Asuransi Perlu Peka Zaman Beradaptasi dengan Era Digital

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 18 Desember 2019 - 20:34 WIB

Sequis Merambah Asuransi Online Melalui Super You
Sequis Merambah Asuransi Online Melalui Super You

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Indonesia memiliki aspirasi menjadikan Indonesia sebagai negara unggul di era ekonomi digital Indonesia 4.0 pada 2045. Menanggapi hal ini, telah banyak perusahaan asuransi yang memanfaatkan teknologi digital agar dapat menembus pasar milenial dan menjangkau masyarakat lebih luas di seluruh Indonesia.

Kuncinya adalah menjadikan lanskap digital sebagai game changer untuk mendorong asuransi menjadi gaya hidup milenial. Asalkan memiliki perangkat digital dan jangkauan internet, masyarakat sudah dapat memiliki asuransi.

Sequis sebagai salah satu perusahaan asuransi di Indonesia juga telah hadir dalam platform asuransi digital melalui Super You by Sequis yang hadir untuk menawarkan alternatif berasuransi dengan cara mudah, cepat, dan terjangkau bagi masyarakat khususnya generasi milenial yang sudah sangat terbiasa dengan rutinitas online.

Menurut Head of Digital Channel Sequis Life Evan Tanotogono, asuransi masih didominasi dengan cara konvensional, kemudian pemahaman generasi milenial mengenai asuransi masih kurang, dan kebutuhan produk asuransi jiwa belum menjadi top of mind. Ada 3 tipe mental blockers yang sering menyebabkan milenial tidak membeli asuransi: innocence (kurangnya edukasi), struggle (perasaan tidak mampu/merasa asuransi terlalu mahal), procrastination (menunda/merasa tidak butuh).

“Tantangan terbesar bagi pelaku asuransi online jika berkaca dari hasil survey tersebut adalah bagaimana meruntuhkan mental blockers dan menumbuhkan sense of necessity. Upaya yang kami lakukan di Super You by Sequis adalah membangun strategi pemasaran digital 3600. Artinya, kami melakukan segala upaya untuk delivering the right message, to the right person, in the right way, mengoptimalkan perpaduan antara pemilihan segmentasi audiens, kanal-kanal digital marketing, konten, dan bentuk campaign” sebut Evan.

Ia juga menambahkan soal tantangan perusahaan asuransi dalam memanfaatkan jalur online adalah bagaimana agar ketika membuka situs asuransi online, calon nasabah dapat mengerti dengan mudah dan memilih produk asuransi yang tepat bagi mereka.

“Mengatasi hal tersebut, kami menghadirkan fitur SOVIA (Sequis Online Virtual Intelligent Assistant) sebuah asisten cerdas berbasis artificial intelligence chatbot yang akan menyapa dan membantu nasabah selama proses pembelian asuransi. Dengan adanya SOVIA maka Super You akan memberikan pengalaman pengguna yang unik (unique user experience) kepada calon nasabah, “ tambah Evan.

“Langkah pertama adalah mengenal sejak dini kebutuhan finansialmu lalu tambah pengetahuanmu tentang seputar dunia asuransi. Membeli asuransi pada Super hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit dan hanya menempuh 3 langkah mudah untuk memilih produk, mengisi data pribadi, dan mengonfirmasi pembayaran. Dengan proses yang serba digital, calon nasabah akan dimudahkan untuk memilih dan dapat meraih proteksi yang sesuai dalam hitungan menit saja," tutup Evan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…