Hasil Operasional Singapore Airlines Sepanjang Desember 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Januari 2020 - 10:00 WIB

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)
Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pada bulan Desember 2019, jumlah penumpang yang diangkut oleh SIA Group (diukur dalam pendapatan penumpang per kilometer) meningkat sebesar 7,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, melampaui pertumbuhan kapasitas (diukur dalam jumlah kursi yang tersedia per kilometer) meningkat sebesar 4,8%. Tingkat keterisian penumpang (PLF) mengalami peningkatan sebesar 2,6 poin persentase menjadi 87,6%.

“Tingkat keterisian penumpang Singapore Airlines meningkat sebesar 2,0 poin persentase dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi rekor tertinggi sepanjang masa sebesar 87,5%. Jumlah penumpang yang diangkut meningkat sebesar 8,7% dibandingkan dengan tahun lalu, berbanding dengan peningkatan kapasitas sebesar 6,1%,”ujar Humas SIA, seperti dikutip dalam siaran Pers yang diterima Kamis (16/1/2020)

Tingkat keterisian penumpang meningkat pada seluruh rute, kecuali wilayah Pasifik Barat Daya. Hal ini terutama disebabkan oleh meningkatnya permintaan penumpang selama puncak akhir tahun untuk sebagian besar rute.

Jumlah penumpang yang diangkut oleh SilkAir menurun sebesar 7,6% seiring dengan penurunan kapasitas sebesar 13,2%. Hal ini menyebabkan pertumbuhan sebesar 5,1 poin persentase pada tingkat keterisian penumpang menjadi 84,3%. Penurunan kapasitas ini disebabkan sebelas rute SilkAir dialihkan kepada Scoot. Sementara itu, pertumbuhan kapasitas yang kuat pada rute-rute di wilayah Australia diimbangi oleh pertumbuhan lalu lintas udara.

 Tingkat keterisian penumpang Scoot meningkat sebesar 3,2 poin persentase menjadi 88,7%, jumlah penumpang yang diangkut juga tumbuh sebesar 10,1%. Hal ini berbanding dengan peningkatan kapasitas sebesar 6,1%.

Peningkatan kinerja Scoot di wilayah Asia Tenggara serta berbagai kegiatan promosi di wilayah Asia Utara telah meningkatkan tingkat keterisian penumpang di wilayah Asia Timur. Wilayah Asia Barat mencatat adanya peningkatan permintaan, sementara wilayah-wilayah lainnya diuntungkan dengan adanya lalu lintas penghubung yang lebih kuat. Dalam bulan Desember, Scoot meluncurkan layanan penerbangan baru dari Singapura menuju Kota Kinabalu, yang sebelumnya dilayani oleh SilkAir.

Tingkat keterisian kargo (CLF) menurun sebesar 4,2 poin persentase, yang disebabkan oleh penurunan lalu lintas kargo (diukur dalam ton beban kargo per kilometer) sebesar 9,9%, melebihi pertumbuhan kapasitas sebesar 3,6%. Tingkat keterisian kargo di seluruh wilayah rute mengalami penurunan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…

PT Pertamina Trans Kontinental

Selasa, 23 April 2024 - 11:45 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Tambah Armada Pacu Kapasitas Bisnis Hulu Migas

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan pembelian kapal Accommodation Work Barge (AWB) pada Triwulan II 2024. Penambahan armada AWB ini merupakan upaya peningkatan kapasitas perusahaan…