E-commerce Sunchila Wadahi UMKM Jangkau Pasar Global

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Maret 2020 - 08:55 WIB

Dwi Afrilina Founder dan CEO Sunchila
Dwi Afrilina Founder dan CEO Sunchila

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Dukungan demi dukungan terhadap pengembangan UMKM di tanah air terus dilakukan. Salah satunya dengan hadirnya e commerce Sunchila yang menghadirkan sebuah platform dengan menyediakan berbagai macam barang untuk masyarakat di Indonesia, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Yang nantinya barang-barang ini akan dijual kembali oleh pembelinya.

Kelebihan yang ditawarkan di Sunchila adalah pembeli dapat membeli barang grosir dengan Minimum Order Quantity (MOQ) atau minimal pembelian yang sedikit. Jadi biasanya untuk pembeli yang membeli barang grosiran harus dengan minimal pembelian 6-12pcs tapi di Sunchila pembeli cukup membeli dengan 3 pcs.

"Hal ini dapat memudahkan pembeli untuk menjual berbagai variasi barang, tanpa perlu mengeluarkan modal yg besar. Selain dari segi minimal pembelian, SUNCHILA juga menjunjung tinggi one-to-one service, yang artinya disini pembeli dapat langsung menghubungi Account Executive secara langsung tanpa perlu terhubung dengan Customer Service dan menjelaskan secara ulang permasalahan yang dialami oleh pembeli. Account Executive dari Sunchila juga akan langsung membantu dan menangani terkait permasalahan yang dihadapi oleh pembeli," ujar Dwi Afrilina selaku Founder dan CEO Sunchila, Kamis (5/3/2020).

Menurut pengakuannya,  tahun 2020 menjadi ajang bagi Sunchila melakukan branding besar-besaran yang akan dimulai dari Jakarta dan menuju kota-kota lainnya.

"Kami akan melakukan pengenalan ke beberapa UMKM dengan cara mengadakan acara roadshow di beberapa kota dan kami juga akan membuka stand-stand di sekolah dan universitas sehingga anak-anak muda dapat memiliki jiwa entrepreneurship sejak dini," katanya.

Dirinya menekankan,  dimana kegiatan tersebut merupakan tahap awal Sunchila diperkenalkan ke masyarakat. Lalu di tahun-tahun berikutnya Sunchila akan melakukan ekspansi sampai ke seluruh pulau Indonesia, Benua Asia, dan akan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan E-Commerce yang ada di Benua Asia sampai Internasional.

"Harapannya ke depan saat masyarakat melihat logo, slogan-slogan SUNCHILA, masyarakat akan mengenal dan mengingat bahwaSunchila adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam barang grosir dan bahwa Sunchila dapat memberikan dampak yang positif untuk bisnis mereka dan dapat membantu masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya UMKM dalam melakukan bisnisnya," imbuhnya.

Terkait potensi pasar di tanah air, dia menjelaskan pasar E-Commerce di Indonesia cukup menarik, berdasarkan data sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, industri E-Commerce  Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir meningkat hingga tujuh belas persen dengan total jumlah usaha E-Commerce mencapai 26,2 juta unit. Dan pada tahun 2018, E-Commerce di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan yang pesat, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Berdasarkan data tersebut, menurut saya Indonesia ini memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang dan maju dalam dunia E-Commerce. Tidak heran, banyak investor dari luar yang mencari peluang untuk memberikan investasi untuk beberapa perusahaan E-Commerce di Indonesia. Karena mereka sudah melihat, betapa menariknya perkembangan dan prospek dunia E-Commerce di Indonesia. Apalagi dengan seiring berkembangnya teknologi yang semakin maju, yang membuat masyarakat kini hidup menjadi lebih mudah dan efisien, dan juga persiapan kita dalam menghadapi “Revolusi Industri Keempat”. Hal ini menjadikan peluang E-Commerce untuk maju semakin terbuka lebar," katanya.

Persaingan Ketat

Sekarang ini masyarakat di Indonesia tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai sebuah bisnis. Dengan adanya internet dan smartphone, seseorang bisa dengan mudah menjual barang-barang di platform-platform yang tersedia.

Menanggapi persaingan industri E Commerce, dia menjelaskan persaingannya cukup ketat, karena E-Commerce di Indonesia sudah meluas. Sunchila yang merupakan pendatang baru di dunia e-Commerce sudah siap dalam menghadapi persaingan di industri ini.

"Dengan strategi-strategi bisnis yang sudah di susun, kami sudah mempersiapkan dan memikirkan “masa depan” Sunchila untuk beberapa tahun kedepan. Dengan tujuan Sunchila akan bertahan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sampai kapanpun," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion