Pemakaian Gadget Yang Tinggi Terhadap Perkembangan Anak di Usia Dini

Oleh : Indri Laras Tiffani | Kamis, 19 Desember 2019 - 13:02 WIB

Indri Laras Tiffani
Indri Laras Tiffani

INDUSTRY.co.id - Gadget adalah suatu alat komunikasi yang modern dan memiliki suatu fungsi yang canggih serta praktis. Sehingga alat ini didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi yang khusus dengan unit kerja yang berinofasi.

Hal ini membedakan gadget dengan teknologi yang lainnya dalam unsur kekinian dan milenial. Artinya gadget selalu mempunyai aplikasi-apliaksi yang terbaru atau teruptudate mengikuti zaman yang ada. Sehingga membuat kalangan masyarakat lebih tertarik dengan gadget dibandingkan teknologi yang lainnya. Karena gadget lebih praktis dan selalu menyajikan sesuatu yang baru di setiap tahunnya bahkan bias disetiap bulannya.

Dizaman yang selalu serba modern ini perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat dan sangat baik. Dikarenakan teknologi yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang juga semakin baik dari zaman ke zaman. 

Teknologi ini diciptkan untuk memudahkan manusia untuk mengakses berbagai informasi yang ada didalam sehingga ke luar negri dan juga sebagai alat komunikasi yang praktis dan mudah tanpa langsung bertatap muka dengan orang yang bersangkutan. Serta memudahkan manusia utuk melakukan aktivitas sehari-hari yang memiliki nilai positif.

Namun penggunaan gadget secara continue akan berdambak buruk bagi pola perilaku anak dalam kesehariannya, anak-anak yang cenderung terus menerus menerus menggunakan gadget yang  berlebihan akan sangat tergantung dan menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh anak dalam kesehariannya. 

Tidak dipungkuri lagi saat ini anak lebih sering bermain gadget dari pada belajar dan berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya, Hal ini mengkhawatirkan, sebab pada masanya anak-anak  sekarang mereka masih tidak stabil, memiliki rasa ingin tau yang sangat tinggi. 

Serta berpengaruh terhadap sifat yang meningkat pada anak-anak. Sebab itu, pengguna gadget pada anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mengenai dampai negative dari gadget itu sendiri dan sering menimpa pada anak-anak yang berusia dini.

Oleh karena itu peran orang tua terhadap anak-anaknya harus selalu dilakukan dan diberikan dengan baik. Jangan sampai orangtua mengandalkan gadget untuk menemani anak dan orangtua membiarkan anak lebih mementingkan gadgetnya agar tidak merepotkan orangtua. 

Dengan cara mengontrol setiap konten yang ada di gadget anak-anaknya. Orangtua harus bisa mengajak diskusi atau memberi arahan terhadap anak agar adanya tanya jawab mengenai isi dari semua gadget yang dimiliki anak-anaknya. Ini artinya waktu bermain adalah waktu yang bermanfaat. Anak bisa belajar lewat waktu bermain. Selama waktu itu anak bisa meniru tingkah laku orang dewasa, mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitasnya.


Penulis: Indri Laras Tiffani
Magister Management Technology President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Indonesia

Rabu, 01 April 2020 - 09:10 WIB

BI Bebaskan Sanksi Bayar Keterlambatan Laporan

Bank Indonesia memberikan relaksasi kepada bank umum dan seluruh pihak yang memiliki kewajiban pelaporan kepada Bank Indonesia serta kepada eksportir Non Sumber Daya Alam (Non SDA) yang belum…

Rabu, 01 April 2020 - 09:07 WIB

Bamsoet Dukung Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung penuh langkah Presiden Jokowi menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. Bamsoet…

Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

Rabu, 01 April 2020 - 09:00 WIB

Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

Sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19 meningkat, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifikan. Riset internal Tokopedia menunjukkan…

Petani sedang membawa bawang merah dari kebun

Rabu, 01 April 2020 - 08:46 WIB

Panen Bawang Merah Sumenep Seluas 300 Hektar April 2020

Wabah virus Corona alias pandemi Covid-19 bukan jadi penghalang bagi petani Sumenep untuk berupaya dalam peningkatan produksi hasil pertanian.

Owner MS Glow Shandy Purnamasari ( kanan)memperlihatan handsanitizer yang di bagikan kemasyarakat gratis.

Rabu, 01 April 2020 - 08:20 WIB

Bantu Atasi Covid-19 MS Glow Dapat Pujian Warganet

Gerakan peduli atasi Covid-19 yang dilakukan oleh MS Glow menjadi Trending tropic. MS Glow yang merupakan salah satu produsen kosmetik terbesar di Indonesia banjir pujian dari warganet.