Kemenperin Bina 280 Santri di D.I Yogyakarta dan Jateng jadi Enterpreneurship

Oleh : Ridwan | Sabtu, 14 Maret 2020 - 13:30 WIB

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat membuka program Santripreneur di D.I Yogyakarta (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat membuka program Santripreneur di D.I Yogyakarta (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) semakin gencar menciptakan wirausaha baru di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) melalui program Santripreneur.

"Awal tahun 2020 kami telah melaksanakan program ini di Banten dan Tegal, kali ini kami kembali melanjutkan program Santri Berindustri dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek) serta fasilitas mesin dan peralatan kepada 7 Ponpes di Provinsi D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di Yogyakarta, Sabtu (14/3/2020).

Dijelaskan Gati, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 14-17 Maret 2020, berupa bimbingan teknis IKM makanan ringan dan perbengkelan roda dua.

Adapun ketujuh Ponpes yang ikut serta dalam program Bimtek Santripreneur di D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah antara lain, Pondok Pesantren Al Hikmah Karangmojo, Pondok Pesantren Nurul Haromain, Pondok Pesantren Raudlatul 'Ulum, Pondok Pesantren Darul Fikr Al Madai, Pondok Pesantren Al Mussani, Pondok Pesantren Darul Quran, dan Pondok Pesantren Diponegoro.

Selain kegiatan bimbingan teknis, Ditjen IKMA juga memfasilitasi mesin/peralatan produksi dan peralatan pendukung lainnya sehingga dapat dimanfaatkan oleh unit bisnis yang ada di pondok pesantren serta meningkatkan kapasitas produksi yang sudah ada.

Menurut Gati, wirausaha memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data Global Entrepreneurship Index 2018, kewirausahaan Indonesia saat ini berada di peringkat 94 dalam di antara 137 negara atau peringkat 16 di antara negara-negara Asia Pasifik.

"Kami terus laksanakan program ini untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuh kembangkan semangat kewirausahaan di kalangan santri maupun alumni santri," tambahnya. 

Gati juga menyebut, terdapat narasumber pelatihan dari IdEA. Para narasumber ini akan memberikan wawasan mengenai teknologi serta proses produksi dalam berwirausaha.

"Yang namanya industri itu tidak lepas dari teknologi. Jadi yang harus tahu tentang teknologi itu bukan hanya perusahaan besar saja, para santri pun harus paham teknologi, karena kita sudah masuk revolusi industri 4.0," papar Gati.

Sejak tahun 2013 hingga saat ini, Ditjen IKMA telah membina sebanyak 52 pondok pesantren yang tersebar di tujuh provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Timur, dan Banten dengan lebih dari 9.348 orang santri melalui pelatihan produksi dan motivasi kewirausahaan.

"Hari ini ada sekitar 280 santri yang akan kita bimbing. Jadi total sekitar 10.280-an santri," ungkapnya.

Gati pun menegaskan akan terus menjalankan program Santripreneur untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di kalangan santri maupun alumni santri.

"Ini merupakan program prioritas kami guna menyokong pertumbuhan ekonomi nasional," ungkapnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran KH Ahmad Kharis Astuti memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Perindustrian yang telah memberikan perhatian khusus untuk Pondok Pesantren.

"Semoga apa yang selama ini diupayakan Kemenperin benar-benar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Ponpes yang ada sehingga bisa menjadikan santri hebat, industri kuat, Indonesia jaya," kata Ahmad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…