Time Management Dalam Konteks Work From Home

Oleh : Dr. Genoveva | Sabtu, 04 April 2020 - 13:00 WIB

Dr. Genoveva, Ketua Program Studi Manajemen, President University
Dr. Genoveva, Ketua Program Studi Manajemen, President University

INDUSTRY.co.id - Time management adalah kemampuan mengelola waktu yang merupakan bagian dari ketrampilan berperilaku, yaitu bagaimana manusia mengelola aktivitasnya berdasarkan waktu yang tersedia.

Setiap orang mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari, namun ada yang merasa belum melakukan sesuatu, tahu-tahu hari telah berakhir, di sisi lain, ada yang mampu melakukan berbagai aktivitas. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan time management di berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, karyawan sampai ke jenjang manager masih rendah, mengapa demikian ?

Rendahnya time management karena kita sering terjebak melakukan pekerjaan yang “disukai” daripada yang “harus dilakukan”, sehingga target pekerjaan seringkali tidak tercapai, akibatnya kita terjebak melakukan pekerjaan atau tugas yang harus dikerjakan ketika mendekati deadline, atau the last minute.

Kondisi ini dapat dilakukan ketika kita masih bekerja dan hadir secara fisik di kantor, datang ke kampus ataupun perusahaan kita sendiri, karena masih ada atasan, rekan kerja, bawahan, dosen dan guru yang mengawasi.

Lalu bagaimana dengan dengan kondisi sekarang ketika kantor, organisasi, kampus dan sekolah melakukan aktivitas secara online atau memberlakukan Work From Home (WFH) karena pandemic COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia?

Tidak ada lagi kehadiran secara fisik atasan, rekan kerja, guru dan dosen yang mengawasi dan mengarahkan ketika pekerjaan tidak mencapai target. Kunci dari keberhasilan melakukan WFH dalam konteks manajemen adalah time management.

Secara umum, perubahan mendadak yang terjadi dari bekerja di kantor, hadir di sekolah dan kampus menjadi WFH membuat kita tidak siap.

Minggu pertama, merupakan masa-masa yang sulit untuk menyesuaikan diri, memasuki minggu kedua biasanya kita mulai beradaptasi dan berdamai dengan kenyataan. Permasalahan lain juga timbul, walaupun mulai dapat berdamai dengan kenyataan, namun daya tarik kasur, makanan, televisi  dan terjebak ingin membereskan rumah yang menjadi naluri wanita sulit untuk dikalahkan !

Sampai kapan kita akan terjebak dengan dunia “nyaman” yang dibuat diri kita sendiri ?

Teman, saatnya kita bangun dan mulai melakukan time management dalam konteks WFH ! Drucker merumuskan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah planning, organizing, actuating dan controlling.

Fungsi-fungsi manajemen ini tidak hanya dapat diterapkan di sebuah perusahaan atau organisasi, melainkan juga untuk individu, dalam konteks WFH.  

Mulailah membuat planning (perencanaan) dengan menuliskan daftar pekerjaan / tugas yang harus dilakukan dalam seminggu, kemudian pilah-pilah daftar pekerjaan / tugas tersebut dalam kegiatan harian.

Tahap berikutnya adalah melakukan organizing (pengorganisasian), yaitu melakukan koordinasi pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan atasan, rekan kerja, customer, supplier, guru, dosen dan lain-lain berdasarkan daftar yang telah disusun per hari.

Misalnya rapat dengan atasan dan rekan kerja, di hari Senin jam 10.00 – 12.00, sebaiknya beberapa hari sebelumnya sudah diinformasikan ke pihak-pihak terkait, termasuk fasilitas rapat secara online yang akan dipergunakan.

Demikian juga dengan customer, mereka dapat dihubungi secara online dengan membuat perjanjian terlebih dahulu pada hari dan jam yang telah disusun.

Secara khusus, ketika membuat janji dengan siapapun,  hormatilah waktu mereka, jangan mengirim pesan di tengah malam dan mengharapkan mereka membalas segera.

Langkah ketiga, just do it ! Koordinasi telah dilakukan di langkah kedua, di tahap ketiga lakukan actuating (penggerakan) yaitu mengimplementasikan daftar yang telah disusun (planning)  dan telah dikoordinasikan (organizing) dengan pihak-pihak terkait.

Lakukan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, namun fleksibilitas juga harus diperhatikan.

Ketika ada janji yang harus ditunda karena keperluan mendadak dari customer, janji tersebut dapat dijadwal ulang.

Akhirnya sampailah kita pada langkah terakhir, yaitu controlling (pengendalian).

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, saatnya melakukan pengendalian yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah disusun.

Evaluasi dapat dilakukan setiap sore ketika anda selesai melakukan kegiatan WFH.

Beri tanda pekerjaan yang telah selesai, pekerjaan yang di jadwal ulang dan yang belum terlaksana.

Masukkan ke dalam jadwal lain utuk pekerjaan yang memerlukan penjadwalan ulang dan yang belum dilaksanakan.

Hadiahkan diri anda sendiri untuk setiap pekerjaan yang berhasil dikerjakan, misalnya dengan secangkir kopi, menonton berita selama 30 menit atau memesan makanan online atau melakukan kegiatan bersama keluarga atau mempraktekkan resep kue yang belum kesampaian.

Mari menjadi produktif dengan time management selama work from home ! Stay safe and healthy !

Penulis adalah Dr. Genoveva, Ketua Program Studi Manajemen, President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…