Sampah Dilautan Semakin Meresahkan, Astra Gelorakan Semangat Pulauku Nol Sampah Lewat KBA

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 04 April 2020 - 23:05 WIB

Kampung Astra Berseri di pulau Pramuka
Kampung Astra Berseri di pulau Pramuka

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Berserak tidak tertata, tumpukan sampah plastik di lautan semakin meresahkan, apalagi untuk kepulauan seperti Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Meski sampah plastik yang berada di lautan semakin terserak, ada cerita menginspirasi yang bisa dipelajari dari pengelolaan sampah plastik di Pulau Pramuka. 

Memiliki cita-cita melalui sebuah gerakan Pulauku Nol Sampah, Kampung Berseri Astra (KBA) Pulau Pramuka kian berubah.

Kebiasaan lama warga yang kerap kali membuang sampah ke lautan kini berubah menjadi kebiasaan baru yang lebih mencintai lingkungan. 

Dimulai dengan gerakan tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya ke lautan.

Sejalan dengan Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diluncurkan oleh Astra bertepatan pada ulang tahun ke-63 Februari lalu. 

Astra mengajak masyarakat luas untuk bersamasama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai melalui sebuah gerakan sosial Semangat Kurangi Plastik. 

Gerakan tersebut salah satunya dilakukan oleh warga di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.

Tidak hanya belajar membuang sampah pada tempatnya, warga KBA Pulau Pramuka juga belajar untuk memilah cara membuang sampah ke dalam Kotak Semangat Astra yang telah tersedia. 

Kotak Semangat Astra disediakan di KBA Pulau Pramuka guna memudahkan penduduk dalam memilah jenis sampah plastik yang dibuang.

Kotak Semangat Astra merupakan sebuah kotak yang disediakan Astra dan Grup Astra untuk menampung plastik dari masyarakat. 

Kotak ini akan tersebar di berbagai instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

Selain memanfaatkan Kotak Semangat Astra, warga KBA Pulau Pramuka juga saling bahu membahu dan bergerak memanfaatkan sampah plastik menjadi barang jual yang memiliki nilai. 

“Semangat menjaga lingkungan ibu pertiwi, dipelopori oleh kaum ibu yang terus berkontribusi tanpa henti,” ujar Mahariah, Pelopor KBA Pulau Pramuka.

Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka yang dipelopori Mahariah merupakan satu dari 87 Kampung Berseri Astra yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Semangat Mahariah dan warga KBA Pulau Pramuka dalam mengurangi sampah plastik sekali pakai untuk kualitas kehidupan yang lebih baik sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director Jababeka Residence Sutedja S. Darmono saat meresmika JR Connexion di Kawasan Jababeka

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:40 WIB

Langkah Nyata Jababeka Menuju TOD City

Jababeka sebagai kawasan TOD terus menunjukkan kemajuan positif menyusul diluncurkannya layanan JR Connexion di Hollywood Junction Jababeka ( Minggu 18/10/2020 ) oleh Menteri Perhubungan RI…

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…