Sampah Dilautan Semakin Meresahkan, Astra Gelorakan Semangat Pulauku Nol Sampah Lewat KBA

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 04 April 2020 - 23:05 WIB

Kampung Astra Berseri di pulau Pramuka
Kampung Astra Berseri di pulau Pramuka

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Berserak tidak tertata, tumpukan sampah plastik di lautan semakin meresahkan, apalagi untuk kepulauan seperti Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Meski sampah plastik yang berada di lautan semakin terserak, ada cerita menginspirasi yang bisa dipelajari dari pengelolaan sampah plastik di Pulau Pramuka. 

Memiliki cita-cita melalui sebuah gerakan Pulauku Nol Sampah, Kampung Berseri Astra (KBA) Pulau Pramuka kian berubah.

Kebiasaan lama warga yang kerap kali membuang sampah ke lautan kini berubah menjadi kebiasaan baru yang lebih mencintai lingkungan. 

Dimulai dengan gerakan tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya ke lautan.

Sejalan dengan Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diluncurkan oleh Astra bertepatan pada ulang tahun ke-63 Februari lalu. 

Astra mengajak masyarakat luas untuk bersamasama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai melalui sebuah gerakan sosial Semangat Kurangi Plastik. 

Gerakan tersebut salah satunya dilakukan oleh warga di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.

Tidak hanya belajar membuang sampah pada tempatnya, warga KBA Pulau Pramuka juga belajar untuk memilah cara membuang sampah ke dalam Kotak Semangat Astra yang telah tersedia. 

Kotak Semangat Astra disediakan di KBA Pulau Pramuka guna memudahkan penduduk dalam memilah jenis sampah plastik yang dibuang.

Kotak Semangat Astra merupakan sebuah kotak yang disediakan Astra dan Grup Astra untuk menampung plastik dari masyarakat. 

Kotak ini akan tersebar di berbagai instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

Selain memanfaatkan Kotak Semangat Astra, warga KBA Pulau Pramuka juga saling bahu membahu dan bergerak memanfaatkan sampah plastik menjadi barang jual yang memiliki nilai. 

“Semangat menjaga lingkungan ibu pertiwi, dipelopori oleh kaum ibu yang terus berkontribusi tanpa henti,” ujar Mahariah, Pelopor KBA Pulau Pramuka.

Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka yang dipelopori Mahariah merupakan satu dari 87 Kampung Berseri Astra yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Semangat Mahariah dan warga KBA Pulau Pramuka dalam mengurangi sampah plastik sekali pakai untuk kualitas kehidupan yang lebih baik sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

Sawah yang siap ditanam padi (Doc: Kementan)

Kamis, 28 Mei 2020 - 22:44 WIB

Sempat Kebanjiran, Pertanaman Padi di Lebak Masih Tetap Bisa Panen

Pasca banjir yang melanda ratusan rumah dan sawah siap panen di Kecamatan maja dan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, warga yang sebagian berprofesi sebagai petani sudah memulai aktifitas seperti…

BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:30 WIB

IHSG Finish di Zona Hijau, Saham Bank BCA Naik 6,65 Persen

Pada akhir perdagangan Kamis (28/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) finish di zona hijau sore ini. Pasar modal Indonesia ditutup naik 74,6 poin atau 1,60% ke level 4.716,18

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:04 WIB

BNI Syariah Siap Perkuat Bisnis Remittance

PT Bank BNI Syariah masuk BUKU 3 dan optimis dapat meraih bisnis internasional seperti remittance. Modal inti BNI Syariah di atas Rp5 triliun.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:00 WIB

Naik, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk Cetak Penjualan Rp1,44 Triliun Sepanjang 2019

Emiten PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) cetak penjualan sebesar Rp1,44 triliun hingga periode 31 Desember 2019 naik dari penjualan Rp1,27 triliun hingga periode 31 Desember 2018.