Produsen Kaca Asal China Bakal Bangun Pabrik di Kawasan Industri Sadai, Bangka Belitung

Oleh : Ridwan | Jumat, 24 Januari 2020 - 14:01 WIB

Ilustrasi Pabrik Kaca Lembaran
Ilustrasi Pabrik Kaca Lembaran

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - Produsen kaca asal China, Xinyi Energy Glass, akan segera merealisasikan investasinya untuk membangun pabrik di Kawasan Industri Sadai Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung.

"Setelah kontrak kerja ini ditandatangani, maka perusahaan pemasok berbagai produk kaca dunia tersebut akan segera membangun pabrik pengolahan dan pemurnian pasir silika di Kawasan Industri Sadai pada Maret 2020," kata Direktur PT Ration Bangka Abadi Vindyarto Purba, Jumat (24/1/2020).

Dia mengatakan bahwa penandatanganan kerja sama antara PT Ration Bangka Abadi dan PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera, BUMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Xinyi Energy Glass disaksikan langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di Nanjing China, Sabtu (18/1/2020).

"Saat ini beberapa administrasi perizinan sedang proses penyelesaian, khususnya terkait dengan ketenagakerjaan yang harus memprioritaskan masyarakat Bangka Belitung untuk bekerja di perusahaan kaca terbesar di China tersebut," katanya.

Menurut Vindyarto, pembangunan pabrik kaca menunggu ketersediaan pembangkit listrik tenaga surya di Bangka Belitung, tetapi pihak investor memperhitungkan bagaimana investasi ini dapat lebih dipercepat menggunakan pembangkit listrik tenaga gas.

"Ketersediaan listrik ini akan segera disinkronkan dengan investasi lain yang akan dilakukan PT Pertamina melalui anak perusahaannya bersama perusahaan dari Amerika untuk membangun pabrik katalis," katanya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menargetkan 2 tahun mendatang, perusahaan dari China dengan perusahaan di Babel akan membangun pabrik kaca di Kawasan Industri Sadai.

"Saya berharap investasi dan keuntungan kedua belah pihak berjalan cepat. Tentunya hilirisasi industri ini dilakukan untuk nilai tambah perekonomian dan tenaga kerja asal Babel dapat bekerja dengan baik," katanya. (Ant).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Situs dewan pers

Selasa, 07 Juli 2020 - 19:18 WIB

Situs Dewan Pers: SMSI Resmi Sebagai Konstituen Asosiasi Perusahaan Pers

SMSI disyahkan menjadi kontituen Dewan Pers, bersamaan waktunya dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) disyahkan menjadi konstituen pada rapat pleno Dewan Pers yang digelar pada Sabtu…

Presiden Jokowi (ist)

Selasa, 07 Juli 2020 - 19:02 WIB

Presiden Jokowi 'Semprot' Sri Mulyani dan Sofyan Djalil Gara-gara Tol Cisumdawu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan teguran kepada para Menteri. Kali ini teguran dilontarkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Menteri Keuangan Sri Mulyani…

Pemerintah Berikan Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:51 WIB

Gelontorkan Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM Rp5 Triliun, Menkeu: Bisa Pinjam Sampai Rp10 miliar, Pemerintah yang Bayar Preminya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah menginginkan UMKM dapat segera bangkit kembali melalui penjaminan kredit untuk modal kerja.

Industri gelas kaca (ist)

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:15 WIB

Industri Gelas Kaca Minta Pemerintah Hapus Ambang Batas Minimum Pemakaian Gas

Asosiasi Gelas Kaca Indonesia (APGI) sangat mengharapkan agar batas minimum pemakaian gas dapat dihilangkan. Pasalnya, sejumlah produsen gelas kaca masih belum bisa berproduksi secara normal.…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Ist)

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pelatih Robert Alberts Senang Seluruh Pemain Persib Lolos Tes Corona

Hasil tes Covid-19 pemain Persib Bandung dengan cara Swab/PCR menyatakan negatif. Dokter tim Rafi Ghani memberikan keterangan lebih lanjutnya Senin (6/7/2020). Selain pemain, staf pelatih dan…