Pantau Saudi, Menag: Jika Haji Tahun ini Dibatalkan, Dana Dikembalikan lagi ke Jemaah

Oleh : Candra Mata | Minggu, 29 Maret 2020 - 04:25 WIB

Menag Fachrul Razi (Foto Dok Makassar)
Menag Fachrul Razi (Foto Dok Makassar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Agama terus memantau perkembangan kebijakan Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji 1441H/2020M. Bersamaan itu, Kemenag juga menyiapkan dua skema penyelenggaraan haji.

Hal ini ditegaskan oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Menurutnya, Indonesia mempersiapkan dua skenario, haji tahun ini tetap diselenggarakan atau dibatalkan. 

"Kemenag terus mengikuti dan memantau perkembangan kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji, termasuk perkembangan  pembatasan ibadah yg dilakukan Saudi di dua kota suci, Makkah dan Madinah. Kita juga menyiapkan mitigasi kalau pelaksanaan ibadah haji dibatalkan oleh Pemerintah Arab Saudi," ujar Menag di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Sampai saat ini, persiapan layanan di Arab Saudi, terkait pengadaan layanan akomodasi, transportasi darat dan katering terus berjalan. 

Namun, sesuai surat dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, pembayaran uang muka belum dilakukan. Demikian pula untuk penerbangan.

"Proses pengadaan layanan juga terus berjalan hingga kontrak, namun belum ada pembayaran uang muka," tutur Menag.

Di dalam negeri, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) juga masih berproses. Sampai hari ini, tercatat sudah 83.337 jemaah yang melakukan pelunasan. Untuk tahap awal, pelunasan ini akan berlangsung hingga 30 April 2020.

"Jika ternyata haji tahun ini dibatalkan, dana yang disetorkan saat pelunasan, dapat dikembalikan lagi ke jemaah," ujar Menag.

Menag mengimbau para calon jemaah haji agar tetap mengikuti setiap tahapan haji, sembari terus sabar memantau perkembangan di Saudi. 

"Apapun keputusan Kerajaan Saudi dan Pemerintah Indonesia, itu pasti dilakukan bagi kemaslahatan orang banyak, khususnya para calon jemaah haji," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Viral tagar Mendikbuddicarimahasiswa

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:50 WIB

Heboh Tagar #MendikbudDicariMahasiswa, Dirjen Dikti: Kami Himbau Rektor Bebaskan Uang Kuliah Mahasiswa

Viralnya aksi tagar #MendikbudDicariMahasiswa oleh BEM SI dan mahasiswa seluruh Indonesia, dimana hingga selasa malam (2/6) telah memuncaki trending topik dengan lebih dari 30 ribu cuitan.

Astra Life

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:42 WIB

Astra Life 'Ngegas' Pasarkan Asuransi Tambahan

Windawati Tjahjadi, Direktur Astra Life mengatakan bahwa peluncuran Medicare Premier ini merupakan komitmen Astra Life untuk memberikan perlindungan terbaik bagi setiap segmen dan juga sebagai…

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menandatangani prasasasti peresmian Modern Broadband City Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:30 WIB

Telkom Dukung Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringgan demi mendukung terwujudnya pengalaman digital terbaik pelanggan yang beraktivitas…

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:21 WIB

Wuih, Citibank Raih Best International Bank in Indonesia, Dirut: Ini Hasil Sebuah Fokus dan Komitmen Solusi Finansial Inovatif Ditengah Masa Sulit

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, ditengah situasi pasar yang volatile serta kompetitif, pihaknya sangat berterima kasih dapat menerima penghargaan ini dari majalah Finance Asia.…

Ilustrasi Pekerja (ist)

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05 WIB

Sah! Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja ASN, BUMN, TNI, Polri Hingga Swasta Dipotong 3 persen

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah atau PP No. 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).