Sempat Vakum, Industri Gula Sei Semayang Panen Raya Siap Giling 4.000 ton tebu

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 29 Februari 2020 - 09:00 WIB

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)
Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

INDUSTRY co.idJakarta, Holding Perkebunan Nusantara Panen Gula Perdana 2020 melalui industri Gulanya di Sei Semayang yang dikelola oleh anak perusahaan PTPN II. 

Industri gula Sei Semayang kembali aktif beroperasi semenjak sempat vacum sejak 2014 dan saat ini kembali aktif ditanami tebu dan menuai hasil produktif.

Direktur Pemasaran Holding PTPN III Dwi Sutoro mengaku sangat bersyukur revitalisasi pabrik gula Sei Semayang karena sudah lima tahun pabrik gula tersebut tidak beroperasi. 

Ia mengatakan, pabrik gula yang kembali aktif menjadi modal optimisme untuk meningkatkan produksi gula nasional.
 
"Harapannya proses operasional pabrik harus mendapatkan perhatian khusus, supaya beroperasinya Pabrik Gula Sei Semayang bisa berkesinambungan." kata Dwi Sutoro baru baru ini di Jakarta.
 
Sedangkan Dirut PTPN II Iswan Achir menjelaskan melihat proses yang produktif sangat optimis pabrik gula dapat terus beroperasi dengan baik sesuai rencana. 

“Mari kita bangun sama-sama kembali, sama-sama kita mengupayakan kembali sebagaimana cita-cita kita ke depannya," ujar M Iswan Achir.

Ia kembali menjelaskan Pabrik gula ini sempat terhenti akibat pemenuhan bahan baku yang tidak mencapai dari target yang diharapkan. Namun keadaan membaik lantaran, 8.500 hektar lahan sudah ditanami tebu. 

"Sekarang ada 8.500 hektar, per hektarnya 76 ton tebu dihasilkan. Dengan beroperasinya Pabrik Gula Sei Semayang sudah pantas tebu ditanam ke lahan seluas 11 ribu hektar," katanya.

Kendati demikian pihak PTPN II masih terkendala mewujudkan target itu. Kendala di lapangan masih ada areal yang digarap masyarakat luar.
 
Pihaknya berharap mendapat dukungan untuk pelaksanaannya demi operasional giling gula yang dapat dikelola dengan baik. 

"Target kita operasional giling perdana ini dapat membekali pergulaan di Sumut. Kami harap, PTPN Grup dapat memberikan sumbangsih kepada warga masyarakat Sumut dan secara nasional," katanya.
 
"Saat ini, Pabrik Gula Sei Semayang memiliki kapasitas 4.000 ton tebu. Tahap awal, PTPN II akan melakukan penggilingan 3.500 ton tebu dengan hasil 245 ton gula," tambahnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KPBS Pengalengan

Selasa, 14 Juli 2020 - 21:10 WIB

Tetap Bertaji Kala Pandemi, Ternyata Ini Strategi KPBS Pengalengan

Sejak mewabahnya penyebaran virus corona, banyak usaha yang gulung tikar sehingga jutaan orang terancam kehilangan pekerjaan. Perusahaan yang masih bertahan pun terpaksa melakukan efisiensi…

Presiden Jokowi (ist)

Selasa, 14 Juli 2020 - 20:36 WIB

Siap Pangkas 18 Lembaga, Jokowi Yakin 'Kapal' Bakal Bergerak Lebih Cepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa saat ini sedang dilakukan persiapan untuk merampingkan 18 organisasi atau lembaga.

Wisatawan menikmati Tanjung Lesung (foto Heriyanto/industry.co.id)

Selasa, 14 Juli 2020 - 20:16 WIB

Selain Tiket Wisata Harus Murah, Komisi X: Pejabat Pemerintah Harus Turun Duluan ke Destinasi Wisata untuk Memastikan Keamanan Wisatawan

Anggota Komisi X DPR RI Sakinah Aljufri mengatakan bahwa untuk membangkitkan kembali minat wisatawan domestik mengunjungi destinasi wisata Tanah Air, perlu dilakukan promosi berupa tiket wisata…

Politisi PDIP Rahmad Handoyo Ajak Masyarakat Gotong-Royong Selamatkan BPJS Kesehatan

Selasa, 14 Juli 2020 - 19:40 WIB

PDIP Ingatkan Pemerintah: Hati-hati! Ditengah Pandemi Ini, Banyak Orang dan Perusahaan Jahat, Mereka Hanya Ingin Mengeruk Untung

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengingatkan pemerintah agar tidak terjebak dalam permainan perusahaan pemburu rente dalam upaya pengadaan dan produksi vaksin Covid-19, yang hanya ingin…

Ilustrasi Indonesia Eximbank. (Foto: Ist)

Selasa, 14 Juli 2020 - 19:15 WIB

Halo Bank Exim! Komisi XI: Pak James Rompas, Jangan Cuma Urus Debitur Besar, Pembiayaan Ekspor Pengusaha UMKM di Perbanyak

Anggota Komisi XI DPR RI Rudi Hartono Bangun mengimbau kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank (Bank Exim), untuk tidak hanya menaruh prioritas pembiayaannya…