Elnusa Petrofin Dukung Peningkatan Keselamatan Distribusi BBM

Oleh : Hariyanto | Selasa, 18 Februari 2020 - 15:23 WIB

Elnusa Petrofin
Elnusa Petrofin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Elnusa Petrofin (EPN) terus melakukan terobosan untuk menjaga dan meningkatkan faktor keselamatan khususnya dalam menghantarkan BBM Pertamina ke seluruh pelosok negeri mencakup keselamatan awak mobil tangki,mobil tangki dan muatannya.

Elnusa Petrofin selaku salah satu pengelola Fuel Fleet Management Pertamina (Persero) bersama dengan PT Pertamina Patra Niaga berpartisipasi dalam Gerakan Bersama yang diinisiasi oleh PT Pertamina Supply Distribution & Infrastructure melalui Peningkatan Keselamatan Transportasi Mobil Tangki Pertamina yang digelar pada minggu kedua februari di lokasi Integrated Fuel Terminal PT Pertamina (persero) Plumpang Jakarta Utara.

Imformasi yaang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (18/2/2020) menyebutkan, Gerakan Bersama peningkatan keselamatan transportasi MT Pertamina ini akan dilakukan selama bulan Februari dan Maret 2020 dengan berbagai macam program gerakan bersama di seluruh Indonesia.

Selain menandatangani kesepakatan berupa komitmen gerakan bersama untuk meningkatkan keselamatan transportasi mobil tangki Pertamina, beberapa terobosan terkait dengan penggunaan teknologi juga diluncurkan antara lain melalui penggunaan GPS, CCTV Monitoring, single driver untuk jarak tempuh dibawah 10 km dan juga berbagai strategi lain untuk meningkatkan faktor keselamatan.

Pendekatan tersebut telah sukses diuji coba dalam pilot project di TBBM Kertapati (dikelola oleh Elnusa Petrofin) serta TBBM Ujung Berung (dikelola oleh Patra Niaga) pada tahun 2019 yang lalu yang terangkum dalam penerapan program maksimum 12 Jam Kerja bagi Awak Mobil Tangki (AMT).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Bapak Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Nina Sulistyowati, SVP Supply Distribution and Infrastructur Pertamina (persero) Faisal Yusra, VP HSE Marketing TP Pasaribu, GM Pertamina MOR III Tengku Fernanda & VP HSE Management System PT Pertamina (Persero) Iwan Jatmika termasuk juga puluhan perwakilan AMT terbaik dari Elnusa Petrofin dan Pertamina Patra Niaga dari beberapa wilayah operasi di Indonesia.

Lisda Dwi Rahayu selaku Dept. Head HSSE&QM Elnusa Petrofin mengatakan bahwa komitmen untuk mengedepankan faktor keselamatan merupakan DNA dari seluruh kegiatan operasional dan bisnis di Elnusa Petrofin.

“Kami mengintegrasikan beberapa strategi dengan menggunakan kemajuan teknologi (IT), HSE dan SDM untuk meningkatkan keselamatan dalam distribusi BBM Pertamina menggunakan mobil tangki” ungkap Lisda.

Di kesempatan yang sama Haris Syahrudin Direktur utama Elnusa Petrofin mengatakan bahwa pihaknya dan seluruh insan Elnusa Petrofin siap mendukung dan mensukseskan gerakan bersama dalam meningkatkan keselamatan mobil tangki Pertamina ini.

"Kami sangat positif dan mendukung langkah ini, seperti penerapan jam kerja maksimum 12 jam ini, Insha Allah dapat mengurangi kelelahan (fatigue) Awak Mobil Tangki sehingga mencegah resiko kecelakaan serta lebih efisien," ungkapnya.

Sementara itu SVP Supply, Distribution and Infrastructure Pertamina (persero) Faisal Yusra mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam mewujudkan gerakan bersama keselamatan mobil tangki ini terutama di lokasi TBBM yang telah menjadi Pilot Project.

"Saya sangat berharap bahwa pencapaian positif yang telah diraih di 2 (dua) TBBM tersebut dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan, serta semakin banyak TBBM yang mengimplementasikan terobosanterobosan dalam hal peningkatan keselamatan ini kedepannya," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…