Kediri Siap Panen Raya Padi Jagung Sampai April 2020

Oleh : Wiyanto | Minggu, 29 Maret 2020 - 11:17 WIB

persawahan doc kementan
persawahan doc kementan

INDUSTRY.co.id - Jatim - Provinsi Jawa Timur sebagai sentra produksi padi nasional mulai menunjukkan hasil panen di beberapa kabupaten. Salah satunya di Kediri, panen raya di bulan Maret sampai April 2020 perkiraan ada seluas 16.896 hektar padi siap panen dengan rincian 8.201 hektar bulan Maret dan 8.695 hektar di bulan April.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo saat diwawancara via telepon Sabtu (28/3/2020).

“Dari 26 kecamatan yang ada di Kediri ini, wilayah terluas penyumbang produksi padi ada di Kecamatan Purwoasri dan Mojo, produktivtasnya kan sekitar 6,11 ton/hektar dan kalau untuk harganya yang kering giling masih bagus sekitar Rp 5.200 per kg,” ujar Anang.

Pun demikian dengan jagung, bulan Maret April ini diperkiraan luas panen 7.871 hektar dengan provitas rata-rata 6,69 ton/hektar. “Kalau untuk jagung ini paling luas ada di Kecamatan Banyakan seluas 1.673 hektar,” sebut Anang.

Anang meyakinkan kondisi pertanaman masih tetap seperti biasa. “Petani masih pergi ke sawah, tidak ada yang berubah semenjak adanya kondisi wabah corona saat ini, mereka tetap menjaga pangan lanjut terus, jadi masyarakat tenang saja kebutuhan pangan masih aman dan tercukupi,”ujarnya.

Petugas di lapangan juga tetap memantau dan melaporkan secara harian luasan tanam maupun panen. “Kami tetap berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk memastikan kegiatan produksi masih tetap berjalan,” yakin Anang.

Sebagai informasi luas panen padi tertinggi diperkirakan akan terjadi bulan April. Untuk Provinsi Jawa Timur perkiraan bulan Maret ada panen seluas 328 ribu hektar dan bulan April 433 ribu hektar. Sampai dengan bulan Mei 2020 total diprediki sekitar 900 ribu hektar luas panen padi di JawaTimur.

Senada dengan hal tersebut, Gatut Sumbogodjati Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Kementan mengatakan Kementan mulai bergerak untuk melindungi petani saat panen raaya. “Ada gerakan Komando Strategi Penggilingan Padi atau disebut Kostraling yang dicanangkan Bapak Mentan SYL awal tahun ini. Hal ini sebagai langkah memberikan jaminan perlindungan harga bagi petani,” sebutnya.

Pemerintah bekerjasama dengan Lembaga Keuangan baik bank maupun non bank memberikan kesempatan pinjaman modal dengan bunga rendah seperti KUR kepada penggilingan padi terutama penggilingan padi kecil guna membeli gabah petani untuk diproses menjadi beras dan dijual disaat tertentu. Pembelian gabah oleh penggilingan padi tersebut dengan harga sesuai HPP saat harga gabah di bawah HPP. Dengan demikian petani masih menerima harga yang baik.

Pada intinya Pemerintah berkomitmen untuk tetap menjaga produksi pangan bagi 267 juta jiwa. “Apalagi pada kondisi seperti ini, pertanian menjadi tumpuan perkonomian, kita harus bisa memastikan dan meyakinkan ke publik bahwa stok pangan kita cukup, tetap harus hati-hati namun jangan sampai kita tidak produktif,” pungkas Gatut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…