Koperasi Pertanian Diharapkan Tembus Pasar Ekspor

Oleh : Wiyanto | Selasa, 21 Januari 2020 - 11:37 WIB

Bajak sawah (Doc: Kementan)
Bajak sawah (Doc: Kementan)

INDUSTRY.co.id - Roma- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dalam kunjungan kerjanya di Roma, Italia, menyempatkan diri mengunjungi salah satu koperasi pertanian terbesar di italia, Confagricoltura (20/01). Secara khusus Mentan mengatakan ingin adanya kerja sama koperasi pertanian kedua negara.

Kerja sama ini sebagai upaya mendorong ekspor komoditas pertanian. Fasilitasi akses pasar diharapkan memberi nilai lebih bagi ekspor sawit, kopi, dan produk rempah. Mentan mendorong pertukaran informasi kebijakan pengembangan koperasi pertanian.

"Sistem manajemen koperasi pertanian italia yg mengintegrasikan seluruh aspek yg mencakup teknologi, pemenuhan standard internasional, ekonomi, sosial, dan bisnis dapat menjadi acuan bagi pengembangan koperasi indonesia," jelas Syahrul dikutip Selasa (21/1/2020).

Syahrul ingin sinergi koperasi dengan kegiatan ekspor juga diperkuat di masa mendatang. Pendampingan pada petani mulai dari budidaya hingga mampu menembus pasar ekspor, seperti melalui pemanfaatan pendanaan, asuransi, dan negosiasi dengan komunitas pembeli di luar negeri.

Saat ini pemerintah Indonesia telah mempersiapkan kurang lebih 50 Triliun rupiah KUR bagi petani dengan bunga rendah. Kostratani yang telah ada, nantinya harus mendorong kegiatan pemasaran, pemenuhan standar, dan membangun jaringan internasional, tegas Mentan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samsung Giga Party Audio

Senin, 24 Februari 2020 - 16:06 WIB

Samsung Hadirkan Samsung Giga Party Audio

Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan Samsung Giga Party Audio, penambahan terbaru ke jajaran home audio dan entertainment. Dengan Built-in Woofer, Bass Booster, dan fungsi Karaoke Mode,…

Hugh Jackman dan Allison Janney di HBO GO dan HBO

Senin, 24 Februari 2020 - 15:44 WIB

Bad Education dari HBO Films

Terinspirasi dari peristiwa nyata, Bad Education, mulai tayang berbarengan waktunya dengan A.S. pada 26 April jam 8.00 WIB HBO GO dan HBO, berkisah tentang Frank Tassone (Hugh Jackman) dan Pam…

NU CARE-LAZISNU dan Treasury

Senin, 24 Februari 2020 - 15:23 WIB

Kolaborasi NU CARE-LAZISNU dan Treasury Mempelopori Donasi Emas

Sebagai lembaga yang bergerak dibidang sosial, NU CARE-LAZISNU memiliki mimpi untuk turut mewujudkan kesejahteran umat dan masyarakat Indonesia, dengan menggunakan instrumen yang bisa memberikan…

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto

Senin, 24 Februari 2020 - 14:50 WIB

Status Negara Berkembang Dicabut, Kadin Minta Pemerintah Perkuat Daya Saing

Langkah Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan Indonesia dari status negara berkembang harus dipandang sebagai tantangan.

Ilustrasi properti di Kota Sydney

Senin, 24 Februari 2020 - 14:45 WIB

Perubahan Demografis Dorong Pergeseran Pasar Properti di Kota Sydney

Perubahan demografis telah mengubah tren properti di Australia. Diperkirakan pasar properti Negeri Kanguru itu bisa kembali bangkit sebagai salah satu destinasi investasi utama.