Tim Cekal Corona LKC Berikan Sterilisasi pada Belasan Ambulan Komunitas

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Maret 2020 - 14:30 WIB

Tim Cekal Corona LKC Berikan Sterilisasi pada Belasan Ambulan Komunitas
Tim Cekal Corona LKC Berikan Sterilisasi pada Belasan Ambulan Komunitas

INDUSTRY.co.id - Banyumas-Memfasilitasi ambulan dalam  Penanganan cepat kepada masyarakat terkait corona merupakan kebutuhan yang harus di sediakan oleh tim medis. Sebagai Garda kedepan medis, belasan armada ambulan dari berbagai komunitas antri berdatangan di halaman kantor Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Purwokerto untuk sterilisasi ambulan dengan disinfektan belum lama ini.

“Ambulan komunitas yang didedikasikan untuk pasien-pasien dhuafa ini masih melayani layanan walau ditengah pandemic covid 19 (corona virus). Program ini mengakomodir keresahan para relawan yang tetap bertugas membawa ambulan, meminimalisir resiko penularan infeksi, aman diri, aman pasien, aman lingkungan.” ungkap Titi Ngudiati, Direktur LKC Jateng.

"Selain program sterlisasi ambulan, pemantauan kesehatan para relawan driver juga dipantau oleh tim medis Gerai Sehat seperti  pemberian suplemen serta bantuan pemenuhan alat pelidung diri (APD). Akses kantor LKC yang strategis hanya 2 KM dari RS Margono Soekarjo memudahkan para driver mampir untuk mendaptakan layanan sembari menunggu pasien rawat jalan", lanjut Titi.

Militan dalam kemanusiaan, para driver yang kebanyakan adalah masyarakat sipil biasa hanya bisa ikhtiar dengan perlengkapan APD seadanya. Apalagi ditengah penularan virus yang bisa menyerang siapa saja, Nanang Misbah (koordinator jejaring Si Bulan) mengatakan kawan-kawan relawan supir ini tetap melayani pasien dhuafa dari rumah ke rumah sakit. Karena jarak yang jauh biasanya satu armada membawa rombongan pasien yang satu wilayah. Ada kekhawatiran, namun dengan program dari LKC Dompet Dhuafa, rekan-rekan sedikit lega.

"Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa  melalui Tim Cekal Corona membuka Posko untuk jejaring ambulan gratis yang melintas di Kota Purwokerto untuk sterilisasi ambulan, pembagian handsanitizer, screening dan pemantauan driver, serta pemberian supplement kesehatan bagi para relawan driver. Dompet Dhuafa merespon cepat kasus Covid-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101. Selain hal itu Dompet Dhuafa menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus Covid-19 dengan melibatkan Rumah Sakit-Rumah Sakit Dompet Dhuafa", tutup Titi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…