Kemenperin Bakal Ganti 100 Persen Mesin IKM Terdampak Banjir

Oleh : Ridwan | Senin, 06 Januari 2020 - 18:30 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mengganti mesin utama milik Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang rusak akibat banjir Jabodetabek.

"Bagi IKM yang mesin utamanya rusak akibat banjir Jabodetabek kemarin akan kami ganti 100 persen," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita seusai Medai Gathering di Kantor Kemenperin Jakarta, Senin (6/1/2020).

Diakui Menperin, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian setempat untuk mendata berapa jumlah IKM yang terdampak banjir termasuk menginventarisir permesinan yang dibutuhkan. "Berapa jumlahnya, itu sedang di-assessment," terangnya.

Namun, ia menegaskan bahwa bantuan serupa tidak berlaku pada industri besar. Menurutnya, industri besar sudah memiliki cara sendiri untuk bertahan. 

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan upaya ini telah dilakukan di bencana sebelumnya. Mulai dari Gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat hingga Tsunami Palu, Sulawesi Tengah.

Tahun ini, lanjut Gati, ada alokasi dana penggantian mesin untuk industri kecil yang terkena bencana sebesar Rp 4 miliar. Namun berapa yang akan disalurkan untuk industri kecil akibat banjir ini, masih menunggu perhitungan dari dinas setempat.

Menurut Gati, sejumlah sentra IKM di Jabodetabek terkena dampak banjir, diantaranya sentra IKM tahu tempe di Semanan, Kalideres, sentra konveksi di Tambora, IKM Rotan di Grogol, IKM Furnitur di Pondok Bambu, sentra makanan ringan di Bandung Barat, dan IKM gula aren di Cigudeg.

Rabu depan, kata Gati, Menperin Agus akan meninjau dua lokasi yang bakal diberikan bantuan. Keduanya yaitu industri tahu tempe di Semanan,  Kalideres, Jakarta Barat dan industri furnitur di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Selain itu, lanjut Gati, pihaknya akan menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk IKM dengan bunga 6 persen, yang dapat digunakan untuk membeli bahan baku produksi. 

"Sekarang ditambah lagi ada KUR. Kami tawarkan juga KUR sampai Rp50 juta itu tidak pakai agunan dengan bunga 6 persen. Jadi mereka bisa beli bahan baku atau mesin untuk produksi," tutup Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…