Penjualan Anjlok, Industri TPT Dihantui Bayang-bayang PHK

Oleh : Ridwan | Senin, 23 Maret 2020 - 17:05 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mewabahnya Covid-19 di Indonesia ikut berimbas terhadap industri tekstil dan produk tekstil  (TPT). Semenjak virus tersebut mewabah di Indonesia, penjualan produk TPT mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Namun hingga kini, pelaku industri TPT masih berupaya untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

"Permintaan anjlok, sangat tajam. Sejumlah komitmen permintaan yang sedang berjalan ditunda, bahkan dibatalkan," kaya Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa dalam telekonferensi, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, kondisi yang tidak menggembirakan ini akan memberi dampak terhadap utilisasi industri. Lalu secara stimulan hal itu akan turut berdampak pada produktivitas dan siklus ekonomi industri TPT dalam negeri.

Lebih lanjut, Jemmy memastikan bahwa industri pertekstilan di dalam negeri masih beroperasi secara penuh. Belum ada opsi PHK karyawan imbas virus corona.

"Memang PHK ini sangat dilematis dan kita sebagai anggota API sangat hindari terjadinya PHK. Sampai hari ini masih jalan full. Tapi mungkin kita ini tiap minggu, tiap hari perubahannya juga cukup cepat. Kita lihat juga pangsa market dalam negerinya sampai sejauh mana," ujarnya.

Pihaknya pun terus mengamati kemampuan para pelaku industri TPT khususnya yang berada di bawah asosiasi.

"Ya ini kita lihat sejauh mana kemampuan teman-teman, stoknya gimana, cash flow-nya gimana," tutur Jemmy.

Sebelumnya, Ketua API Jawa Barat Chandra Setiawan mengatakan hal yang sama. Dikatakan Chandra, disaat Covid-19 ini mulai mewabah di Indonesia, market sizenya mengkerut sangat drastis.

Chandra berharap disaat kritis seperti sekarang ini, negara bersikap semakin melindungi pasar dalam negeri demu kepentingan nasional (nasional's interest) seperti yabg telah dilakukan okeh negara lain selama ini.

"Kurangi ketergantungan kita terhadap negara lain dengan cara fokus kepada integrasi setiap industri dari hulu ke hilir, substitusi impor dan cipta lapangan kerja di negara kita sendiri," tutup Chandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menandatangani prasasasti peresmian Modern Broadband City Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:30 WIB

Telkom Dukung Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringgan demi mendukung terwujudnya pengalaman digital terbaik pelanggan yang beraktivitas…

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:21 WIB

Wuih, Citibank Raih Best International Bank in Indonesia, Dirut: Ini Hasil Sebuah Fokus dan Komitmen Solusi Finansial Inovatif Ditengah Masa Sulit

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, ditengah situasi pasar yang volatile serta kompetitif, pihaknya sangat berterima kasih dapat menerima penghargaan ini dari majalah Finance Asia.…

Ilustrasi Pekerja (ist)

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05 WIB

Sah! Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja ASN, BUMN, TNI, Polri Hingga Swasta Dipotong 3 persen

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah atau PP No. 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Jamaah Haji menunaikan ibadah di Kabah Masjidil Haram Makkah

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:01 WIB

Jeritan Travel Haji Saat Kemenag Batalkan Ibadah Haji

Forum  Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah ( Forum SATHU) meminta Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Pengelola Keuanga Haji (BPKH) mengundang asosiasi untuk membahas bagaimana tindaklanjut…

Direksi Bhinneka support UMKM

Rabu, 03 Juni 2020 - 06:51 WIB

Bhinneka.Com Ajak UMKM dan Korporasi Gerakkan Ekonomi

Bhinneka.Com meluncurkan gerakan #BangkitLagi yang melibatkan para pelaku bisnis dari berbagai segmen (UMKM dan korporasi) dari lintas sektor dan ini sebagai wujud semangat dan optimisme di…