Time Management Dalam Konteks Work From Home

Oleh : Dr. Genoveva | Sabtu, 04 April 2020 - 13:00 WIB

Dr. Genoveva, Ketua Program Studi Manajemen, President University
Dr. Genoveva, Ketua Program Studi Manajemen, President University

INDUSTRY.co.id - Time management adalah kemampuan mengelola waktu yang merupakan bagian dari ketrampilan berperilaku, yaitu bagaimana manusia mengelola aktivitasnya berdasarkan waktu yang tersedia.

Setiap orang mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari, namun ada yang merasa belum melakukan sesuatu, tahu-tahu hari telah berakhir, di sisi lain, ada yang mampu melakukan berbagai aktivitas. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan time management di berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, karyawan sampai ke jenjang manager masih rendah, mengapa demikian ?

Rendahnya time management karena kita sering terjebak melakukan pekerjaan yang “disukai” daripada yang “harus dilakukan”, sehingga target pekerjaan seringkali tidak tercapai, akibatnya kita terjebak melakukan pekerjaan atau tugas yang harus dikerjakan ketika mendekati deadline, atau the last minute.

Kondisi ini dapat dilakukan ketika kita masih bekerja dan hadir secara fisik di kantor, datang ke kampus ataupun perusahaan kita sendiri, karena masih ada atasan, rekan kerja, bawahan, dosen dan guru yang mengawasi.

Lalu bagaimana dengan dengan kondisi sekarang ketika kantor, organisasi, kampus dan sekolah melakukan aktivitas secara online atau memberlakukan Work From Home (WFH) karena pandemic COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia?

Tidak ada lagi kehadiran secara fisik atasan, rekan kerja, guru dan dosen yang mengawasi dan mengarahkan ketika pekerjaan tidak mencapai target. Kunci dari keberhasilan melakukan WFH dalam konteks manajemen adalah time management.

Secara umum, perubahan mendadak yang terjadi dari bekerja di kantor, hadir di sekolah dan kampus menjadi WFH membuat kita tidak siap.

Minggu pertama, merupakan masa-masa yang sulit untuk menyesuaikan diri, memasuki minggu kedua biasanya kita mulai beradaptasi dan berdamai dengan kenyataan. Permasalahan lain juga timbul, walaupun mulai dapat berdamai dengan kenyataan, namun daya tarik kasur, makanan, televisi  dan terjebak ingin membereskan rumah yang menjadi naluri wanita sulit untuk dikalahkan !

Sampai kapan kita akan terjebak dengan dunia “nyaman” yang dibuat diri kita sendiri ?

Teman, saatnya kita bangun dan mulai melakukan time management dalam konteks WFH ! Drucker merumuskan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah planning, organizing, actuating dan controlling.

Fungsi-fungsi manajemen ini tidak hanya dapat diterapkan di sebuah perusahaan atau organisasi, melainkan juga untuk individu, dalam konteks WFH.  

Mulailah membuat planning (perencanaan) dengan menuliskan daftar pekerjaan / tugas yang harus dilakukan dalam seminggu, kemudian pilah-pilah daftar pekerjaan / tugas tersebut dalam kegiatan harian.

Tahap berikutnya adalah melakukan organizing (pengorganisasian), yaitu melakukan koordinasi pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan atasan, rekan kerja, customer, supplier, guru, dosen dan lain-lain berdasarkan daftar yang telah disusun per hari.

Misalnya rapat dengan atasan dan rekan kerja, di hari Senin jam 10.00 – 12.00, sebaiknya beberapa hari sebelumnya sudah diinformasikan ke pihak-pihak terkait, termasuk fasilitas rapat secara online yang akan dipergunakan.

Demikian juga dengan customer, mereka dapat dihubungi secara online dengan membuat perjanjian terlebih dahulu pada hari dan jam yang telah disusun.

Secara khusus, ketika membuat janji dengan siapapun,  hormatilah waktu mereka, jangan mengirim pesan di tengah malam dan mengharapkan mereka membalas segera.

Langkah ketiga, just do it ! Koordinasi telah dilakukan di langkah kedua, di tahap ketiga lakukan actuating (penggerakan) yaitu mengimplementasikan daftar yang telah disusun (planning)  dan telah dikoordinasikan (organizing) dengan pihak-pihak terkait.

Lakukan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, namun fleksibilitas juga harus diperhatikan.

Ketika ada janji yang harus ditunda karena keperluan mendadak dari customer, janji tersebut dapat dijadwal ulang.

Akhirnya sampailah kita pada langkah terakhir, yaitu controlling (pengendalian).

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, saatnya melakukan pengendalian yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah disusun.

Evaluasi dapat dilakukan setiap sore ketika anda selesai melakukan kegiatan WFH.

Beri tanda pekerjaan yang telah selesai, pekerjaan yang di jadwal ulang dan yang belum terlaksana.

Masukkan ke dalam jadwal lain utuk pekerjaan yang memerlukan penjadwalan ulang dan yang belum dilaksanakan.

Hadiahkan diri anda sendiri untuk setiap pekerjaan yang berhasil dikerjakan, misalnya dengan secangkir kopi, menonton berita selama 30 menit atau memesan makanan online atau melakukan kegiatan bersama keluarga atau mempraktekkan resep kue yang belum kesampaian.

Mari menjadi produktif dengan time management selama work from home ! Stay safe and healthy !

Penulis adalah Dr. Genoveva, Ketua Program Studi Manajemen, President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.