Tri Darma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh : Dr.Mochamad Wahyudi MM | Rabu, 08 April 2020 - 07:00 WIB

Mochamad Wahyudi
Mochamad Wahyudi

INDUSTRY.co.id -Wabah penyebaran virus COVID-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia harus menerapkan Physical Distancing dalam semua kegiatan, termasuk kegiatan di sektor pendidikan. Berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia mulai menerapkan Physical Distancing dengan melaksanakan kegiatan Work from Home (WfH).

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sebagai universitas yang telah menerapkan pembelajaran secara blended learning berbasis e-Learning sebelum pendemi terjadi, tentunya tidak kaget dan telah siap jika semua mata kuliah dilakukan secara e-learning.

Hal ini juga berlaku bagi para dosen di lingkungan kampus UBSI. Mereka tetap melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal dan tugas masing-masing, namun dilakukan secara daring dari rumah (WfH).

Begitupun dalam melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. Tridarma Perguruan Tinggi yang terdiri dari tiga poin penting yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh civitas akademika seperti mahasiswa dan dosen.

Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi prihal Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020, dihimbau kepada semua peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan aspek keselamatan peneliti, orang lain, serta lingkungan selama pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015.

Oleh karena itu, dengan adanya pandemi COVID-19 ini para dosen di lingkungan UBSI, tetap dapat melaksanakan kegiatan Tridarma tersebut walaupun dilaksanakan secara daring.

Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang telah dilakukan diantaranya yaitu tetap melakukan pendidikan dan pengajaran secara daring dengan memanfaatkan (Learning Management System (LMS), penggunaan Google Classroom, aplikasi Zoom Meeting ataupun dengan membentuk Whats App/Telegram Group antara dosen dan mahasiswa agar tetap dapat berkomunikasi dan berdiskusi. Kemudian untuk kegiatan seminar dapat dilakukan secara daring melalui Channel Youtube dan mengikuti berbagai macam kegiatan workshop yang diselenggarakan melalui video conference dengan aplikasi Zoom.

Selain itu, kegiatan lainnya yaitu “BSI Peduli” yang merupakan bentuk kepedulian UBSI terhadap masyarakat di saat Pandemi yang merupakan wujud dari pengabdian pada masyarakat. Bentuk kegiatan ini dengan menerima partisipasi para donatur untuk disalurkan kepada masyarakat dan tenaga medis yang terdampak wabah virus COVID-19 dalam bentuk masker, cairan disinfektan, multivitamin, hand sanitizer dan makanan.

UBSI akan tetap melakukan yang tebaik selama WfH ini dengan melakukan koordinasi dan evaluasi secara berkala yang dilakukan semua dosen, guna mempertahankan mutu pengajaran yang berkualitas dan tetap mampu menjalankan Tri Dharma dengan baik.

Dr.Mochamad Wahyudi MM, M.Kom, M.Pd, Rektor Universita Bina Sarana Informatika

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…