SCG Catatkan Peningkatan Pendapatan 36 Persen y-o-y di Indonesia pada Kuartal ke 4 tahun 2019

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 31 Januari 2020 - 15:36 WIB

Roongrote Rangsiyopash, President and CEO SCG bersama Thammasak Sethaudom, VP Finance and Investment and CFO SCG
Roongrote Rangsiyopash, President and CEO SCG bersama Thammasak Sethaudom, VP Finance and Investment and CFO SCG

INDUSTRY.co.id - Jakarta – SCG mengumumkan Laporan Operasional tahun 2019 beserta strategi bisnisnya dalam mentransformasi kekuatan internal untuk mengatasi disrupsi faktorfaktor eksternal tahun 2020.

Strategi ini meliputi pengembangan sumber daya manusia guna menghasilkan pergesaran model bisnis yang efektif dari perusahaan manufaktur menjadi perusahaan penyedia solusi dan jasa, memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen di seluruh kawasan ASEAN, serta mempertahankan kelanjutan pertumbuhan bisnis.

Presiden dan CEO SCG, Roongrote Rangsiyopash, mengumumkan Laporan Operasional tahun 2019 yang belum diaudit, dengan penurunan pendapatan penjualan sebesar 8% y-o-y, yang diakibatkan oleh penurunan harga bahan kimia. Secara umum, profit SCG pada tahun 2019 mencapai IDR 14.410 miliar (USD 1.031 juta). 

Mengacu pada performa bisnis di area selain Thailand, SCG mencatatkan pendapatan sebesar IDR 81.021 miliar (USD 5.797 juta) yang berkontribusi sebesar 41% dari total pendapatan penjualan. Sementara, per 31 Desember 2019 total aset SCG seluruhnya berjumlah IDR 292.073 miliar (USD 21.073 juta). 

Khusus untuk pasar Indonesia, pendapatan penjualan SCG Q4/2019 mencapai IDR 5.067 miliar (USD 363 juta) yang menandai peningkatan sebesar 36% y-o-y, didominasi oleh pendapatan dari bisnis kemasan (Fajar Paper). Sedangkan untuk total tahun 2019, pendapatan penjualan Indonesia mencapai IDR 15.863 miliar (USD 1.128 juta)

SCG terus mempertahankan komitmennya dalam hal pembangunan berkelanjutan, yang berfokus pada pengembangan kompetensi generasi muda, salah satunya melalui program Golf Inspiration yang baru saja diadakan di Indonesia.

Pada acara tersebut, SCG berkolaborasi dengan pegolf kelas dunia, Ariya dan Moriya Jutanugarn untuk menginspirasi pada pegolf muda dalam mengembangkan potensinya. Selain dari prestasinya di bidang golf, kedua pegolf bersaudara ini juga telah menerapkan konsep ekonomi sirkular dalam kehidupannya.

SCG juga berkolaborasi dengan para penerima beasiswa program SCG Sharing the Dream tingkat universitas pada tahun 2019 lalu guna menerapkan konsep ekonomi sirkular di Desa Padasuka, Soreang, Kabupaten Bandung, yang mayoritas bermata pencaharian di bidang konveksi.

Akibat proses produksi massal tersebut, Desa Padasuka menghasilkan 22,4 ton limbah tekstil setiap harinya. Oleh karena itu, SCG mengadakan pelatihan produksi dan pemasaran yang memungkinkan limbah tekstil untuk diproduksi kembali menjadi cendera mata dan beragam barang berguna yang bernilai ekonomis dan baik untuk lingkungan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…