Data Komprehensif Topang Pertumbuhan Bisnis

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 11 Januari 2020 - 15:00 WIB

Managing Director Oracle Indonesia Davian Omas.
Managing Director Oracle Indonesia Davian Omas.

INDUSTRY.co.id - Jakatra - Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada korelasi langsung antara strategi pengelolaan data yang komprehensif dengan perkembangan, keberhasilan, dan pertumbuhan suatu perusahaan yang berkesinambungan ke depannya.

Organisasi, atau perusahaan yang telah mengalami pertumbuhan pendapatan yang signifikan kurang lebih 20% dalam selama tiga tahun terakhir pada umumnya memiliki inisiatif proteksi keamanan data, sistem yang terkoneksi, atau inisiatif otomatisasi pintar.

Perusahaan saat ini pun sangat ‘haus’ dengan data dan wawasan. Mereka menuntut informasi dalam sekejap, tetapi pada saat bersamaan menghadapi kerumitan pertumbuhan konsumsi data, pemrosesan data, manajemen data, dan keamanan data. Para pemimpin bisnis dan teknologi informasi (TI) ditantang untuk menemukan jawaban dari pertanyaan mendasar, bagaimana perusahaannya dapat memanfaatkan kekuatan data dengan cara yang mudah dan real-time, sehingga dapat menghadirkan wawasan yang mendalam tanpa mengorbankan keamanannya.

“Semuanya bisa dimulai dengan memiliki fondasi yang tepat, serta infrastruktur cloud yang solid dan modern yang dirancang khusus untuk perusahaan,” ungkap Managing Director Oracle Indonesia Davian Omas.

Sistem komputasi awan (cloud) hadir untuk memberikan sebuah fondasi dan peluang bagi sebuah perusahaan untuk merintis berbagai inovasi agar menjadi yang terdepan pada sebuah industri yang digelutinya. “Hari ini, kami telah melihat organisasi di berbagai industri menggunakan AI (artificial intelligence) untuk peramalan otomatis tanpa campur tangan manusia dan manufaktur pintar dengan menggunakan data internet of Things (IoT) untuk optimisasi peralatan,” tambahnya.

Di Indonesia, perusahaan logistik terkemuka, PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir, atau lebih dikenal sebagai JNE, pun telah menerapkan solusi Oracle Autonomous Data Warehouse untuk mengotomatisasi gudang datanya dan menciptakan sistem kerja gudang dalam waktu kurang dari satu jam.

 

Hasilnya, layanan dan kepuasan pelanggan menjadi lebih baik. Untuk mengikuti perkembangan digitalisasi dalam industri e-commerce, unicorn Bukalapak juga telah memilih Oracle Cloud Applications untuk membantu pengelolaan data keuangan dan tenaga kerja yang lebih baik seiring bisnisnya yang terus bertumbuh dan skala bisnisnya membesar.

Keamanan Data Sementara itu, pada 2019, Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) mengutip, serangan dan kejahatan dunia maya, atau internet (siber) dan pencurian data telah menjadi risiko dan gejala global teratas bagi organisasi/perusahan dalam semua skala bisnis. Kondisi ini telah menjadi keprihatinan global. Pelaku serangan siber menggunakan teknik dan otomasi yang lebih inovatif daripada sebelumnya untuk menyerang perusahaan dan mencuri data sensitif serta hampir selalu dengan cara yang dapat dimonetisasi.

Davian Omas menambahkan, sebuah perusahaan pun dituntut agar lebih efektif dalam mengatasi risiko dari serangan siber yang dihadapinya. Karena itu, Oracle telah membangun keamanan dalam teknologinya dan melindungi data sensitif pelanggan selama beberapa dekade. Teknologi Oracle sekarang telah memiliki fokus pada keamanan di Oracle Cloud Infrastructure, Autonomous Database, aplikasi SaaS, serta infrastruktur dan aplikasi lokal kami. Oracle memiliki fokus jangka panjang pada keamanan, dan fokus ini sangat penting ketika pelanggan pindah ke cloud yang memiliki penekanan kuat pada keamanan.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…