Kemenperin Bakal Ganti 100 Persen Mesin IKM Terdampak Banjir

Oleh : Ridwan | Senin, 06 Januari 2020 - 18:30 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mengganti mesin utama milik Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang rusak akibat banjir Jabodetabek.

"Bagi IKM yang mesin utamanya rusak akibat banjir Jabodetabek kemarin akan kami ganti 100 persen," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita seusai Medai Gathering di Kantor Kemenperin Jakarta, Senin (6/1/2020).

Diakui Menperin, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian setempat untuk mendata berapa jumlah IKM yang terdampak banjir termasuk menginventarisir permesinan yang dibutuhkan. "Berapa jumlahnya, itu sedang di-assessment," terangnya.

Namun, ia menegaskan bahwa bantuan serupa tidak berlaku pada industri besar. Menurutnya, industri besar sudah memiliki cara sendiri untuk bertahan. 

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan upaya ini telah dilakukan di bencana sebelumnya. Mulai dari Gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat hingga Tsunami Palu, Sulawesi Tengah.

Tahun ini, lanjut Gati, ada alokasi dana penggantian mesin untuk industri kecil yang terkena bencana sebesar Rp 4 miliar. Namun berapa yang akan disalurkan untuk industri kecil akibat banjir ini, masih menunggu perhitungan dari dinas setempat.

Menurut Gati, sejumlah sentra IKM di Jabodetabek terkena dampak banjir, diantaranya sentra IKM tahu tempe di Semanan, Kalideres, sentra konveksi di Tambora, IKM Rotan di Grogol, IKM Furnitur di Pondok Bambu, sentra makanan ringan di Bandung Barat, dan IKM gula aren di Cigudeg.

Rabu depan, kata Gati, Menperin Agus akan meninjau dua lokasi yang bakal diberikan bantuan. Keduanya yaitu industri tahu tempe di Semanan,  Kalideres, Jakarta Barat dan industri furnitur di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Selain itu, lanjut Gati, pihaknya akan menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk IKM dengan bunga 6 persen, yang dapat digunakan untuk membeli bahan baku produksi. 

"Sekarang ditambah lagi ada KUR. Kami tawarkan juga KUR sampai Rp50 juta itu tidak pakai agunan dengan bunga 6 persen. Jadi mereka bisa beli bahan baku atau mesin untuk produksi," tutup Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi obligasi

Selasa, 11 Agustus 2020 - 22:22 WIB

Sinyal Positif! Obligasi BTN Oversubscribed 1,8 Kali

Jakarta-Obligasi Berkelanjutan IV Bank BTN Tahap I Tahun 2020 sukses mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 1,8 kali pada periode penawaran awal (bookbuilding) yang berlangsung…

Untuk mendukung pemulihan ekonomi, perbankan sebagai agent of development diharapkan berperan dalam menyokong sektor sektor yang terdampak pandemic covid 19, salah satunya UMKM. Untuk itu Bank BTN mendorong digitalisasi UMKM. Ilustrasi: bisnis.com

Selasa, 11 Agustus 2020 - 22:04 WIB

Dukung Pemulihan UMKM dengan Program DIGITALISASI, BTN Targetkan Sasar 1.000 Debitur

Jakarta-Untuk membantu pemulihan ekonomi, khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM )di tengah pandemic Covid-19, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berkomitmen mendukung program Pemulihan…

Menteri Kelautan dan Perikanan Edy Prabowo

Selasa, 11 Agustus 2020 - 21:02 WIB

Edhy Prabowo: Saya Ini Bukan Menteri Kelautan dan Periklanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan dirinya tidak ingin menjadi menteri populer dengan kebijakan-kebijakan yang ditelurkan. Sebab, tugasnya hanya menjalankan perintah Presiden…

Direktur Pemasaran & Penjualan Crown Group Indonesia, Tyas Sudaryomo didampingi Sales Manager Crown Group Indonesia Reiza Arief serta GM Strategic & Corporate Communication Crown Group Indonesia Bagus Sukmana saat media breafing secara virtual (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:05 WIB

Catat Sejarah! Crown Group Tunjuk Indonesia jadi Pasar Pertama Mega Proyek Senilai Rp 2 Triliun di Melbourne

Pertama dalam sejarah perusahaan, Indonesia didaulat menjadi lokasi pertama bagi Crown Group untuk memperkenalkan proyek hunian terbarunya di Melbourne, bahkan mendahului Sydney dan Melbourne.…

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:42 WIB

Dukung Ekonomi Daerah, Pelindo IV Biak Layani Pelayaran Perdana Tanto Intim Line

Hal itu dibuktikan dengan pelayanan pelayaran perdana kapal kargo, KM Tanto Lestari oleh Pelindo IV di Dermaga Umum Pelabuhan Laut Biak pada Minggu 9 Agustus 2020 lalu.