Kalahkan Jepang, China Gandakan Investasinya di Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 29 Januari 2020 - 13:40 WIB

China
China

INDUSTRY.co.id - Jakarta -Realisasi investasi China ke Indonesia pada 2019 melesat dibandingkan tahun sebelumnya. Dari catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rabu (29/1/2020), Negeri Tirai Bambu itu, pada tahun 2019 menggandakan nilai investasinya menjadi US$4,7 miliar dari US$2,4 miliar pada 2018.

Realisasi ini sekaligus memantapkan investasi China pada urutan kedua terbesar, mengeser posisi Jepang yang pada 2018 berada diurutan kedua dengan nilai investasi sebesar US$4,95 miliar. Investasi Jepang pada 2019 turun menjadi US$4,31 miliar.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menuturkan realisasi investasi China meningkat tajam karena negara tersebut sangat agresif. Padahal, dia mengaku investasi yang ditawarkan ke China sama dengan seperti yang ditawarkan kepada negara lain.

"China lebih agresif, buktinya hampir 100% pertumbuhannya," ujar Bahlil.

Selain itu, China berani masuk ke sektor padat modal, seperti infrastruktur dan manufaktur. Menurut Bahlil, kajian kelayakan (feasibility study) China lebih cepat dibandingkan Jepang.

"China ini, antara feasibility study dan intuisinya berimbang. Kalau Jepang terlalu banyak feasibility study-nya, kajiannya bisa tiga sampai empat tahun," ungkap Bahlil.

Bahlil menilai karakter ini merupakan preferensi masing-masing negara. Meskipun kajian lambat, Jepang sangat berkomitmen dalam realisasi investasi. "Jepang setelah feasibility study pasti jalan," katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Senin, 21 September 2020 - 18:00 WIB

Pelatih PERSIB Robert Alberts Soroti Transisi Permainan

Setiap pertandingan kami selalu berpikir untuk memperbaiki segala hal. Tentu saja soal transisi bertahan-menyerang masih terlihat lambat

Azis Syamsudin Wakil Ketua DPR RI

Senin, 21 September 2020 - 17:27 WIB

UAE dan Bahrain 'Rangkul' Israel, DPR: Indonesia Tak Akan Berubah, Tetap Bersama Rakyat Palestina

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyoroti normalisasi hubungan Uni Arab Emirates (UAE) dan Bahrain dengan Israel.  Azis menekankan bahwa posisi Indonesia tidak mengubah dukungan terhadap…

Ilustrasi industri semen. (Merdeka/Dwi Narwoko)

Senin, 21 September 2020 - 17:20 WIB

Lindungi Industri Semen, Kemenperin Bakal Tingkatkan Serapan Pasar Dalam Negeri

Kemenperin terus mendorong peningkatan serapan pasar domestik. Apalagi, semen merupakan salah satu komoditas yang strategis bagi Indonesia.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian

Senin, 21 September 2020 - 17:15 WIB

Alumni UI Beri Rekomendasi Komunikasi Protokol Kesehatan Efektif

Alumni Universitas Indonesia (UI) dari berbagai latar belakang memberikan rekomendasi terkait komunikasi protokol kesehatan yang efektif yang disampaikan melalui Focus Group Discussion (FGD)…

Pembangunan Eastlakes Live by Crown Group

Senin, 21 September 2020 - 17:02 WIB

Pembangunan Menara Rp10 Triliun, Eastlakes Live by Crown Group Resmi Tutup Atap

Crown Group secara resmi melakukan tutup atap menara pertama apartemen Eastlakes Live, Jumat (18/9/2020).