ELKISI Mojokerto Sinergi Program Bantu Korban Banjir Bekasi

Oleh : Wiyanto | Jumat, 17 Januari 2020 - 13:30 WIB

Korban kebanjiran di Babelan, Bekasi Utara
Korban kebanjiran di Babelan, Bekasi Utara

INDUSTRY.co.id - Bekasi—Banjir di wilayah Bekasi, Jawa Barat memang sudah surut. Namun, dua pekan pasca-musibah banjir ini menyisakan berbagai persoalan bagi warga.

Dalam upaya meringankan persoalan warga terdampak banjir, eLKISI Mojokerto bersama sejumlah lembaga menggelar bakti sosial di Perumahan Buni Lestari Indah, RT 27 RW 12, Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (17/1/2020).

Selain eLKISI Mojokerto, sinergi program ini melibatkan beberapa lembaga seperti Laznas Dewan Da’wah, Ormed, Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (ARM-HA IPB), Ummat TV Peduli, serta Rumah Sehat Dewan Da’wah.

Ketua Tim Medis Rumah Sehat Dewan Da’wah Dokter Lulu mengatakan salah satu persoalan pasca-banjir adalah kesehatan warga. “Itu sebabnya, diantara kegiatan kami adalah pelayanan kesehatan gratis. Hal ini penting, mengingat ada sejumlah penyakit yang rentan muncul selepas banjir, seperti penyakit kulit, diare, Ispa, leptospirosis akibat urine tikus, dan lain-lain,” ungkap Dokter Lulu.

Selain layanan kesehatan gratis, sinergi program berbagai lembaga ini juga memberi bantuan mesin pompa untuk mushala Miftahul Jannah yang terletak di tengah Perumahan Buni Lestari Indah.

“Kami juga memberi bantuan bingkisan untuk warga dan anak-anak. Penerima bantuan program ini 132 KK dan 200 anak-anak. Semoga bantuan ini bermanfaat,” ujar Dokter Lulu.

Ketua Rukun Tetangga Firman Antoni menyambut baik kegiatan yang diselenggarkan di wilayahnya. Menurut dia, bantuan seperti ini sangat dibutuhkan warga.

“Belum ada bantuan seperti ini. Ya paling saat awal banjir surut, kami dapat bantuan alat-alat kebersihan untuk bersihkan lumpur,” jelas Anton.

Menurut Anton, banjir yang melanda pada awal tahun 2020 ini merendam seluruh rumah warga. Sejumlah warga ada yang memilih mengungsi.

“Banyak warga yang mengungsi, ada dari tim SAR yang bawa perahu karet. Wilayah kami ini saat banjir sempat terisolir. Untuk menuju tempat aman, kami harus dievakuasi pakai perahu karet melewati beberapa perumahan yang juga terkena banjir,” kata Anton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…

Talk Show ICDX yang bertajuk “Menjelajahi Dinamika Komoditi Syariah: Peluang dan Tantangannya di Indonesia”

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:22 WIB

Makin Diminati, ICDX Targetkan Transaksi Komoditi Syariah Mencapai Rp 2,5 Triliun di Tahun 2024

Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Nursalam mengatakan, transaksi Komoditi Syariah di Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan…

Gedung BNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:53 WIB

BNI Exporters Forum Bantu UMKM Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mendorong UMKM Go Global dan meningkatkan devisa negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah)

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:47 WIB

Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Selesai pada Tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 41 Proyek Strategis…