Perluas Gudang SRG, Kemendag Berikan Stimulus Dana Alokasi Khusus untuk Daerah

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 29 Februari 2020 - 01:40 WIB

SRG lampung selatan
SRG lampung selatan

INDUSTRY co.idBogor, Kementerian Perdagangan memperluas implementasi gudang sistem resi gudang (SRG) dengan memberikan stimulus dana alokasi khusus kepada daerah. 

Untuk merealisasikannya, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag mengadakan forum konsultasi teknis (FKT) terkait dana alokasi khusus tahun anggaran (DAK TA) 2020 pada 2022 Februari 2020 di Bogor, Jawa Barat. 

FKT yang dihadiri sekitar 50 orang peserta terdiri dari perwakilan dinas perdagangan di daerah serta konsultan perencana pembangunan gudang dan sarana penunjangnya pada kabupaten penerima DAK TA 2020.

Melalui FKT diharapkan para perwakilan daerah penerima DAK TA 2020 dapat memanfaatkan forum ini dengan maksimal untuk selanjutnya mendiskusikan mengenai keseluruhan aspek maupun kendala dalam pelaksanaan pembangunan gudang SRG dan pembangunan sarana penunjang. 

"Selain itu, hal ini bertujuan membahas implementasinya dan meminimalkan kendala yang sering timbul pada tahun sebelumnya," ujar Kepala Bappebti Tjahya Widayanti.

Menurut Tjahya, Gudang SRG memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat pedesaan. 

Untuk itu, Kemendag perlu melakukan intervensi melalui pengalokasian DAK guna menstimulasi dan mengoptimalkan manfaat dari implementasi SRG.

Pembangunan gudang SRG dan sarana penunjangnya merupakan sarana meningkatkan perekonomian daerah yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. 

Pembangunan ini diharapkan mampu menarik minat pelaku usaha dan pemerintah daerah untuk memanfaatkan SRG tersebut. 

"Transformasi peran gudang SRG yang strategis ini dapat dicapai melalui pembangunan gudang SRG beserta sarana dan prasarana ini sebagai upaya mempercepat dan memperluas implementasi SRG di Indonesia," imbuh Tjahya.

Sekretaris Bappebti Nusa Eka menambahkan, pada 2020, Bappebti telah menetapkan 14 kabupaten/kota sebagai daerah penerima DAK TA 2020 yaitu Aceh Tengah, Bangka Tengah, Pesisir Barat, Sumedang, Cianjur, Grobogan, Wonogiri, Kebumen, Pekalongan, Luwu Timur, Luwu Utara, Bangli, Sambas, dan Kapuas.

Tahun ini, menurut Eka, Bappebti akan fokus pada pembangunan gudang baru di dua kabupaten yaitu Bangka Tengah untuk gudang lada dan Bangli untuk gudang kopi. 

Sedangkan untuk kabupaten lainnya alokasi DAK TA 2020 dipergunakan untuk membangun sarana penunjang seperti mesin penggiling padi (rice milling unit/RMU), rumah RMU, suton & roasting, rumah suton & roasting, pengering, sarana angkut, garasi, karoseri, dan penyortir warna. 

"Pelaksanaan DAK TA 2020 diharapkan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya dan bermanfaat bagi rakyat," tutup Nusa Eka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).