Yanmar Pamer Mesin Padi YH150 dan Mesin Tanam Padi AP4 di Ajang ASAFF 2020

Oleh : Ridwan | Jumat, 13 Maret 2020 - 12:35 WIB

Mesin tanam bibit padi Yanmar AP4
Mesin tanam bibit padi Yanmar AP4

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Yanmar Diesel Indonesia, sebuah produsen peralatan industri Jepang yang didirikan di Osaka, Jepang, berpartisipasi dalam Pameran ‘The 2nd Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020’, yang 
diselenggarakan pada 12 - 14 Maret 2020 di Jakarta Convention Center. 

Forum ini merupakan jembatan bagi sektor pertanian Indonesia untuk mendapatkan investasi dari negara-negara Asia dan meningkatkan ekspor pertanian Indonesia. 

Pada kesempatan ini, PT. Yanmar Diesel Indonesia akan memajang 2 (dua) produk andalan Yanmar yaitu mesin panen padi kombinasi YH150 dan mesin tanam bibit padi AP4.

"Keikutsertaan PT. Yanmar Diesel Indonesia dalam ajang ini merupakan wujud pernyataan bahwa produk Yanmar merupakan produk dengan kualitas terbaik dan mampu bersaing baik di pasar lokal maupun internasional," kata Mr. Kai Yasuda, Presiden Direktur PT. Yanmar Diesel Indonesia di Jakarta (12/3/2020).

Selain itu, tambahnya, PT. Yanmar Diesel Indonesia yakin bahwa produk yang kami jual mampu membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas mereka, khususnya para petani di Indonesia dan menjadikan pertanian di Indonesia kembali berjaya di Asia.

Mesin Panen Padi Kombinasi Mini Combine YH150

Mini combine YANMAR YH150 yang bisa digunakan untuk memanen sekaligus merontokkan padi di lahan sawah, merupakan mesin pertanian dengan kecepatan tinggi dan lebih efisien. Selain itu, desain sedotan pemisah gabah dengan kotoran berkapasitas besar ~2000 kg/jam menjadikan hasil pemisahan gabah bersih dengan tingkat kehilangan gabah di bawah 2%. 

Berkat desain tersebut, bisa hasil panen dipastikan berlimpah meskipun dengan kondisi batang panen yang rendah (roboh). Beberapa fitur canggih Mini Combine YH 150 meliputi:

1. Transmisi HST (Hydrostatic Transmission).
Transmisi HST memungkinkan pengguna untuk melakukan perpindahan kecepatan maju dan mundur dengan mudah tanpa pemindahan roda gigi. Selain itu, teknologi ini memungkinkan kecepatan jalan mesin panen berjalan selambat mungkin dengan daya motor penggerak maksimum, sehingga pemanenan dapat dilakukan dengan baik pada lahan dengan kondisi padi rebah (roboh).

2. Gigi Perontok Swirl “Tipe V” dan Concave (Saringan Gabah) Awet.
Gigi perontok swirl “Tipe V” sangat berguna untuk meringankan tingkat kebutuhan daya pada proses perontokan, terutama saat tinggi pemotongan rendah. Sementara itu, saringan gabah didesain tahan lama dan mudah dilepas, sehingga awet dan memudahkan pembersihan dan perawatan.

3. Manuver Mudah pada Lahan Sempit.
Dengan crawler tapak lebar 330mm, manuver saat pembelokan dapat dilakukan hanya dengan radius 1~1,2-meter sehingga dapat bekerja dengan baik pada sawah petakan kecil meskipun berat unit seberat 830 kilogram. Dibantu dengan tangga besi, unit dapat naik dan turun pada sawah bertingkat dengan beda tinggi sampai 1 meter.

Mesin Tanam Bibit Padi Rice Transplanter AP4

YANMAR rice transplanter AP 4 merupakan alat tanam padi tipe dorong 4 jalur yang dapat mempercepat proses penanaman padi di lahan dengan rapi dan cocok untuk digunakan di sawah basah. 

Unit ini dilengkapi dengan adjuster ketinggian hidrolik otomatis yang memudahkan operasi lapangan, kopling samping yang meningkatkan kemampuan manuver unit di lapangan, dan sistem OHV yang berfungsi untuk membuat mesin menjadi responsif dan mengurangi ketinggian sehingga menjadi lebih stabil dan hemat bahan bakar. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…