Gelar Pameran Multi Produk Asli Indonesia, Kemenperin Ajak Kaum Milenial Cintai Produk IKM

Oleh : Ridwan | Selasa, 17 Desember 2019 - 13:45 WIB

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Komunikasi Masrokhan saat membuka pameran "Gelar Multi Produk Asli Indonesia" (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Komunikasi Masrokhan saat membuka pameran "Gelar Multi Produk Asli Indonesia" (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) bekerjasama dengan Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA) menggelar pameran "Gelar Multi Produk Asli Indonesia".

Mengusung tagline "Healthly, Halal and Go Green", pameran ini berlangsung mulai dari tanggal 17-20 Desember 2019 di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Masrokhan selaku Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Komunikasi saat membuka pameran mengatakan, pameran ini merupakan salah satu upaya Kementerian Perindustrian untuk memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam bidang pemasaran.

"Masa depan industri kecil dan menengah sangat menjanjikan dan dapat menjadi penopang ekonomi dengan nilai yang tinggi," kata Masrokhan di Jakarta, Selasa (17/12).

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh pelaku IKM untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang berdaya saing, sehingga semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan global.

Masrokhan juga mendorong generasi muda untuk mulai menjadi pelaku IKM, sehingga semakin mencintai dan memajukan produk-produk Indonesia.

"Saya mengapresiasi generasi milenial yang mulai berwirausaha, terlebih yang penting adalah memiliki rasa nasionalisme terhadap produk-produk nasional," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mendorong IKM agar dapat membuka diri dan berkolaborasi untuk memulai proses transformasi digital, di mana inovasi teknologi digital yang dihasilkan merupakan alat yang dapat menjawab kebutuhan industri.

"Dengan begitu, peran IKM dalam memberikan kontribusi sektor industri terhadap PDB nasional akan meningkat," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan, dan Industri Aneka, Kementerian Perindustrian, E Ratna Utarianingrum. Menurutnya, IKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional.

Dijelaskan Ratna, potensi besar tersebut tentunya harus terus dikelola dan dikembangkan sesuai dengan permintaan pasar sehingga mampu menghasilkan manfaat ekonomi yang sangat besar. 

Untuk itu, tambahnya, Kementerian Perindustrian senantiasa terus mendorong kemampuan para pelaku industri yang sebagian besar merupakan IKM, agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing di tengah perubahan pasar yang cukup fluktuatif saat ini baik di dalam maupun luar negeri.

"Kita bisa berharap, produk-produk unggulan IKM dapat diminati, dikenal dan dikembangkan oleh para produsen lokal di Indonesia karena sarat dengan kreativitas, inovasi yang dikuatkan dengan desain dan teknologi yang menjadi dasar keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia," papar Ratna.

Ratna berharap pameran "Gelar Multi Produk Asli Indonesia" dapat memperkenalkan budaya dan potensi yang dimiliki oleh para perajin IKM agar produk-produk yang dihasilkan oleh para perajin yang berasal yang dari berbagai wilayah diseluruh nusantara tidak sekadar dikenal, tapi juga diminati.

"Sehingga prospek pasar semakin luas dan berdampak positif dan dapat memberikan wawasan bagi para pelaku usaha serta mampu memasarkan produknya sehingga dapat membentuk IKM yang mandiri, tangguh dan sejahtera," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.