Kemenperin Gandeng Startup Deteksi Permasalahan Sektor IKM

Oleh : Ridwan | Kamis, 12 Desember 2019 - 17:30 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian terus berupaya menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri. Salah satunya dengan menggandeng sejumlah perusahaan rintisan (startup).

"Kita melihat permasalahan IKM itu banyak sekali, mulai dari permodalan, produksi, hingga tenaga kerjanya. Ini yang sedang kita "list" dengan startup," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta (12/12).

Nantinya, lanjut Gati, para startup tersebut akan mendeteksi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para IKM. 

"Untuk menggairahkan para startup, kita juga akan buat sayembara untuk memotivasi mereka agar sungguh-sungguh. Kalau dilihat hadiahnya memang tidak besar, tapi yang paling penting buat mereka adalah kebanggaan bahwa produk mereka berguna bagi masyarakat," terangnya.

Gati melihat anak muda di Indonesia mempunyai rasa berbagi dengan sesama dan mau menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dengan sungguh-sungguh.

"Kalau dilihat kan persoalan IKM dari tahun ke tahun itu-itu terus, saya sebagai pembina daripada IKM harus bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Oleh karenanya kehadiran startup sangat membantu bagi kami," tutur Gati.

Gati mencontohkan, permasalahan kopi yang saat ini sudah terbentuk ekosistemnya. "Saya tidak sengaja kumpulkan mereka dalam pameran, ternyata semua ekosistemnya kumpul disini, mulai dari baristanya, pengguna dan penyedia bahan baku, hingga permesinannya. Jadi sebenarnya permasalahan kopi sudah bisa diselesaikan," paparnya.

Terkait penyediaan bahan baku, terang Gati, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian terkait untuk supplai bahan baku secara berkelanjutan. Namun, tambahnya, dengan adanya startup tadi bisa sedikit menyelesaikan permasalahan bahan baku bagi para pelaku IKM.

"Kalau jaminan supplai yang aman itu tergantung dari penyedia bahan baku. Industri kan bisa berjalan kalau bahan bakunya bagus. Oleh karena itu, kita harus kerjasama dengan Kementerian terkait lainnya," ungkap Gati.

Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Perindustrian, hingga saat ini, sudah ada lebih dari 900 startup di dalam negeri, hampir 60 persennya ada di pulau Jawa.

"Jadi, kalau dilihat pertumbuhan startup itu tinggi sekali. Potensi ini yang harus kita manfaatkan untuk keberlangsungan industri nasional," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…