Menpar Haruskan Food Street Segera Tersertifikasi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 29 Maret 2017 - 15:20 WIB

Kementerian Pariwisata dan Akademi Gastronomi Indonesia menyelenggarakan Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)
Kementerian Pariwisata dan Akademi Gastronomi Indonesia menyelenggarakan Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wisata kuliner di Indonesia sangat beragam cita rasa. Untuk melestarikan kuliner khas Indonesia, perlu promosi terus menerus. Maka dari itu telah ditetapkan 'Soto' sebagai makanan nasional khas Indoensia.

Sekarang ini, banyak sekali kuliner-kuliner baru yang digagasi oleh anak-anak muda Indonesia. Mulai dari restoran, hingga food street yang beredar di Indonesia. Dari makanan tersebut, mereka memperkenalankan berbagai makanan khas Indonesia.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Jakarta, Rabu (29/3/2017), "Potensi wisata budaya, sebesar 60 persen dan untuk wisata belanja dan untuk wisata kuliner potensinya sangat besari, yakni 45 persen."

Ia juga mengungkapkan, setiap orang yang berwisata, mereka spending untuk kuliner sendiri mencapai 30 hingga 40 persen.

Menpar juga mengarahkan, bahwa food street di Indonesia harus punya Standard Operating Prosedure (SOP)

"Kitakan punya restoran jalanan, food street juga punya banyak, kita harus punya standart operating prosedurenya (SOP). Mohon, tahun ini segera disertifikasikan. Mulai dari orangnya harus tersertifikasi lalu perusahaannya harus tersertifikasi. Tolong dibantu kita setifikasi baik orangnya maupun UKMnya," pungkas Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…