Sempat Vakum, Industri Gula Sei Semayang Panen Raya Siap Giling 4.000 ton tebu

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 29 Februari 2020 - 09:00 WIB

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)
Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

INDUSTRY co.idJakarta, Holding Perkebunan Nusantara Panen Gula Perdana 2020 melalui industri Gulanya di Sei Semayang yang dikelola oleh anak perusahaan PTPN II. 

Industri gula Sei Semayang kembali aktif beroperasi semenjak sempat vacum sejak 2014 dan saat ini kembali aktif ditanami tebu dan menuai hasil produktif.

Direktur Pemasaran Holding PTPN III Dwi Sutoro mengaku sangat bersyukur revitalisasi pabrik gula Sei Semayang karena sudah lima tahun pabrik gula tersebut tidak beroperasi. 

Ia mengatakan, pabrik gula yang kembali aktif menjadi modal optimisme untuk meningkatkan produksi gula nasional.
 
"Harapannya proses operasional pabrik harus mendapatkan perhatian khusus, supaya beroperasinya Pabrik Gula Sei Semayang bisa berkesinambungan." kata Dwi Sutoro baru baru ini di Jakarta.
 
Sedangkan Dirut PTPN II Iswan Achir menjelaskan melihat proses yang produktif sangat optimis pabrik gula dapat terus beroperasi dengan baik sesuai rencana. 

“Mari kita bangun sama-sama kembali, sama-sama kita mengupayakan kembali sebagaimana cita-cita kita ke depannya," ujar M Iswan Achir.

Ia kembali menjelaskan Pabrik gula ini sempat terhenti akibat pemenuhan bahan baku yang tidak mencapai dari target yang diharapkan. Namun keadaan membaik lantaran, 8.500 hektar lahan sudah ditanami tebu. 

"Sekarang ada 8.500 hektar, per hektarnya 76 ton tebu dihasilkan. Dengan beroperasinya Pabrik Gula Sei Semayang sudah pantas tebu ditanam ke lahan seluas 11 ribu hektar," katanya.

Kendati demikian pihak PTPN II masih terkendala mewujudkan target itu. Kendala di lapangan masih ada areal yang digarap masyarakat luar.
 
Pihaknya berharap mendapat dukungan untuk pelaksanaannya demi operasional giling gula yang dapat dikelola dengan baik. 

"Target kita operasional giling perdana ini dapat membekali pergulaan di Sumut. Kami harap, PTPN Grup dapat memberikan sumbangsih kepada warga masyarakat Sumut dan secara nasional," katanya.
 
"Saat ini, Pabrik Gula Sei Semayang memiliki kapasitas 4.000 ton tebu. Tahap awal, PTPN II akan melakukan penggilingan 3.500 ton tebu dengan hasil 245 ton gula," tambahnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Jumat, 03 April 2020 - 14:14 WIB

CEO Pupuk Kujang Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar datang dari BUMN pupuk tanah air, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Tantangan Bisnis Selama Delapan Tahun Dilewati Pupuk Indonesia

Tepat pada hari ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding BUMN Pupuk genap berusia 8 tahun. HUT yang mengusung tema “Bersatu, Berkarya, Demi Indonesia” ini diperingati dengan suasana…

Hotel (Ilustrasi)

Jumat, 03 April 2020 - 13:15 WIB

Per Kamis Kemarin Jumlah Hotel yang Tutup Capai 826, Ini Respon Menparekraf

Jumlah hotel yang menutup sementara operasionalnya di tengah pandemi virus corona (COVID-19) bertambah. Per hari ini, sudah 826 hotel terpaksa tutup karena tak lagi memiliki pengunjung.

Ilustrasi pernikahan (Foto Ist)

Jumat, 03 April 2020 - 13:06 WIB

KUA Enggan Layani Akad Nikah, Gara-gara Corona?

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada pelayanan kebimasislaman. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil…

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Jumat, 03 April 2020 - 13:00 WIB

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Shopee, platform e-commerce terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan…