Sempat Vakum, Industri Gula Sei Semayang Panen Raya Siap Giling 4.000 ton tebu

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 29 Februari 2020 - 09:00 WIB

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)
Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

INDUSTRY co.idJakarta, Holding Perkebunan Nusantara Panen Gula Perdana 2020 melalui industri Gulanya di Sei Semayang yang dikelola oleh anak perusahaan PTPN II. 

Industri gula Sei Semayang kembali aktif beroperasi semenjak sempat vacum sejak 2014 dan saat ini kembali aktif ditanami tebu dan menuai hasil produktif.

Direktur Pemasaran Holding PTPN III Dwi Sutoro mengaku sangat bersyukur revitalisasi pabrik gula Sei Semayang karena sudah lima tahun pabrik gula tersebut tidak beroperasi. 

Ia mengatakan, pabrik gula yang kembali aktif menjadi modal optimisme untuk meningkatkan produksi gula nasional.
 
"Harapannya proses operasional pabrik harus mendapatkan perhatian khusus, supaya beroperasinya Pabrik Gula Sei Semayang bisa berkesinambungan." kata Dwi Sutoro baru baru ini di Jakarta.
 
Sedangkan Dirut PTPN II Iswan Achir menjelaskan melihat proses yang produktif sangat optimis pabrik gula dapat terus beroperasi dengan baik sesuai rencana. 

“Mari kita bangun sama-sama kembali, sama-sama kita mengupayakan kembali sebagaimana cita-cita kita ke depannya," ujar M Iswan Achir.

Ia kembali menjelaskan Pabrik gula ini sempat terhenti akibat pemenuhan bahan baku yang tidak mencapai dari target yang diharapkan. Namun keadaan membaik lantaran, 8.500 hektar lahan sudah ditanami tebu. 

"Sekarang ada 8.500 hektar, per hektarnya 76 ton tebu dihasilkan. Dengan beroperasinya Pabrik Gula Sei Semayang sudah pantas tebu ditanam ke lahan seluas 11 ribu hektar," katanya.

Kendati demikian pihak PTPN II masih terkendala mewujudkan target itu. Kendala di lapangan masih ada areal yang digarap masyarakat luar.
 
Pihaknya berharap mendapat dukungan untuk pelaksanaannya demi operasional giling gula yang dapat dikelola dengan baik. 

"Target kita operasional giling perdana ini dapat membekali pergulaan di Sumut. Kami harap, PTPN Grup dapat memberikan sumbangsih kepada warga masyarakat Sumut dan secara nasional," katanya.
 
"Saat ini, Pabrik Gula Sei Semayang memiliki kapasitas 4.000 ton tebu. Tahap awal, PTPN II akan melakukan penggilingan 3.500 ton tebu dengan hasil 245 ton gula," tambahnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…