SCG Catatkan Peningkatan Pendapatan 36 Persen y-o-y di Indonesia pada Kuartal ke 4 tahun 2019

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 31 Januari 2020 - 15:36 WIB

Roongrote Rangsiyopash, President and CEO SCG bersama Thammasak Sethaudom, VP Finance and Investment and CFO SCG
Roongrote Rangsiyopash, President and CEO SCG bersama Thammasak Sethaudom, VP Finance and Investment and CFO SCG

INDUSTRY.co.id - Jakarta – SCG mengumumkan Laporan Operasional tahun 2019 beserta strategi bisnisnya dalam mentransformasi kekuatan internal untuk mengatasi disrupsi faktorfaktor eksternal tahun 2020.

Strategi ini meliputi pengembangan sumber daya manusia guna menghasilkan pergesaran model bisnis yang efektif dari perusahaan manufaktur menjadi perusahaan penyedia solusi dan jasa, memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen di seluruh kawasan ASEAN, serta mempertahankan kelanjutan pertumbuhan bisnis.

Presiden dan CEO SCG, Roongrote Rangsiyopash, mengumumkan Laporan Operasional tahun 2019 yang belum diaudit, dengan penurunan pendapatan penjualan sebesar 8% y-o-y, yang diakibatkan oleh penurunan harga bahan kimia. Secara umum, profit SCG pada tahun 2019 mencapai IDR 14.410 miliar (USD 1.031 juta). 

Mengacu pada performa bisnis di area selain Thailand, SCG mencatatkan pendapatan sebesar IDR 81.021 miliar (USD 5.797 juta) yang berkontribusi sebesar 41% dari total pendapatan penjualan. Sementara, per 31 Desember 2019 total aset SCG seluruhnya berjumlah IDR 292.073 miliar (USD 21.073 juta). 

Khusus untuk pasar Indonesia, pendapatan penjualan SCG Q4/2019 mencapai IDR 5.067 miliar (USD 363 juta) yang menandai peningkatan sebesar 36% y-o-y, didominasi oleh pendapatan dari bisnis kemasan (Fajar Paper). Sedangkan untuk total tahun 2019, pendapatan penjualan Indonesia mencapai IDR 15.863 miliar (USD 1.128 juta)

SCG terus mempertahankan komitmennya dalam hal pembangunan berkelanjutan, yang berfokus pada pengembangan kompetensi generasi muda, salah satunya melalui program Golf Inspiration yang baru saja diadakan di Indonesia.

Pada acara tersebut, SCG berkolaborasi dengan pegolf kelas dunia, Ariya dan Moriya Jutanugarn untuk menginspirasi pada pegolf muda dalam mengembangkan potensinya. Selain dari prestasinya di bidang golf, kedua pegolf bersaudara ini juga telah menerapkan konsep ekonomi sirkular dalam kehidupannya.

SCG juga berkolaborasi dengan para penerima beasiswa program SCG Sharing the Dream tingkat universitas pada tahun 2019 lalu guna menerapkan konsep ekonomi sirkular di Desa Padasuka, Soreang, Kabupaten Bandung, yang mayoritas bermata pencaharian di bidang konveksi.

Akibat proses produksi massal tersebut, Desa Padasuka menghasilkan 22,4 ton limbah tekstil setiap harinya. Oleh karena itu, SCG mengadakan pelatihan produksi dan pemasaran yang memungkinkan limbah tekstil untuk diproduksi kembali menjadi cendera mata dan beragam barang berguna yang bernilai ekonomis dan baik untuk lingkungan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Uang (ist)

Rabu, 15 Juli 2020 - 14:35 WIB

Dana COVID-19 Sebesar Rp695,2 Triliun 'Rawan' Penyelewengan? Kemenkeu: Pengawasan Juga Tanggung Jawab Pemda

Pemerintah mengeluarkan biaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) total sebesar Rp695,2 triliun (25,38%) yang bersumber dari APBN 2020.¬† Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan…

Program Pemanfaatan Daur Ulang Kertas

Rabu, 15 Juli 2020 - 14:15 WIB

Kemenperin Optimalkan Daur Ulang Kertas Jadi Bahan Baku Industri

Kementerian Perindustrian terus mendorong penerapan circular economy melalui pemanfaatan produk daur ulang sebagai bahan baku bagi sektor industri. Salah satu program yang dijalankan adalah…

MenkopUKM Teten Masduki saat konferensi pers bersama delapan startup (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 15 Juli 2020 - 14:05 WIB

Gandeng Delapan Startup, MenkopUKM Ciptakan Bisnis Model Terintegrasi Digital untuk UMKM Perluas Akses Pasar

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menjalin sinergi dengan delapan marketplace bidang pertanian dan perikanan serta finansial technologi (Fintech) untuk mendorong Usaha Menengah…

Customer service sedang melayani nasabah (Doc:BCA Syariah)

Rabu, 15 Juli 2020 - 14:04 WIB

Wow, BCA Syariah Ingin Taklukan Makassar

Sebagai bagian dari strategi untuk pertumbuhan organik perusahaan serta melayani nasabah dengan lebih luas, PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) pada hari ini resmi membuka kantor cabang pertama…

Shella Maudy

Rabu, 15 Juli 2020 - 14:00 WIB

Mahawiswi Manja Shella Maudy Sukses Kuliah dan Berkarir di Dunia Entertainment

Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Program Studi Broadcasting memang terkenal akan keberhasilannya melahirkan alumni yang handal seperti salah satu mahasiswa semester empat kampus…