Pegang Peran Penting dalam Perekonomian, Kemenperin Dorong Peranan Perempuan di Sektor IKM

Oleh : Ridwan | Kamis, 05 Desember 2019 - 11:50 WIB

Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat konferensi pers EO Womenpreneurs Award (EOWA)
Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat konferensi pers EO Womenpreneurs Award (EOWA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong perkembangan peranan perempuan dalam bidang usaha, termasuk industri kecil menengah (IKM). Sebab, dari jutaan IKM di Indonesia, hampir seluruhnya memiliki campur tangan atau dikelola langsung oleh perempuan.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan saat ini ada sekitar 4,4 juta pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM). Dari jumlah tersebut, hampir 50 persen bergerak dibidang makanan dan minuman.

"Pengelolanya hampir 90 persen perempuan. IKM paling banyak memang perempuan. Kita juga mengajarkan IKM online, berdagang secara online," ujar Gati di kantor Kemenperin, Jakarta (4/12).

Dia menambahkan, banyaknya perempuan yang berusaha di IKM, mau tidak mau perempuan Indonesia memegang peranan penting di perekonomian.

"Srikandi Indonesia harus bergabung bersama-sama membangun bangsa. Selain dengan EO Womenpreneur kita sinergi dengan organisasi lainnya. Kita kemarin kordinasi dengan IPEMI, Iwapi dan Kowani. Jadi memang perempuan ini ada yang tampil, ada juga yang dibelakang panggung," beber Gati.

Pemerintah kata dia, sebenarnya tidak membedakan secara fisik. Namun memang di lapangan paling banyak perempuan. "Ada 7 ribu sentra yang kami lakukan pembinaan. Kita kerja sama dengan pemda. Kita juga lakukan pelatihan-pelatihan di Kemenperin," jelas Gati.

Dia menambahkan, pihaknya pada tahun ini menargetkan 20 ribu wirausaha baru. Target itu sudah tercapai lebih dari 100 persen. "Sekarang 20.800 wirausaha baru, lebih banyak dari target. Wirausaha itu paling banyak perempuan," jelas Gati.

Oleh karena itu, Dirjen IKMA mengapresiasi Enterpreneur Organization yang memberikan penghargaan Enterpreneurs Organization Womanpreneur Award (EOWA 2020) kepada para wirausaha perempuan atas prestasinya selama ini. 

Ajang tersebut diharapkan dapat menginspirasi perempuan Indonesia lainnya untuk terus berprestasi, terutama dalam hal berwiraswasta, dan pembangunan Indonesia. 

"Penghargaan kali ini difokuskan pada kawasan Timur Indonesia, yang juga mencerminkan dukungan dan komitmen pemerintah dalam membangun dan memberikan kesempatan kepada wilayah tersebut," kata President of Entrepreneurs’ Organization Indonesia East Caroline Gondokusumo.

EO Womenpreneurs Award (EOWA) ini juga merupakan bentuk dukungan lembaga tersebut terhadap pemberdayaan wanita dalam kesetaraan gender (gender equality) sesuai dalam Sustainable Development Goals ke-5 yang merupakan program dari United Nations. 

Pemenang dapat membuka peluang belajar bersama dan membangun jejaring lokal dan lnternasional. Dengan mengikuti program ini pula, peserta bisa mendapatkan banyak manfaat pelatihan, sharing ilmu pengembangan dan mentoring bisnis dari para pakarnya (Subject Matter Expert), berbagi pengalaman dari para pelaku bisnis ternama, dan kesempatan membuka jaringan global.

"Tujuannya tak lain agar para wanita pengusaha mendapat perspektif yang dibutuhkan untuk membawa perusahaannya lebih berkembang lagi," papar Caroline.

Wakil Ketua Bidang Industri Kreatif Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kevin Wu mengatakan, perkembangan informasi dan teknologi di wilayah timur saat ini telah mendukung perkembangan bisnis.  Sejalan dengan perkembangan teknologi, dia juga melihat ada tren pergeseran bisnis dari barat ke arah timur Indonesia.

"Ini menjadi momen terbaik, sebenarnya di Indonesia timur ini pertumbuhannya sudah sangat baik," kata dia.

Event tersebut diharapkan bisa menjadi katalisator untuk mendorong gerakan perkembangan pengusaha perempuan. "Sangat positif, saya percaya ini akan menggerakan mereka. Upaya ini harus didukung sepenuhnya," kata dia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cibinong New City

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:17 WIB

Winner Group Hadirkan Cibinong New City, CBD Pertama Di Cibinong

Pengembang properti asal Batam, Winner Group berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT. Bumi Citra Permai, Tbk,. tengah mengembangkan Cibinong New City. Proyek prestisius…

Pesan Protokol Kesehatan di Sosial Media Facebook Presiden Jokowi

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:13 WIB

Jokowi Unggah Pesan Berperilaku di Era New Normal, Netizen: Gregetan Pak, Orang Pada Gak Sadar, Malah Buka Maskernya Baru Batuk

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:53 WIB

Kabar Gembira! Pemerintah Tetapkan Dana Desa Rp71,19 Triliun, Keluarga Penerima Manfaat Mendapat Rp2,7 juta

Pemerintah telah menerbitkan PMK 50/2020 yang mengubah ketentuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang mengatur relaksasi persyaratan, tahapan penyaluran, serta prioritas penggunaan Dana Desa.…

Bank BNI

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:31 WIB

Rayakan Ulang tahun ke-74 di Tengah Pandemi, Dirut Herry Sidharta: Sikap Sense of Crisis Tertanam dalam Benak BNI

Ulang tahun ke-74, yang jatuh hari ini, 5 Juli 2020, menjadi momen istimewa bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI karena hari bahagia itu dirayakan ketika Indonesia tengah dilingkupi…

Lerby Eliandry Bali United FC

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:00 WIB

Lerby Penggawa Bali United Sap Berlatih Bersama Tim

Kompetisi Liga 1 2020 yang akan diselenggarakan kembali pada bulan Oktober mendatang mendapat respon positif dari salah satu penyerang Bali United. Kabar baik ini berdasarkan surat resmi PSSI…