentuk kepedulian UBSI terhadap masyarakat di saat Pandemi yang merupakan wujud dari pengabdian pada masyarakat. Bentuk kegiatan ini dengan menerima partisipasi para donatur untuk disalurkan kepada masyarakat dan tenaga medis yang terdampak wabah virus COVID-19 dalam bentuk masker, cairan disinfektan, multivitamin, hand sanitizer dan makanan.

UBSI akan tetap melakukan yang tebaik selama WfH ini dengan melakukan koordinasi dan evaluasi secara berkala yang dilakukan semua dosen, guna mempertahankan mutu pengajaran yang berkualitas dan tetap mampu menjalankan Tri Dharma dengan baik.

Dr.Mochamad Wahyudi MM, M.Kom, M.Pd, Rektor Universita Bina Sarana Informatika

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ambulans

Senin, 25 Mei 2020 - 07:45 WIB

Nekat, Wanita Ini Sewa Ambulans untuk Mudik

Kepolisian di Tabanan, Bali, berhasil menghentikan aksi seorang ibu dan anaknya yang nekat menyewa mobil ambulans untuk mudik ke Jember, Jawa Timur.

Para pemudik lebaran yang hendak pulang kampung (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 07:08 WIB

Jubir COVID-19: Pemudik Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

‚ÄúPahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah,…

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Senin, 25 Mei 2020 - 07:00 WIB

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Semula Akim menekuni penjual nasi liwet, namun wanita asal Solo ingin meningkatkan penghasilan dengan mencoba peluang baru dibidang Suplier Scrab

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Mei 2020 - 06:00 WIB

DRP Nilai Menkeu Sri Mulyani Tak Hormati Kesepakatan Politik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR…

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Senin, 25 Mei 2020 - 04:00 WIB

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, Bintara Tidur Dalam Yonif 3 Marinir bercocok tanam menggunakan teknik Hidroponik dan Aquaponik di Mess Bintara Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo,…