Pemakaian Gadget Yang Tinggi Terhadap Perkembangan Anak di Usia Dini

Oleh : Indri Laras Tiffani | Kamis, 19 Desember 2019 - 13:02 WIB

Indri Laras Tiffani
Indri Laras Tiffani

INDUSTRY.co.id - Gadget adalah suatu alat komunikasi yang modern dan memiliki suatu fungsi yang canggih serta praktis. Sehingga alat ini didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi yang khusus dengan unit kerja yang berinofasi.

Hal ini membedakan gadget dengan teknologi yang lainnya dalam unsur kekinian dan milenial. Artinya gadget selalu mempunyai aplikasi-apliaksi yang terbaru atau teruptudate mengikuti zaman yang ada. Sehingga membuat kalangan masyarakat lebih tertarik dengan gadget dibandingkan teknologi yang lainnya. Karena gadget lebih praktis dan selalu menyajikan sesuatu yang baru di setiap tahunnya bahkan bias disetiap bulannya.

Dizaman yang selalu serba modern ini perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat dan sangat baik. Dikarenakan teknologi yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang juga semakin baik dari zaman ke zaman. 

Teknologi ini diciptkan untuk memudahkan manusia untuk mengakses berbagai informasi yang ada didalam sehingga ke luar negri dan juga sebagai alat komunikasi yang praktis dan mudah tanpa langsung bertatap muka dengan orang yang bersangkutan. Serta memudahkan manusia utuk melakukan aktivitas sehari-hari yang memiliki nilai positif.

Namun penggunaan gadget secara continue akan berdambak buruk bagi pola perilaku anak dalam kesehariannya, anak-anak yang cenderung terus menerus menerus menggunakan gadget yang  berlebihan akan sangat tergantung dan menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh anak dalam kesehariannya. 

Tidak dipungkuri lagi saat ini anak lebih sering bermain gadget dari pada belajar dan berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya, Hal ini mengkhawatirkan, sebab pada masanya anak-anak  sekarang mereka masih tidak stabil, memiliki rasa ingin tau yang sangat tinggi. 

Serta berpengaruh terhadap sifat yang meningkat pada anak-anak. Sebab itu, pengguna gadget pada anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mengenai dampai negative dari gadget itu sendiri dan sering menimpa pada anak-anak yang berusia dini.

Oleh karena itu peran orang tua terhadap anak-anaknya harus selalu dilakukan dan diberikan dengan baik. Jangan sampai orangtua mengandalkan gadget untuk menemani anak dan orangtua membiarkan anak lebih mementingkan gadgetnya agar tidak merepotkan orangtua. 

Dengan cara mengontrol setiap konten yang ada di gadget anak-anaknya. Orangtua harus bisa mengajak diskusi atau memberi arahan terhadap anak agar adanya tanya jawab mengenai isi dari semua gadget yang dimiliki anak-anaknya. Ini artinya waktu bermain adalah waktu yang bermanfaat. Anak bisa belajar lewat waktu bermain. Selama waktu itu anak bisa meniru tingkah laku orang dewasa, mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitasnya.


Penulis: Indri Laras Tiffani
Magister Management Technology President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).